Pekanbaru   2024/09/16 15:28 WIB

Libur Tak Ubah Substansi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Hingga di Sekolah, RT, RW dan Desa

Libur Tak Ubah Substansi Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW Hingga di Sekolah, RT, RW dan Desa

PEKANBARU - Maulid Nabi Muhammad SAW diperingati setiap 12 Rabiul Awal. Tahun ini momen tersebut jatuh pada Kamis 16 September 2024.

Terdapat sejumlah kegiatan untuk memperingati peringatan tersebut dengan kegiatan Maulid Nabi di sekolah hingga RT, RW dan desa.

Maulid Nabi merupakan salah satu momen penting bagi umat Muslim. Peringatan ini bertujuan untuk mengambil pelajaran dari kisah-kisah perjuangan Rasulullah SAW saat menyebarluaskan agama Islam.

Selain itu Maulid Nabi telah menjadi tradisi yang selalu dilakukan oleh umat Muslim di dunia termasuk Indonesia.

Saat merayakan Maulid Nabi, masyarakat Indonesia biasanya mengadakan berbagai kegiatan positif yang dapat mendorong umat Muslim meneladani sifat dan karakter Nabi Muhammad SAW untuk diterapkan dalam kehidupan mereka.

Dari kegiatan-kegiatan itu juga, harapannya dapat menjadi amal kebaikan di akhirat kelak. Lantas apa saja kegiatan yang dapat dilakukan selama memperingati Maulid Nabi? Berikut daftar kegiatan Maulid Nabi di sekolah hingga RT, RW, dan desa, antara lain:

