Headline Batam   2024/10/23 19:22 WIB

KSOP Batam Kerahkan Empat Kapal Patroli Pantau Pipa Minyak Shell Bocor Ditengah Laut

KSOP Batam Kerahkan Empat Kapal Patroli Pantau Pipa Minyak Shell Bocor Ditengah Laut

BATAM - Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam menurunkan empat kapal patroli untuk memantau dan menindaklanjuti kebocoran pipa minyak milik perusahaan raksasa energi, Shell, di perairan Singapura.

"Kebocoran pipa minyak Shell di antara Pulau Bukom dan Bukom Kecil."

“Kami telah mengerahkan empat kapal patroli untuk memantau situasi dan memastikan tidak ada dampak tumpahan minyak yang mengalir ke perairan Batam,” kata Kepala KSOP Khusus Batam, Capt Bharto Ari Raharjo, melalui Kabid Gakum KSOP Batam, Yuzirwan Nasution pada wartawan, Rabu (23/10).

"Hingga hari kedua patroli, belum ada laporan terkait pencemaran minyak di wilayah perairan kita [Kepri]," sebutnya.

Kebocoran yang terjadi sejak Minggu 20 Oktober 2024 pagi di antara Pulau Bukom dan Bukom Kecil ini telah memicu respons cepat dari KSOP Batam guna memastikan tidak ada dampak pencemaran yang meluas hingga ke perairan Indonesia, khususnya Kota Batam.

Pihaknya segera menindaklanjuti informasi kebocoran pipa minyak itu dengan mengerahkan empat kapal patroli untuk melakukan pengawasan di seluruh wilayah perairan Batam.

KSOP Batam juga terus berkoordinasi dengan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) serta instansi terkait lainnya guna mempersiapkan langkah-langkah antisipatif jika tumpahan minyak sampai memasuki perairan Batam.

Menurut Yuzirwan, patroli ini akan terus dilakukan secara intensif hingga situasi dinyatakan aman.

“Saat ini, kondisi masih terpantau aman. Namun, kami tetap waspada. Jika nantinya ditemukan tumpahan minyak di wilayah kita, kami akan segera melokalisir area terdampak dan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak terkait untuk tindakan lebih lanjut,” jelasnya.

Sementara itu, Otoritas Maritim dan Pelabuhan Singapura (MPA) telah mengonfirmasi bahwa kebocoran pipa minyak milik Shell telah berhasil dihentikan pada sumbernya.

Shell juga telah mengerahkan kapal pembersih yang dilengkapi dengan dispersan serta menempatkan boom penampung untuk mengatasi tumpahan yang ada di sekitar lokasi kebocoran.

“Proses pembersihan sedang berlangsung, dan kami juga telah mengaktifkan pemantauan menggunakan pesawat nirawak dan satelit untuk memastikan tidak ada tumpahan minyak yang meluas,” ujar MPA dalam pernyataan resminya.

Meski begitu, KSOP Batam tetap siaga penuh, mengingat perairan Batam yang berbatasan langsung dengan Singapura bisa saja terdampak. “Patroli ini akan terus berlangsung hingga benar-benar dipastikan tidak ada ancaman pencemaran bagi perairan Batam,” sebut Yuzirwan. (*)

Tags : pipa minyak shell bocor, perusahaan raksasa energi, ksop batam pantau laut kepri, ksop batam kerahkan kapal patroli pantau pipa minyak shell bocor,