Sorotan   2020/12/01 15:38 WIB

Masa Pandemi, Orang Jerman Bagi Waktu Antara Pekerjaan - Kehidupan Pribadi

Masa Pandemi, Orang Jerman Bagi Waktu Antara Pekerjaan - Kehidupan Pribadi

"Pada masa pandemi, batas antara kehidupan sehari-hari dan pekerjaan tidak pernah sekabur ini. Sebuah kata dalam bahasa Jerman menunjukkan betapa pentingnya istirahat, dan bahkan dapat membantu kita menikmati kembali waktu luang"

anyak orang sebagai hal menjemukan bisa dianggap orang lain sebagai ritual menyenangkan. Bagi Nils Backhaus, pria berusia 34 tahun yang tinggal di Bochum, Jerman, bahkan saat ia bekerja dari rumah perjalanan pulang masih merupakan bagian penting dari harinya yang tidak bisa ia tinggalkan.

Di penghujung hari kerja, sekitar pukul 17:00, penasihat riset dan kebijakan di Institut Federal Jerman untuk Keselamatan dan Kesehatan Kerja itu mengenakan sepatunya, kemudian mengendarai sepeda balapnya melintasi lanskap yang tenang di sepanjang Sungai Ruhr. Perjalanan harian ini - yang ia sebut "perjalanan palsu" - meniru perjalanan yang biasa ia lakukan saat kembali dari kantor, sebelum ia mulai bekerja dari rumah. Ini adalah cara Backhaus menciptakan kembali 'Feierabend', sebuah kata dalam bahasa Jerman yang menjelaskan waktu setelah pekerjaan selesai, serta dimulainya periode waktu luang dan istirahat. "'Feierabend' mengandung dua arti," kata Christoph Stengel, warga Berlin berusia 41 tahun yang bekerja sebagai pengembang perangkat lunak di sebuah situs web. Pertama, momen saat Anda berhenti bekerja sepanjang hari - tentu saja, Anda merasa baik pada saat itu. Kedua, periode antara waktu bekerja dan waktu tidur. "

Mungkin tampak mengejutkan bahwa orang Jerman, yang kerap dianggap sebagai pekerja keras dan efisien, bersikap begitu protektif dengan waktu luang mereka. Tetapi konsep Feierabend juga terkait dengan mentalitas yang sangat kapitalis, yakni perusahaan mendapatkan lebih banyak produktivitas dari karyawan jika mereka diizinkan untuk istirahat setelah bekerja. "Anda harus langsung istirahat setelah bekerja, Anda tidak bisa melakukannya dua kali lipat keesokan harinya," kata Backhaus. "Stres dan pemulihan berjalan seiring. Ini seperti ritme tubuh. "

Bagi pekerja yang kesulitan beradaptasi dengan skema kerja jarak jauh - dan seperti yang diketahui banyak pekerja lepas - salah satu masalah terbesar dengan perubahan ini ialah tidak ada akhir yang jelas untuk hari kerja Anda. Bahkan, jika Anda bekerja dengan jam yang tidak normal karena tuntutan lain dalam hidup Anda atau preferensi pribadi, saat kerja jarak jauh Anda lebih mudah menghabiskan lebih banyak waktu dari yang seharusnya. Banyak orang Jerman berpendapat bahwa pemisahan yang tegas diperlukan - dan di situlah Feierabend dapat membantu.

