News   2023/11/21 9:16 WIB

Mantan Wapres Yusuf Kalla Kunjungi Univeritas Islam Riau, 'yang Standar Kampusnya Sudah Menuju Tingkat Dunia'

Mantan Wapres Yusuf Kalla Kunjungi Univeritas Islam Riau, 'yang Standar Kampusnya Sudah Menuju Tingkat Dunia'

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Mantan Wakil Presiden RI, Dr HC HM Jusuf Kalla hadir dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Badan Kerjasama Perguruan Tinggi Islam Swasta se-Indonesia (BKPTIS) 2023, di Universitas Islam Riau (UIR), Jumat 17 November 2023 siang.

Jusuf Kalla, yang juga menjabat Ketua Dewan Penasehat BKSPTIS, hadir dan memberikan sambutannya dalam Rakernas yang bertemakan 'Membangun Perguruan Tinggi Islam yang Mandiri dan Mendunia' di Auditorium Rektorat UIR.

Dalam sambutannya, Jusuf Kalla berharap agar pendidikan Islam di Indonesia bisa mendunia seperti negara-negara lainnya. Ia menilai, pendidikan Islam di Indonesia masih rendah.

"Saya harap pendidikan kita bisa mendunia," ujar Jusuf Kalla, yang lebih dikenal dengan sebutan JK.

Menurutnya, pendidikan Islam di Indonesia itu rendah karena pengusahanya. Ia menyebut Indonesia paling rendah dalam hal enterpreneurnya.

"Salah satu yang paling rendah di kalangan Islam itu adalah pengusahanya, enterpreneurnya. Kita yang paling rendah," sebutnya.

Selain itu, JK yang berbicara di hadapan para rektor dan akademisi, sangat berharap kampus-kampus Islam di Indonesia bisa menghasilkan generasi muda yang dapat berkontribusi secara positif bagi tanah air Indonesia.

JK juga menekankan pentingnya inovasi dan teknologi agar Indonesia tidak terlalu bergantung pada pihak asing dalam upaya membangun negeri.

"Saya berharap agar kita tidak terlalu tergantung kepada orang-orang luar dalam membangun negeri kita ini," katanya.

Dirinya juga menyoroti kemampuan anak bangsa dalam dunia kerja. Menurutnya, generasi muda Indonesia dapat bersaing dengan asing. Sebagai putra bangsa Indonesia kata JK, wajar saja jika tersinggung terkait hal itu.

Ia menyebut, perusahaannya didominasi insinyur-insinyur Indonesia, mencapai 90 persen.

"Sebagai contoh nyata, bahwa bangsa indonesia telah banyak berkontribusi untuk kemajuan perusahaan dan negara," sebutnya. (rilis)

Tags : Mantan Wapres Yusuf Kalla, Universitas Islam Riau, Yusuf Kalla Kunjungi UIR, Yusuf Kalla Hadiri Rakernas BKPTIS, Yusuf Kalla ke Riau, News,