Tni - Polri   2020/12/29 15:0 WIB

Komjen Agus Andrianto Kandidat Calon Kapolri

Komjen Agus Andrianto Kandidat Calon Kapolri
Komjen Agus Andrianto

JAKARTA - Tak lama lagi institusi kepolisian akan memiliki komandan baru pada sekitaran Januari 2021. Negara saat ini akan melakukan regenerasi untuk pergantian Kepala Polisi Republik Indonesia (Kapolri). Jabatan Kapolri saat ini masih di bawah komando Jenderal Idham Azis, yang tak lama lagi masuk pada masa pensiun. Sebagai gantinya, muncul sejumlah nama kandidat, satu di antaranya adalah Kabaharkam Polri, Komjen Agus Andrianto.

Satu di antara calon kuat Kapolri menggantikan Jenderal Idham Azis yang pensiun pada awal tahun 2021 nanti. Nama Jenderal bintang tiga kelahiran Blora, Jawa Tengah itu ternyata cukup dikenal lantaran menjadi bagian dari penanganan kasus Gubernur Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok. Komjen Agus Andrianto saat itu menjadi ketua tim penyidik kasus penistaan agama yang menyeret Ahok pada 2016 yang lalu. Ketika menggarap kasus Ahox, Komjen Agus Andrianto merupakan Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim dengan pangkat Brigjen memimpin tim penyidik yang berjumlah 27 orang.

Setelah proses pengusutan yang cukup panjang, Ahok yang saat itu menjabat Gubernur DKI Jakarta ditetapkan tersangka. Ahok saat itu dinilai melanggar Pasal 156a KUHP dan Pasal 28 Ayat (2) UU 11/2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik. Catatan lainnya, pria yang kini berusia 53 tahun tersebut merupakan seorang perwira tinggi Polri yang menjabat sebagai Kepala Badan Pemelihara Keamanan Polri sejak 6 Desember 2019 lalu. Merupakan seorang lulusan Akpol tahun 1989 dan memiliki pengalaman dalam bidang reserse, Komjen Agus sebelumnya pernah menjabat sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatera Utara.

Komjen Agus Andrianto pun pernah dianugerahi penghargaan bintang bhayangkara pratama Pada 11 Desember 2019 tahun lalu, Kapolri Idham Azis telah memberikan penghargaan Bintang Bhayangkara Pratama kepada 26 perwira tinggi Polri, salah satunya adalah Agus Andrianto. Melansir Antara, penghargaan yang diberikan di Kantor Bareskrim Polri tersebut diberikan kepada polisi yang telah menunjukkan pengabdian hebat. Bersama dengan 25 orang lainnya, Agus Andrianto dinilai memiliki keberanian dan kebijaksanaan, bahkan bekerja lebih dari panggilan kewajiban.

Meski namanya belum terlalu banyak didengar oleh sebagian masyarakat Indonesia, namun Komjen Agus Andrianto merupakan kandidat yang kini diduga kuat akan menjadi Kapolri selanjutnya. Selain Komjen Agus, ada dua nama lain yang ramai diperbincangkan, yaitu Komjen Pol Boy Rafli Amar (Kepala Badan Nasional Penanggulangan Teror atau BNPT) serta Gatot Eddy Pramono (Wakil Kapolri). Akan tetapi, meski banyak prediksi yang menyebutkan nama-nama tersebut, seluruh keputusan ada di tangan Presiden Joko Widodo dan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). (*)

Tags : Komjen Agus Andrianto Kabaharkam Polri, Kandidat Calon Kapolri,