Bola   2023/06/11 13:58 WIB

Legenda Argentina Lionel Messi akan Bergabung ke Klub Amerika Serikat Inter Miami 

Legenda Argentina Lionel Messi akan Bergabung ke Klub Amerika Serikat Inter Miami 

SEPAK BOLA - Legenda Argentina, Lionel Messi, akan bergabung dengan klub Amerika Serikat, Inter Miami, setelah hengkang dari klub juara Prancis, Paris St-Germain.

Messi, 35, mendapat tawaran yang lebih menggiurkan dari klub Arab Saudi, Al-Hilal. Adapun kembali ke Barcelona menjadi tidak mungkin karena Financial Fair Play (FFP).

"Saya telah mengambil keputusan bahwa saya akan pergi ke Miami," kata Messi kepada surat kabar Diario Sport dan Mundo Deportivo.

"[Saya memutuskan] untuk meninggalkan Eropa."

Dia menambahkan: "Memang benar saya mendapat tawaran dari tim Eropa lain tetapi saya bahkan tidak memikirkannya karena di Eropa, pikiran saya hanya pergi ke Barcelona.

"Setelah memenangkan Piala Dunia dan tidak bisa pindah ke Barca, saatnya pindah ke MLS untuk menjalani sepak bola dengan cara yang berbeda dan lebih menikmati kehidupan sehari-hari saya.

"Jelas dengan tanggung jawab dan hasrat yang sama untuk menang, dan melakukan hal-hal dengan baik, tetapi dengan lebih tenang."

Messi memenangkan penghargaan Ballon d'Or sebagai pemain terbaik dunia sebanyak tujuh kali dan diperkirakan akan memenangkannya akhir tahun ini setelah sukses di Piala Dunia.

Mantan penyerang FC Barcelona itu tertarik untuk kembali ke klub Catalan tersebut musim panas ini, tetapi aturan Financial Fair Play (FFP) yang akan berlaku musim depan di La Liga membuat rencana ambisius untuk membawanya kembali menjadi mustahil.

FC Barcelona tidak dapat mempertahankan Messi pada 2021 lalu, yang membuatnya harus meninggalkan Nou Camp dengan bercucuran air mata.

"Saya takut itu akan terjadi lagi," katanya.

"Saya benar-benar ingin, saya sangat senang bisa kembali [ke Barcelona], tetapi setelah mengalami apa yang saya alami dan hengkang, saya tidak ingin berada dalam situasi yang sama lagi - menunggu untuk melihat apa yang akan terjadi. terjadi.

"Saya mendengar bahwa mereka harus menjual pemain atau menurunkan gaji pemain dan sebenarnya saya tidak ingin melalui itu lagi, atau bertanggung jawab untuk mendapatkan sesuatu yang berkaitan dengan semua itu."

FC Barcelona kemudian merilis pernyataan yang mengatakan Messi telah memilih pindah ke Miami ketimbang menerima tawaran mereka.

"Presiden [Joan] Laporta memahami dan menghormati keputusan Messi yang ingin bersaing di liga dengan tuntutan lebih sedikit, jauh dari sorotan dan tekanan yang dialaminya dalam beberapa tahun terakhir," tambah klub tersebut.
Petualangan pertama Messi di luar Eropa

Setelah sudah nyata bahwa dia gagal kembali ke Barcelona, Messi dihadapkan pada pilihan antara Inter Miami atau Al-Hilal.

Messi sangat diperkirakan akan pindah ke Arab Saudi sehingga dia bisa bergabung dengan Cristiano Ronaldo dan Karim Benzema dalam kesepakatan yang tidak dapat ditandingi secara finansial.

Namun Messi akhirnya tergoda untuk bergabung dengan tim Major League Soccer (MLS) Inter Miami karena berbagai alasan termasuk gaya hidup dan berbagai kesepakatan dengan merek besar.

Kesepakatan Inter Miami dalam menggaet Messi mencakup kolaborasi dari merek-merek seperti Adidas dan Apple.

Dia sudah memiliki rumah di Miami, yang dia sewa.

Ini adalah pertama kalinya Messi bermain di luar Eropa.

Bersama Paris St-Germain, Messi memenangkan gelar juara Ligue 1 di kedua musimnya di klub tersebut. Namun, PSG tersingkir di babak 16 besar Liga Champions, yang berarti waktunya di Prancis tidak dipandang sebagai kesuksesan besar.

Dia mencetak 32 gol dalam 75 pertandingan untuk klub itu - dan mengakhiri musim ini dengan 16 gol dan 16 assist di Ligue 1.

Kontrak dua tahun Messi akan berakhir musim panas ini dan kedua belah pihak sepakat untuk berpisah. Messi sempat diskors selama dua minggu pada bulan Mei karena melakukan perjalanan tidak sah ke Arab Saudi.
'Kalau soal uang, saya sudah pergi ke Saudi' 

Messi mengaku telah mengobrol dengan teman dekatnya, Xavi, manajer Barcelona, tentang kembali ke klub. Namun, dia "sangat sedikit, paling banyak sekali atau dua kali" berjumpa presiden klub, Joan Laporta.

"Kami sangat bersemangat, karena jika sesuatu terjadi, kami akan berdiskusi apakah dia benar-benar ingin saya kembali, apakah itu baik untuk tim dan untuknya, dan kami terus berkomunikasi," kata Messi.

"Kami bahkan tidak pernah berbicara tentang kontrak. Sebuah proposal dirilis, tetapi tidak pernah proposal formal, tertulis dan ditandatangani karena masih belum jelas dan kami tidak tahu apakah itu mungkin atau tidak.

"Ada niat, tapi kami tidak bisa memajukan apa pun, kami bahkan tidak membicarakan uang secara formal.

"Kalau itu masalah uang, saya akan pergi ke Arab Saudi atau tempat lain."

Messi meninggalkan Barca pada 2021, setelah 21 tahun bersama klub tersebut.

Messi adalah pencetak gol terbanyak FC Barcelona dengan 672 gol. Bersama Barca, dia memenangkan 10 gelar La Liga, empat Liga Champions, dan tujuh Piala Spanyol.

Puncak keberhasilan Messi adalah ketika dia memenangkan Piala Dunia bersama Argentina pada bulan Desember 2022.

Tags : Olahraga, Amerika Serikat, Sepakbola, Spanyol, Arab Saudi, Argentina,