Tni - Polri   2021/03/08 13:37 WIB

Koarmabar I Laksda TNI Yudo Margono Prioritaskan Pengamanan di Pulau Terluar

Koarmabar I Laksda TNI Yudo Margono Prioritaskan Pengamanan di Pulau Terluar
Panglima Komando Armada (Koarmabar) I Laksamana Muda (Laksda) TNI Yudo Margono menegaskan bahwa Kabupaten Natuna akan tetap menjadi prioritas pengamanan TNI AL. (Foto.Ist)

JAKARTA - Panglima Komando Armada (Koarmabar) I Laksamana Muda (Laksda) TNI Yudo Margono mengatakan meski saat ini pusat latihan dialihkan di Pantai Tanjung Todak, Dabo Singkep, Kabupaten Lingga yang sebelumnya di Laut China Selatan Kabupaten Natuna.

Pulau terluar yang juga pulau terdepan yang berbatasan dengan beberapa negara lain ini tetap menjadi prioritas pengamanan TNI AL. "Kabupaten Natuna tetap menjadi kabupaten yang mendapat perhatian khusus dari enam kabupaten kota lainnya di Kepri terkait pengamanannya," kata Yudo Margono menegaskan seperti dirilis Kompas.

Yudo mengatakan Natuna sendiri juga merupakan pintu masuk dan rawan akan kejahatan laut seperti penyelundupan dan pencurian ikan yang dilakukan nelayan asing. Dari segi fasilitas, Natuna telah mengalami beberapa peningkatan terkait pengamanan, diantaranya telah tersedianya dermaga besar yang mampu menampung bersandarnya KRI milik TNI AL.

"Dengan hadirnya fasilitas tersebut tentunya memberi banyak kemudahan bagi gerak personil dalam upaya pergantian personil dan suplai sejumlah keperluan untuk menunjang pengamanan," jelasnya. Lebih jauh Yudo mengatakan selain Dabo Singkep, Natuna tetap menjadi prioritas pusat latihan tempur sehingga Koarmada I memiliki dua lokasi pusat latihan khusus untuk pertahanan laut. "Setidaknya untuk latihan gabungan akan tetap dilakukan di perairan Natuna sesuai dengan amanat Panglima TNI dalam upaya penguatan sistem pertahanan di Pulau terluar dan terdepan di Indonesia," paparnya. (*)

Tags : Kepulauan Riau, Kepri, pulau terluar Natuna, Kepri Lingga,