Headline Agama   2022/02/04 12:32 WIB

Masjid Agung Sheikh Zayed Miliki Karpet Terbesar di Uni Emirat Arab

Masjid Agung Sheikh Zayed Miliki Karpet Terbesar di Uni Emirat Arab

AGAMA - Aula utama Masjid Agung Sheikh Zayed di Uni Emirat Arab (UEA) memiliki karpet terbesar di dunia, sebuah mahakarya unik dengan keindahan dan desain yang mempesona. Karpet itu dirajut oleh tangan sekelompok seniman dan penenun paling terampil di dunia.

Karpet wol dan katun dibuat dengan tangan oleh sekitar 1.200 pengrajin. Luasnya 5.400 meter persegi, dengan 40 knot per 6,5 sentimeter dan 2,5 miliar knot untuk seluruh karpet, dengan berat 35 ton setelah selesai. Dilansir dari laman Gulfnews, Kamis (3/2/2022)

 Karpet ini dibuat dengan tangan oleh sekelompok seniman dan penenun paling terampil di dunia. Meskipun ukurannya sangat besar, karpet dirancang sebagai satu bagian, yang memenuhi syarat untuk Guinness Book of Records pada tahun 2017 sebagai karpet terbesar di dunia. Pembuatan simpulnya memakan waktu sekitar 12 bulan.

Dengan harmoni yang unik dan integrasi elemen estetika, karpet menutupi lantai ruang sholat utama dan memperbesar kemegahannya. Karpet tenunan tangan memiliki desain yang menakjubkan, tampak seperti pantulan lampu gantung di atas.

 Latar belakangnya menampilkan 25 warna alami dari ramuan tradisional, antara lain akar madar lokal, kulit delima, urat daun, dan lain-lain.

Karpet didominasi warna hijau, menghadirkan rasa tenang dan nyaman pada tempat tersebut. Untuk menjaga keindahan desain, digunakan teknik mencukur untuk mempertegas barisan jamaah di atas karpet.

Penenunan karpet berlangsung di tiga bengkel besar di atas lahan seluas 5.000 meter persegi. Bahan karpet berkualitas tinggi, warna, dan desain kreatif menjadikannya salah satu elemen terbaik Masjid Agung Sheikh Zayed. Ini diawasi dengan cermat oleh Pusat Masjid Agung Sheikh Zayed, dengan pekerjaan pemeliharaannya memakan waktu lebih dari 12 hari sesuai dengan rencana yang matang oleh tim khusus. (*)

Tags : masjid agung sheikh zayed, karpet masjid agung sheikh zayed, rekor karpet masjid agung sheikh zayed, luas karpet masjid agung sheik zayed, masjid, uni emirat arab,