Headline Tni - Polri   2022/01/21 15:6 WIB

Lanud Rsn Panen Jagung dan Bawang Merah, Untuk 'Mendukung Ketahanan Pangan'

Lanud Rsn Panen Jagung dan Bawang Merah, Untuk 'Mendukung Ketahanan Pangan'
Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (RSN) panen jagung dan panen bawang merah, Jumat (21/2/2022). (Foto. Kapentak RSN)

PEKANBARU - Pangkalan Udara (Lanud) Roesmin Nurjadin (RSN) panen jagung dan panen bawang merah untuk mewujudkan ketahanan pangan dan mendukung kebutuhan warga Lanud  Rsn di masa pandemi Covid-19.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE bersama jajaran ikut panen bersama di lokasi Perkebunan Mustang Lanud Rsn, Jumat (21/2/2022).

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE mengapresiasi kegiatan panen bersama ini dan menyampaikan, menghidupkan lahan kosong untuk dijadikan pertanian.

"Ini adalah merupakan program Lanud Roesmin Nurjadin secara terus menerus untuk mewujudkan ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi warga Lanud Rsn."

“Hari ini kita melaksanakan panen jagung dan panen bawang merah bersama, merupakan program ketahanan pangan yang sudah kita planning sejak dahulu, karena hal ini dibuat sebagai contoh kepada masyarakat khususnya warga Lanud Rsn dengan harapan dapat mau ikut memanfaatkan lahan kosong untuk berkebun dan bercocok tanam. Langkah seperti ini akan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat khususnya warga Lanud Rsn,“ kata Danlanud.

Danlanud Rsn juga berharap, dengan panen  jagung dan bawang merah ini, dapat memberikan motivasi dan edukasi kepada anggota saat diluar kegiatan dinas untuk belajar bercocok tanam, "tentunya ini dapat mendukung ketahanan pangan yang tujuannya untuk mencegah terjadinya krisis ketahanan pangan akibat dampak dari Pandemi Covid-19 yang sampai saat ini belum berakhir juga sekaligus menciptakan kesejahteraan anggota."

Foto. Kapentak RSN

“Kita bersyukur, karena Lanud Rsn memiliki lahan yang cukup luas, tinggal kita lagi untuk bergerak memanfaatkan lahan kosong untuk dijadikan lahan yang produktif, dan marilah kita kelola dengan baik dan benar," ungkap orang nomor satu di jajaran Lanud Rsn tersebut.

Marsma TNI Andi Kustoro menambahkan, bahwa lahan yang ada seperti ini telah dikembangkan sejak dulu, bukan hanya jagung, bawang tapi banyak tanaman lainya bahkan ada yang memanfaatkan lahan menjadikan kolam  untuk  budidaya ikan dan hasilnya sangat memuaskan,“ tuturnya.

"Panen ini merupakan wujud nyata peran Lanud Rsn dalam mendukung program pemerintah dalam meningkatkan ketahanan pangan di wilayah dan kesejahteraan anggota maupun warga sekitarnya,” kata Andi Kustoro.

"Saya berharap, dalam kegiatan panen jagung dan bawang merah  ini, tetap memperhatikan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, mencuci tangan dan jaga jarak, karena pandemi belum berakhir, kewapadaan perlu di tanamkan dalam rangka memutus penyebaran Covid-19," sebutnya.

Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE bersama Ketua PIA Ardhya Garini Cabang 12/D.I Lanud Roesmin Nurjadin Ibunda Iswari Andi Kustoro. (Foto. Kapentak RSN)

Turut mendampingi Danlanud Rsn, Ketua PIA Ardhya Garini Cab.12/D.I Lanud Rsn serta pengurus Cabang maupun Ranting, kemudian hadir Danwing 6 Kolonel Pnb Jajang Setiawan SM PSCJ, Kadisops Kolonel Pnb Adhi Safarul Akbar, Kadispers Kolonel Adm Fauzan Zuhdi, Kadispotdirga Kolonel Tek P. Siboro ST dan para Dansat serta pejabat dijajaran Dispotdirga. (rilis)

Sumber: Kapentak RSN

Tags : Pangkalan Udara, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsma TNI Andi Kustoro SE, Panen Jagung dan Bawang Merah, Lanud RSN Mendukung Ketahanan Pangan,