Bagi orang non-Jerman, makna Feierabend bisa jadi agak kabur ketika diterjemahkan. Secara kasar, ini adalah gabungan kata dari 'perayaan' dan 'malam' yang kadang-kadang diartikan sebagai 'waktu berhenti' atau 'waktu senang-senang'. Tapi itu kurang tepat. "Beberapa terjemahan sedikit mengaburkannya," kata Backhaus. "Makna aslinya bukan berpesta. Ketika kata ini diciptakan, ia bermakna seperti awal waktu senggang atau waktu bebas dan waktu istirahat di malam hari, sehingga terkait pada masa ketika kita memiliki banyak kegiatan religius pada malam hari. "

Pada masa-masa awal zaman agrikultur, dentang lonceng gereja menandakan akhir dari hari kerja dan dimulainya saat untuk doa malam serta istirahat. Kemudian, "dalam konteks industrialisasi, persoalan tentang bagaimana menangani 'waktu' setiap hari menjadi penting bagi semakin banyak orang akibat jenis pekerjaan baru dan kondisi kerja yang berubah", kata Dr. Caroline Rothauge, asisten profesor modern dan sejarah kontemporer di Universitas Katolik Eichstätt-Ingolstadt. "Para buruh pabrik dan pekerja dagang berjuang untuk mendapatkan jam kerja yang lebih pendek dan, dengan demikian, waktu istirahat seperti 'Feierabend' atau akhir pekan."

Ia menambahkan bahwa sekitar tahun 1900-an, muncul gagasan umum bahwa 'waktu luang' harus digunakan untuk menyegarkan tubuh dan pikiran. "Jadi, kerja dan waktu luang dianggap sebagai dua sisi mata uang yang sama. Menggunakan waktu luang dengan memadai membuat seseorang siap untuk bekerja kembali dan bahkan bisa meningkatkan kinerja seseorang. "

Banyak orang Jerman akan berpendapat bahwa batasan jelas diperlukan - dan di situlah Feierabend dapat membantu. Para pendukung filosofi "kebersihan kerja" ini merekomendasikan langkah-langkah seperti berjalan-jalan di luar ruangan dan tidak minum-minum atau berpesta (terutama bagi perempuan muda). "Mereka banyak berpikir untuk, dalam kata-kata mereka sendiri, memperbaiki cara para buruh pabrik dan pekerja dagang untuk menyegarkan dan menghibur diri mereka sendiri," kata Rothauge. "Hanya saat itulah 'istirahat yang sebenarnya' dan karena itu 'kegunaan fungsional' dari 'waktu luang' mereka bisa terjamin."

Meskipun gagasan Feierabend telah berkembang, masih ada sisa warisan dari kaitan relijiusnya. Hari libur dan hari Minggu dikenal sebagai Feiertage, atau "hari istirahat", dan dilindungi di bawah hukum Jerman sebagai "hari istirahat dari pekerjaan dan untuk elevasi spiritual". "Saya sungguh-sungguh percaya Feirabend berarti terhubung dengan akar, berarti keluarga, kawan-kawan, atau hobi Anda," kata Gene Gerrienne, seorang pegawai berusia 31 tahun. Lahir di Köln, ia tinggal di Jerman sampai usianya 22 tahun dan sekarang bermukim di Greenwich, Inggris. Jerman suka memiliki pemisahan jelas antara waktu kerja dan waktu pribadi. Karena itu, saya percaya mereka banyak berusaha untuk menjadi seefisien mungkin dalam bekerja, yang memungkinkan mereka untuk berhenti saat komputer dimatikan."

Feierabend bukan hanya kata Jerman untuk 'keseimbangan hidup-kerja'. Meskipun masih ada hubungannya dengan istilah tersebut, pendekatan orang Jerman tampak lebih mengakui bahwa akan selalu ada ketegangan antara diri pekerja dan diri pribadi. Alih-alih berusaha merekonsiliasi keduanya, makna diskoneksi dalam Feierabend menetapkan batasan antara mereka. Ia juga biasanya menciptakan jalan antara kedua keadaan, seperti mengenakan kemeja kerja dan kemudian ganti baju setelah pekerjaan selesai atau, seperti Backhaus, mengganti perjalanan pulang dengan tur sepeda.

