Pilkada   2023/04/15 12:30 WIB

KPU Riau Targetkan Jumlah Pemilih untuk dapat Lebih Meningkat di Pemilu 2024 

KPU Riau Targetkan Jumlah Pemilih untuk dapat Lebih Meningkat di Pemilu 2024 

PEKANBARU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsin Riau menargetkan jumlah pemilih di Pemilu 2024.

Jumlah pemilih yang hadir ke TPS tahun 2019 kemrin menggunakan hak pilihnya. Saat ini, tercatat DPS di Provinsi Riau mencapai 4.738.390.  

"Jumlah pemilih yang hadir ke TPS pada tahun 2019 kemarin bisa meningkat dengan total pemilih yang hadir saat itu sebanyak 84 persen," kta Gubernur Syamsuar sat menghadiri rekapitulasi Daftar Pemilih Sementara (DPS) Pemilu 2024 di Pekanbaru, Kamis (13/4.

Gubri mengatakan agar KPU Provinsi Riau melakukan sosialisasi secara aktif untuk masyarakat menggunakan hak pilih dan jumlah pemilih yang hadir ke TPS bisa meningkat dari tahun 2019.

Gubri menganggap keberhasilan pemilu adalah dengan jumlah pemilih yang hadir ke TPS menggunakan hak pilihnya. Saat ini, tercatat DPS di Provinsi Riau mencapai 4.738.390. "Maka dengan jumlah ini, harus terus dilakukan sosialisasi agar masyarakat kita menggunakan hak pilihnya sesuai dengan yang diamanahkan oleh undang-undang yang berlaku," kata Syamsuar, seperti dirilis mediacenter.riau.go.id.

Dalam pesannya pada KPU Riau, sebelumnya Menteri Dalam Negeri (Mendagri) telah mengimbau bagi para Kepala Daerah menyisihkan dana APBD, untuk keperluan persiapan anggaran Pemilu.

Disamping itu, Ia mengaku mendapat laporan dari Plt Bupati Meranti terkait keuangan daerah tersebut.

"Plt Bupati Meranti baru menghadap saya, dan dia lapor kondisi yang ada di sana. Kondisi di sana mulai dari sekarang memang harus dipersiapkan, dan hari Jumat saya ada kunjungan kerja di Meranti. Nanti juga akan mendiskusikan terkait persiapan keuangan Pemilu," tuturnya.

"Begitu juga saya ingatkan dengan daerah lain, saya akan sampaikan kepada para bupati, agar intruksi Mendagri terhadap dana Pilkada ini tidak diabaikan," sebutnya. (*)

Tags : komisi pemilihan umum, kpu riau targetkan jumlah pemilih, pemilu 2024 ,