Pendidikan   2024/07/22 22:6 WIB

KNPI Riau Apresiasi Kinerja Kadisdik Roni Rakhmat karena PPDB Online Berjalan Lancar dan Sukses

KNPI Riau Apresiasi Kinerja Kadisdik Roni Rakhmat karena PPDB Online Berjalan Lancar dan Sukses

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Proses Penerimaan Peserta Didik Baru [PPDB] online tingkat Sekolah Dasar [SD], Sekolah Menengah Pertama [SMP] dan Sekolah Menengah Atas/Sekolah Mennegah Kejuruan [SMA/SMK] di Provinsi Riau berjalan lancar dan sukses sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.

"Proses PPDB secara online di Riau ini berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan," kata Larshen Yunus, Ketua Dewan Pengurus Daerah [DPD] Tingkat I, Komite Nasional Pemuda Indonesia [KNPI] Provinsi Riau, Senin (22/7/2024).

Menurutnya, pada hari pertama pembukaan pendaftaran secara online melalui jalur zonasi memang ada sedikit lonjakan traffic namun semua dapat diatasi dengan sempurna.

"Memang ada lonjakan traffic yang tinggi pada system online pada hari pertama pembukaan jalur zonasi, baik jenjang SD, SMP dan SMA/SMK. Namun secara keseluruhan, system online yang digunakan tetap berjalan dengan baik," kata dia.

Larshen Yunus menilai sebelumnya pihak Dinas Pendidikan [Disdik] Riau sudah melakukan persiapan dengan baik dan matang untuk menyiapkan proses PPDB ini secara kontinyu di ruangan gedung Command Center hingga antisipasi kesediaan listrik.

"Pihak Disdik juga terus meningkatkan tindakan antisipasi, seperti menyiagakan Tim IT di Gedung Command Center dan termasuk antisipasi suplay listrik," katanya.

Dirinya menjelaskan dalam persiapan proses PPDB secara online memang ada sedikit kekhawatiran di berbagai bidang karena proses ini dibuka dan ditutup sudah ada jadwal waktu yang ditetapkan sehingga harus sejalan dengan program pada dunia pendidikan ini.

"Sesuai dengan jadwal pada Jumat 7 Juli 2024 kemarin proses PPDB Online untuk tingkat SD, SMP selesai, sementara untuk tingkat SMA/SMK juga sudah selesai, semua berjalan dengan baik dan lancar," kata dia.

Pada  merupakan pelaksanaan PPDB untuk umum serentak dilakukan peserta didik yang hendak masuk ke tingkat SMP Negeri, SMA Negeri dan SMK Negeri.

"Sampai saat ini saya belum terima laporan ada kendala. Sudah monitor beberapa sekolah serta menelepon kepala sekolah. Laporan yang masuk lancar," ujarnya.

Masyarakat yang telah mendaftar di sekolah mendapatkan nomor. Selanjutnya masyarakat bisa memantau secara online, bisa melalui smartphone, warnet dan sebagainya. Sesuai hasil pengumuman PPDB online, calon siswa harus melapor diri ke sekolah. (*)

Tags : Komite Nasional Pemuda Indonesia, KNPI Riau, KNPI Apresiasi Kinerja Kadisdik Riau, PPDB Online Berjalan Lancar dan Sukses,