Headline Bisnis   2024/01/14 8:52 WIB

Lion Air Mendarat di SSK II Pekanbaru, Buka Rute Penerbangan Langsung Menuju Bandara Juanda Surabaya

Lion Air Mendarat di SSK II Pekanbaru, Buka Rute Penerbangan Langsung Menuju Bandara Juanda Surabaya
Lion Air penerbangan rute Pekanbaru-Surabaya mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru.

BISNIS - Maskapai Lion Air menghadirkan rute baru yang melayani penerbangan langsung dari Bandara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru menuju Bandara Juanda Surabaya.

"Lion Air buka rute penerbangan menuju Bandara Juanda Surabaya."

"Penerbangan ini akan melayani rute Pekanbaru - Surabaya, dengan nomor terbang JT-983 pukul 12.40 wib - 15.20 wib. Dan rute Surabaya - Pekanbaru, dengan nomor penerbangan JT-982 pukul 09.20 wib - 12.00 wib," kata Executive General Manager (EGM) Bandara Sultan Syarif Kasim II, Radityo Ari Purwoko.

Radityo Ari Purwoko menyebutkan penerbangan perdana akan dilakukan pada 12 Januari 2024, dengan frekuensi satu kali penerbangan per hari atau 7 kali dalam seminggu.

Dengan dibukanya rute langsung Lion Air dari Pekanbaru ke Surabaya ini tentunya memiliki daya tarik yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat umum, pebisnis, dan wisatawan.

"Dengan penerbangan langsung ini, tentunya penumpang tidak perlu lagi transit di Jakarta atau kota lain, sehingga dapat menghemat waktu dan biaya perjalanan," ungkap Radityo Ari Purwoko.

"Selain itu, untuk waktu perjalanan dapat dipersingkat dan juga menyediakan kenyamanan dan fleksibilitas lebih bagi penumpang," sambungnya.

Konektivitas yang lebih baik dari Pekanbaru melalui Surabaya terhubung ke Pontianak, Sampit, Pangkalan Bun, Balikpapan, Banjarmasin, Berau, Samarinda, Tarakan, Bali, Lombok, Labuan Bajo, Kupang, Makassar, Manado, Kendari, Ambon, Ternate dan kota-kota lainnya.

"Kemudian, bagi pebisnis, kemudahan perjalanan ini tentunya dapat meningkatkan efisiensi dalam menjalankan operasi bisnis, partisipasi dalam pertemuan, serta menjalin hubungan bisnis di kedua kota," sebutnya.

Selain itu, juga meningkatkan mobilitas penduduk, yang pada gilirannya dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi lokal. Permintaan terhadap layanan transportasi lokal, akomodasi, dan sektor usaha lainnya bisa meningkat.

Penerbangan langsung ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan yang mencari tujuan wisata yang menajdi keunikan masing-masing daerah, sehingga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Pekanbaru dan Surabaya, memberikan dorongan positif pada industri pariwisata.

Untuk diketahui, Pekanbaru merupakan pusat perdagangan, industri, dan jasa di Sumatera. Riau memiliki banyak objek wisata budaya, sejarah, dan alam, seperti Istana Siak, Masjid Agung An-Nur, Taman Nasional Tesso Nilo, dan lain-lain.

Sementara itu, Surabaya sebagai ibu kota provinsi Jawa Timur, merupakan kota metropolitan terbesar kedua di Indonesia, terkenal karena banyak pusat bisnis, pendidikan, dan teknologi, serta destinasi wisata menarik, seperti Monumen Tugu Pahlawan, Jembatan Suramadu, dan lain -lain.

Bandara SSK II Pekanbaru kembali menambah layanan rute penerbangan domestik seiring dengan dioperasikan kembali penerbangan langsung oleh maskapai Lion Air dengan rute Surabaya-Pekanbaru.

Radityo Ari Purwoko menyebutkan penerbangan domestik Lion Air dengan nomor penerbangan JT982 ini mendarat pukul 11.48 WIB.

"Penerbangan dari surabaya dan mendarat di bandara SSK II pekanbaru dengan 102 penumpang. Disambut prosesi water salute dari kendaraan pemadam kebakaran bandara SSK II pekanbaru," kata Radityo Ari Purwoko, Jumat (12/1).

Tak hanya itu, penumpang juga disambut secara simbolis dengan kegiatan pemberian cenderamata oleh EGM Bandara SSK II Radityo Ari Purwoko kepada pilot dan pramugari Lion Air.

Selain menambah pilihan destinasi domestik bagi masyarakat, PT Angkasa Pura II juga berharap penerbangan ini menjadi bagian dari upaya peningkatan konektivitas jalur udara domestik.

Setelah mendarat di Bandara SSK II Pekanbaru, pesawat Lion Air tersebut berangkat kembali ke Surabaya dengan membawa 135 penumpang menggunakan nomor penerbangan JT983 pada pukul 12.45 WIB.

Untuk diketahui, rute Surabaya ini merupakan rute lama yang aktif kembali dan saat ini akan melayani penerbangan Pekanbaru Surabaya setiap hari. (*)

Tags : lion air, buka rute penerbangan surabaya, bandara juanda surabaya, lion air mendarat di ssk II pekanbaru, bisnis, bisnis penerbangan di pekanbaru,