Riau   2023/09/01 21:54 WIB

Luasan Taman Hutan Raya Terus Terusik Oleh Tangan-tangan Jahil, 'yang Akhirnya Disulap jadi Kebun Sawit'

Luasan Taman Hutan Raya Terus Terusik Oleh Tangan-tangan Jahil, 'yang Akhirnya Disulap jadi Kebun Sawit'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan [DLHK] Riau mencatat luasan Taman Hutan Raya [Tahura] berkurang.

"Taman Hutan Raya berkurang karena terus dirambah jadi kebun sawit."

"Dari total 6.172 Ha luasan Taman Hutan Raya (Tahura) Sultan Syarif Hasyim (SSH) yang ada di Provinsi Riau, kondisinya sudah 70 persen dirambah, mayoritas digunakan untuk perkebunan kelapa sawit," kata Kepala UPT KPHP Minas Tahura DLHK Riau, Dr Matnuril pada media, Kamis (31/8).

Ia menyatakan, terkait kondisi Tahura SSH tersebut, pihaknya melakukan konsultasi publik revisi penataan blok dan rencana pengelolaan jangka panjang Tahura SSH bersama instansi terkait.

"Konsultasi publik ini dilakukan untuk melakukan penataan blok baru di kawasan Tahura SSH. Karena berdasarkan hasil evaluasi, terhadap penataan blok yang sebelumnya banyak terjadi ketidaksesuaian dengan kondisi di lapangan saat ini," ucapnya.

Nuril mencontohkan, yang terjadi di lapangan yakni terjadi konflik penguasaan non prosedural. Sehingga dilokasi tersebut tidak bisa dilakukan rehabilitasi.

Sehingga untuk melakukan upaya rehabilitasi melalui kemitraan harus dilakukan perubahan fungsi blok. Seperti yang dulunya blok khusus, menjadi blok rehabilitasi.

"Sehingga kemitraan konservasi untuk perbaikan ekosistem bisa diterapkan," sebutnya.

Menurutnya, saat ini di Tahura terdapat lima blok, seperti blok pemanfaatan, blok koleksi, blok perlindungan, blok rehabilitasi dan blok khusus. Untuk penataan blok terbaru ini dominasinya ada pada blok rehabilitasi.

"Karena berdasarkan hasil inventarisasi yang dilakukan oleh tim dari Unri, sekitar 71 persen kawasan Tahura SSH ini sudah dilakukan perambahan yang didominasi kebun kelapa sawit, kemudian ada juga pemukiman, fasilitas sosial, fasilitas umum dan juga termasuk jalan desa," jelasnya. (*)

Tags : dinas lingkungan hidup dan kehutanan, dlhk riau, luasan tahura, hutan tahura berkurang, tahura dirambah jadi kebun sawit,