Dumai   2021/07/07 15:48 WIB

Lanal Dumai Gelar Vaksin ke Masyarakat Maritim

Lanal Dumai Gelar Vaksin ke Masyarakat Maritim

DUMAI - TNI Angkatan Laut Lanal Dumai kembali melaksanakan serbuan vaksin kepada masyarakat maritim di wilayah kerjanya. Pelaksanaan vaksinasi dilakukan secara serentak di seluruh jajaran TNI AL yang dihadiri Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan serta disaksikan secara virtual melalui Video Conference oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, beserta jajaran dari Mako Pasmar 1 Marunda Jakarta Utara sejak Selasa 6 Juli 2021.

"Kepada para nakes (tenaga kesehatan) agar tetap melaksanakan protokol kesehatan. Kita harus bersama-sama menyukseskan program vaksinasi nasional ini, sehingga masyarakat kita, baik di perkotaan, maupun pesisir semua dapat ter-cover, termasuk di pelabuhan-pelabuhan dan kemungkinan ada ABK ada yang belum tervaksin, agar didatangi untuk dilaksanakan vaksinasi," ujar Yudo Margono pada kegiatan Vicon tersebut.

Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) menyampaikan terima kasih atas pelaksanaan vaksinasi tersebut. Dia berpesan tetap lanjutkan kegiatan vaksinasi sehingga masyarakat, khususnya di wilayah pesisir dan pelabuhan  dapat terlayani seluruhnya. Setelah mengikuti Vicon, Komandan Lanal Dumai Kolonel Laut (P) Himawan, didampingi Palaksa Lanal Dumai Mayor Laut (PM) Anwar Rahman Pasintel Lanal Dumai Mayor Marinir Roqi Munthazar pada kesempatan itu meninjau kegiatan serbuan vaksin kepada masyarakat maritim yang dilaksanakan di Balai Pengobatan Lanal Dumai, Jalan Tanjung Jati, Kelurahan Buluh Kasap, Kecamatan Dumai Timur, Kota Dumai.

Vaksinasi masyarakat Maritim di BP Lanal Dumai disiapkan 300 target vaksin jenis Sinovac. Kegiantan ini didukung 11 orang nakes sebagai vaksinator dari Balai Pengobatan Lanal Dumai, serta 1 orang dokter dari Dinas Kesehatan Kota Dumai. Serbuan vaksin diikuti masyarakat maritim dan umum yang beraktivitas di pelabuhan, mulai dari TKBM pelabuhan, agen pelayaran, ABK padagang serta masyarakat umum.

Ada terdata sebanyak 237 orang yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi dan yang tervaksin tahap I sebanyak 152 orang, tahap 2 sebanyak 75 orang. Total keseluruhan yang tervaksin sebanyak 227 orang. Dari jumlah yang mendaftar, 10 di antaranya tidak dapat dilaksanakan vaksinasi karena alasan kesehatan. Serbuan vaksin masyarakat maritim yang digelar TNI AL dalam hal ini Lanal Dumai dalam rangka menyukseskan program vaksinasi 1 juta orang. "Tujannya agar percepatan vaksinasi Covid-19 dapat terlaksana sesuai terget dan pandemi segera berakhir," jelasnya. (rp.sdp/*) 

Tags : Lanal Dumai, Vaksin ke Masyarakat Maritim, Covid-19,