Daik Lingga   2024/07/11 9:30 WIB

Lingga Bangun Tugu Khatulistiwa dan Akses Jalannya, Bupati M Nizar: untuk Dukung Ikon Baru Wisata

Lingga Bangun Tugu Khatulistiwa dan Akses Jalannya, Bupati M Nizar: untuk Dukung Ikon Baru Wisata
Bupati Lingga, Muhammad Nizar saat meninjau langsung progres pembangunan jalan dan kawasan Tugu Khatulistiwa di Tanjung Teludas, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga, Selasa (4/6/2024).

DAIK LINGGA, RIAUPAGI.COM - Tugu Khatulistiwa merupakan salah satu landmark Kabupaten Lingga, Provinsi Kepualaun Riau [Kepri] yang dulunya hanya bisa ditempuh melalui jalur laut saja.

"Pembangunan jalan dan penataan kawasan titik 0 derajat itu sudah menjadi bagian dari program kerja Pemkab Lingga."

“Terimakasih untuk kegiatan hari ini, tentu saya sebagai pimpinan daerah merasa bangga karena pintu masuk melalui pelabuhan sungai tenam ini, sudah dapat berbenah dan menyuguhkan kawasan pariwisata baru yakni kawasan Tugu Khatulistiwa yang hanya ada satu-satunya di Provinsi Kepulauan Riau,” kata Muhammad Nizar didampingi Kabid Bina Marga, Jaki Amanda pada media, Selasa (4/6).

Tugu Khatulistiwa

Dia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Kementerian PUPR dan Bappenas RI atas kepedulian dan dukungan berjalannya program usulan pemerintah daerah Kabupaten Lingga di tahun 2024.

Begitupun terhadap OPD teknis yakni Dinas PUTR yang turut membantu.

Bupati Lingga selalu meninjau dan mengawasi langsung progres pembangunan jalan dan kawasan Tugu Khatulistiwa di Tanjung Teludas, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga.

M Nizar optimis kawasan ini akan menjadi tempat pariwisata baru di Kabupaten Lingga.

Menurutnya, pembangunan tugu khatulistiwa berdampak positif pada peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Lingga. 

Progres pembangunan jalan dan kawasan Tugu Khatulistiwa di Tanjung Teludas, Desa Mentuda, Kecamatan Lingga.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi tempat pariwisata baru terutama bagi para tamu dari luar daerah yang datang melalui pintu pelabuhan Sungai Tenam atau yang hanya sekedar ingin berwisata nantinya,” sebutnya.

Sejauh ini sudah ada dua tahap pembangunan jalan dan peningkatan jalan yang sudah menembus Tanjung Teludaa tempat berdiri kawasan Tugu Khatulistiwa.

“Berkaitan dengan infrastruktur di Kawasan Tugu Khatulistiwa, memang sudah menjadi prioritas bersama dinas teknis. Alhamdulillah diberikan jalan dan solusi ditahun 2024 kami menunjukkan hasil,” jelasnya.

Jadi proyek 2024 dengan kegiatan dana alokasi khusus melalui OPD teknis Dinas PU dilakukan dengan tim work. (*)

Tags : Bupati Lingga M Nizar, Kepri, Proyek Jalan, Tinjau Jalan, Tugu Khatulistiwa,