  1. Pengajian: Kegiatan pengajian umumnya memberikan pesan pengajaran Islam kepada kelompok masyarakat tertentu seperti keluarga maupun tetangga di lingkungan tempat tinggal termasuk di sekolah
  2. Tabligh Akbar: Jika pengajian dilakukan untuk skala yang kecil, maka kegiatan ini diadakan dengan mendatangkan penceramah yang memberikan nasihat-nasihat agama kepada orang banyak. Kegiatan ini pun biasanya dilakukan di halaman lapangan yang luas dengan tema yang diangkatnya bersifat umum agar orang-orang bisa memahaminya dengan mudah.
  3. Sholawatan: Maulid Nabi tidak lengkap dengan adanya kegiatan pembacaan sholawat untuk nabi secara seksama. Hal itu karena bersholawat telah diperintahkan oleh Rasulullah SAW ketika beliau masih hidup di dunia kepada seluruh umat Muslim.
  4. Doa Bersama: Setiap urusan yang selalu dikerjakan manusia, tidak terlepas dari doa-doa yang dipanjatkannya. Terlebih jika sedang berada pada hari yang baik, maka doa secara seksama meminta kebaikan adalah hal yang harus dilakukan.
  5. Khataman Al-Qur'an: Membaca Al-Qur'an juga merupakan ibadah yang diwajibkan kepada umat Muslim. Untuk itu, kegiatan maulid dapat diisi dengan mengkhatamkan Al-Qur'an bersama-sama.
  6. Santunan Anak Yatim: Salah satu pengajaran yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah menyantuni anak yatim. Beliau bahkan mengisyaratkan jika seorang memelihara anak yatim, maka ia akan dekat berada dengan surga seperti jari telunjuk dan jari tengah.
  7. Diskusi Keagamaan: Sebagai umat yang berintelektual, sudah seharusnya jika ilmu-ilmu agama dipelajari dan dikaji bersama agar membuahkan manfaat yang besar bagi banyak orang.
  8. Pelantunan Nasyid: Hal yang juga bisa dilakukan pada perayaan Maulid Nabi yakni bernyanyi nasyid dengan melantunkan sholawat kepada nabi.
  9. Bedah Kitab Agama: Kegiatan ini bisa dilakukan dengan mengambil salah satu buku agama yang dijadikan sebagai pokok pembelajaran untuk dibahas secara bersama-sama.
  10. Sedekah Jariyah: Salah satu sifat keteladanan nabi yang harus ditiru adalah sifatnya yang suka beramal untuk kebaikan umat manusia ketika sedang berada dalam kesusahan.
  11. Puasa Sunnah: Puasa yang dilakukan adalah puasa yang memang berada pada hari-hari sunnah untuk berpuasa seperti Senin-Kamis atau Ayyamul Bidh.
  12. Bakti Sosial: Maulid Nabi juga merupakan momen untuk menjalin kebersamaan dan kepedulian antarsesama. Kegiatannya seperti donor darah, memberikan barang layak pakai, dll.
  13. Lomba Kaligrafi: Lomba yang satu ini dapat dilakukan untuk mengasah kreativitas seseorang dengan membuat lukisan berhuruf arab yang mempunyai makna.
  14. Lomba Pidato: Pidato yang dilakukan oleh peserta lomba dapat menjadi dasar pengingat umat Muslim akan bagaimana perjuangan Nabi Muhammad SAW dalam berdakwah.
  15. Lomba Puisi: Mengambil tema Maulid Nabi, puisi dapat berisi tentang bagaimana cara nabi berdakwah.
  16. Lomba Azan: Peserta yang berkemampuan untuk azan paling merdu, khas, dan benar kalimatnya.
  17. Lomba Cerdas Cermat Islam: Dalam mengasah pengetahuan tentang keagamaan, lomba cerdas cermat Islam bisa dipilih sebagai rangkaian acara peringatan Maulid Nabi.
  18. Lomba Menulis Kisah Nabi: Lomba yang satu ini juga dapat mengasah kemampuan peserta dalam menulis cerita yang berisikan tentang kisah-kisah kenabian.
  19. Lomba Ceramah: Seorang penceramah yang hebat dimulai ketika kemampuannya dapat dibuktikan dari keikutsertaan dirinya dalam lomba ceramah yang sekaligus menjadi pengingat bagi umat Muslim yang mendengarkannya.
  20. Lomba Qasidah atau Marawis: Lomba ini melatih kemampuan dalam memainkan alat musik untuk lagu-lagu Islami.
  21. Lomba Musabaqah Hifdzil Qur'an: Penghafal Al-Qur'an yang bisa menunjukkan kemampuannya untuk mengingat ayat-ayat Al-Qur'an bisa dibuktikan dengan diadakannya lomba ini.
  22. Lomba Musabaqah Tilawatil Qur'an: Lomba ini memberikan kesempatan kepada orang-orang yang mempunyai kemampuan mengaji dan melafalkan ayat-ayat Al-Qur'an dengan baik dan merdu.
  23. Pawai Maulid: Ketika datang perayaan Maulid Nabi, umumnya masyarakat membuat sebuah pawai obor yang bisa mengingatkan orang-orang tentang momen yang terjadi setahun sekali saja.
  24. Kerja Bakti: Momentum Maulid Nabi juga merupakan momen untuk saling menolong dan bergotong royong seperti membersihkan lingkungan tempat tinggal.
  25. Makan Bersama: Kebersamaan tidak lengkap dengan adanya makan-makan besar terlebih di hari peringatan Maulid Nabi ini.
  26. Penggalangan Dana: Banyak umat Muslim khususnya yang memerlukan bantuan. Oleh karena itu, penggalangan dana cocok untuk dijadikan kegiatan menolong sesama.
  27. Pentas Seni Islami: Untuk memberikan hiburan kepada penonton, kegiatan pentas seni Islami dapat dilakukan agar tidak hanya terhibur, namun juga memiliki pengajaran di dalamnya.
  28. Nonton Bareng: Ketika berada di lingkungan yang dekat dengan penduduk, maka kegiatan Maulid Nabi dapat dilakukan dengan cara menonton bersama di lapangan tentang kisah nabi.
  29. Festival Maulid: Sebuah perayaan identik dengan adanya festival yang dapat dikunjungi oleh siapa saja dan dari mana saja.
  30. Bazar Buku: Masih banyaknya orang-orang yang senang dengan buku, maka kegiatan bazar buku cocok diadakan ketika perayaan Maulid tiba terlebih jika buku-buku yang ditawarkan adalah buku kisah-kisah tentang kenabian.

Itulah sederet kegiatan untuk memperingati Maulid Nabi 2023. Semoga membantu. (*)

Tags : maulid nabi, contoh kegiatan maulid nabi 2024, ide kegiatan maulid nabi ,