News   2024/06/02 20:50 WIB

LAM Riau akan Beri Anugerah untuk Kasal TNI Laksamana Muhammad Ali

LAM Riau akan Beri Anugerah untuk Kasal TNI Laksamana Muhammad Ali
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Dr Muhammad Ali, SE. MM. MTr, Opsla.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM- Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) akan menganugerahkan gelar adat kepada Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal), Laksamana Dr Muhammad Ali, SE. MM. MTr, Opsla.

"LAM Riau akan memberikan Anugerah gelar adat."

"Ada pun makna dari gelar adat ini yakni seorang pemimpin yang penuh dengan kilau cahaya kebaikan dan kemuliaan, memiliki kekuatan bagai air, menjunam dalam dapat menenggelam, sekaligus memiliki gelombang kekuatan yang besar, serta mampu pula menggunakan kedalaman dan kekuatannya untuk menjalankan kewajiban dan menjunjung kesetiaan kepada bangsa dan negara," kata Ketua DPH LAMR, Datuk Seri Taufik Ikram Jamil pada wartawan, Sabtu (1/5).

Menurut Ikram Jamil, gelar adat yang akan diberikan kepada pria dengan bintang empat itu adalah sebagai Datuk Seri Segara Utama Setia Wangsa. 

Kasal Muhammad Ali sebelumnya pernah menjabat sebagai Danlanal Kota Dumai dan Panglima Komando Gabungan Wilayah Pertahanan (Pangkogabwilhan) berpusat di Tanjung Pinang.

Rencana pemberian gelar kepada Kasal Laksamana Muhammad Ali sudah melalui alur patut.

Seperti lebih dahulu melalui kajian yang dilakukan tim penapis sebagai pertimbangan pemberian gelar diantaranya atas jasa dan kedekatannya kepada masyarakat Dumai, lebih khusus lagi orang melayu yang ada di kota minyak tersebut.

Bahkan sampai saat ini, meski sudah lama meninggalkan Dumai, namun hubungan kedekatan itu tetap dapat dirasakan, sebut Ikram Jamil.

Selain itu, istrinya bernama Ny Fera Muhammad Ali merupakan kelahiran Terempa Kepulauan Riau.

"Alhamdulillah, 27 Mei lalu kita sudah merisik (meminang) untuk diberikan gelar adat. Beliau menyambut kita dari LAM Riau dengan penuh kekeluargaan di Jakarta," kata Datuk Taufik Ikram Jamil.

Selain Laksaman Muhammad Ali, sejumlah tokoh nasional dapat gelar adat dari LAM Riau diantaranya Hamengkubowono IX, mantan Presiden Susilo Bambang Yudoyono semasa menjabat, Presiden Joko Widodo, Wakapolri Gatot Edy Purnomo saat menjabat.

Pemberian gelar adat kepada Laksamana Muhammad Ali diberikan pada 5 Juni nanti, diberikan pada puncak milad ke - 54 LAMR. 

Milad dimulai dari 3 Juni dimulai dengan acara majlis zikir. Kemudian 4 Juni, acara dilanjutkan menegakan payung panji adat, penyembelihan kerbau, orasi budaya, silat, zapin, syair, randai kuantan.

Pada 5 Juni penganugerahan gelar adat kepada Kasal Laksamana Dr Muhammad Ali SE MM MTr, Opsla. Pada 6 Juni, ziarah ke makam tokoh LAMR. (*)

Tags : lembaga adat melayu, lam, lam riau, lam akan beri anugerah, lam beri gelar adat, Kasal TNI Laksamana Muhammad Ali akan dianugerahi gelar adat, News,