Yang terpenting, konsep Feierabend mengakui bahwa berada di tempat kerja, dan dalam 'mode kerja', memberi tekanan yang cukup besar pada diri seseorang sehingga ia perlu istirahat secara teratur. Dalam survei yang dilakukan Backhaus pada 2015, 2017, dan 2019, peneliti bertanya kepada peserta seberapa puas mereka dengan pekerjaan dan kehidupan pribadi mereka. Backhaus mengatakan bahwa tanggapannya menunjukkan "bahwa jika batasan kabur, atau jika waktu kerja mencaplok kehidupan pribadi melalui lembur, jam kerja yang panjang, atau bekerja pada waktu yang tidak biasa, maka kepuasan mereka dengan keseimbangan kehidupan kerja menurun". "Anda bisa membayangkan bahwa saya, sebagai orang Jerman, menyukai rutinitas saya," kata Gerrienne dirilis BBC.

Tetapi ketika lockdown dimulai, ia harus bekerja dari rumah, yang mengubah jadwal hariannya. Ia berkata: "Batasan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi saya menjadi semakin kabur. Saya ingat suatu hari, saya bertanya-tanya mengapa tidak ada yang menanggapi pesan Slack saya. Ternyata itu hari Sabtu - saat itulah saya menyadari bahwa saya harus melakukan sesuatu secara berbeda. "

Untuk membantu mengatasi transisi ini, Gerrienne berkata ia menerapkan "struktur yang sangat rigid" yang dimulai dengan meditasi, olahraga, peregangan, dan menulis jurnal di pagi hari. Karena ia bisa bekerja lebih cepat, ia juga melatih dirinya untuk mulai lapar pada waktu yang ditentukan pada malam hari. "Saat itulah saya akan berhenti bekerja kecuali jika muncul sesuatu yang sangat mendesak," ujarnya. "Saya menutup laptop dan belajar, memasak, atau membaca buku. Disiplin adalah kuncinya!"

Backhaus berkata bahkan sesuatu yang sederhana seperti mengganti pakaian dari pakaian kerja ke pakaian santai dapat membantu pikiran Anda beralih dari mode bekerja ke mode istirahat di malam hari. Amat penting bahwa "pikiran Anda sejalan dengan yang Anda lakukan", ujarnya. "Rutinitas ini hilang pada masa pandemi Covid-19 seiring hilangnya batasan antara rutinitas kerja dan rutinitas pribadi, tetapi ia [sebenarnya] membantu tubuh beradaptasi."

Pola pikir adalah kunci, begitu pula kebiasaan baru. Mengadopsi rutinitas dan menetapkan batasan untuk memutuskan hubungan dari pekerjaan dapat dimulai dengan individu, tetapi juga beresonansi dengan rekan kerja - dan, jika Anda seorang manajer, memimpin dengan memberi contoh dapat membantu tim Anda merasa bahwa mereka juga dapat memutuskan hubungan.

Misalnya, jika pengasuhan anak, kewajiban, zona waktu, atau preferensi pribadi memaksa Anda untuk bekerja di luar jam kerja tradisional, jadwalkan email untuk dikirim selama jam kerja seperti biasa sehingga pegawai yang sudah selesai bekerja tidak mendapatkan notifikasi atau merasa perlu untuk menanggapi hanya karena seseorang lain masih bekerja. Pada akhirnya, mengambil pelajaran dari Feierabend dapat membantu pekerja jarak jauh yang merasa kewalahan untuk mendapatkan kembali kehidupan pribadi mereka, dan juga, kehidupan kerja mereka - setidaknya sedikit. "Dalam hal keseimbangan kehidupan-pekerjaan, setiap individu harus mencari tahu sendiri apa yang terbaik bagi mereka, dan saya yakin tidak ada jawaban yang benar atau salah," kata Gerrienne.

"Saya pikir manfaat terbesar dari Feierabend adalah mengendalikan hidup Anda dan membuat keputusan secara sadar, alih-alih membiarkan hidup mengendalikan Anda". (*)

Tags : Masa Pandemi, Corona, Covid-19, Orang JermanPekerjaan dan Kehidupan Pribadi,