Dumai   2023/08/25 23:35 WIB

Mahasiswa Unri Kuliah Kerja Nyata Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Purnama 

 Mahasiswa Unri Kuliah Kerja Nyata Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Purnama 
Mahasiswa Unri tanam ribuan mangrove

DUMAI - Mahasiswa Universitas Riau (Unri) ikut aksi tanam 2.000 mangrove di Pantai Purnama dalam rangka memperingati hari mangrove sedunia. PT Apical sebagai pelaksana Aksi ini turut serta mengundang beberapa pihak, seperti Walikota Dumai yang diwakili staf ahli Hermanto Usman.

Hadir juga Camat Dumai Barat, Kapolres Kota Dumai AKBP, perwakilan Dandim 0320, perwakilan Danlanal Dumai, Dinas Perikanan Kota Dumai, dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Dumai. Serta Kadin Kota Dumai, Camat Sungai Sembilan, KNPI Kota Dumai, Pemuda Pancasila Kota Dumai, LSM Pecinta Alam Bahari Dumai, LSM ALUN Kota Dumai serta masyarakat setempat untuk turut berkontribusi dalam menjaga kelestarian lingkungan hidup.

Mahasiswa KKN UNRI turut serta dalam proses penanaman mangrove yang dilakukan di Pantai Purnama tersebut. Penanaman mangrove ini dilakukan dengan metode yang terencana dan sesuai dengan kondisi lingkungan.

Sebelum ikut serta dalam proses tersebut, mahasiswa KKN UNRI di ajarkan terlebih dahulu bagaimana tata cara penanaman mangrove yang baik dan benar oleh Ketua LSM Pecinta Alam Bahari Dumai, Darwis.

Mangrove merupakan jenis pohon yang tumbuh di daerah pesisir dan memiliki akar yang kuat. Akar-akar ini berfungsi sebagai penahan erosi dan mampu mengurangi dampak gelombang laut. Selain itu, hutan mangrove juga menjadi tempat hidup bagi berbagai spesies hewan dan tumbuhan, serta berperan penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem pesisir.

Melalui partisipasi dalam kegiatan penanaman mangrove ini, mahasiswa KKN Unri berperan aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan dan mengurangi dampak negatif abrasi pantai. Kegiatan ini menjadi contoh nyata kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, perusahaan dan pemerintah dalam menjaga kelestarian kawasan pantai.

Selain penanaman mangrove di Pantai Purnama, mahasiswa KKN Unri juga melakukan aksi penanaman 100 bibit mangrove di Pantai Legenda tepat nya pada 02 Agustus 2023. Penanaman dilakukan dengan melibatkan pemuda dan masyarakat setempat.

Penanaman mangrove dilakukan dengan menanam bibit mangrove yang sebelumnya telah menjalani proses pengkecambahan dan ditanam dengan tata cara sebagaimana mestinya sesuai dengan yang telah diajarkan.

Penanaman bibit mangrove di Pantai Legenda diharapkan dapat membantu menjaga kelestarian kawasan pantai dan ekosistem pesisir. Semoga kegiatan ini dapat terus dilakukan dan menjadi inspirasi bagi upaya pelestarian lingkungan di tempat lain. (rilis)

Tags : universitas riau, mahasiswa unri, mahasiswa kuliah kerja nyata, mahasiswa tanam ribuan mangrove di pantai purnama ,