News Daerah   2023/09/25 19:18 WIB

Masjid An-Nur Semukut di Meranti Dibangun Oleh Donatur Asal Malaysia Diresmikan Gubri

Masjid An-Nur Semukut di Meranti Dibangun Oleh Donatur Asal Malaysia Diresmikan Gubri
Masjid An-Nur Semukut di Kepulauan Meranti

KEPULAUAN MERANTI - Masjid An-Nur Semukut di Kepulauan Meranti dibangun oleh donatur asal Malaysia dengan total anggaran lebih dari Rp 3 miliar.

"Masjid An-Nur Semukut selesai dibangun di Kepulauan Meranti."

"Terima kasih kepada saudara kita dari negara jiran Malaysia yang sudah ikut andil dalam pembangunan masjid An-Nur ini," kata Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Asmar meresmikan Masjid An-Nur Dusun I Juling Desa Semukut Kecamatan Pulau Merbau yang juga di hadiri Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar, Sabtu (23/9).

Masjid tersebut merupakan masjid lama yang dipugar dan dibangun ulang oleh donatur asal Johor Malaysia, Datok Samsul, dengan total anggaran lebih dari Rp 3 miliar.

Atas nama pemerintah kabupaten, H. Asmar menyampaikan ucapan terima kasih kepada donatur yang telah membangun ulang masjid tua tersebut. Ia berharap, keberadaan masjid itu bisa difungsikan maksimal oleh masyarakat setempat.

Sementara itu, Gubernur Syamsuar meminta masyarakat bisa memakmurkan masjid tersebut. Tidak hanya itu, kedepan ia menginginkan adanya tempat pendidikan Islam bagi generasi muda di Masjid An-Nur, khususnya menghafal al-qur'an.

"Tidak hanya sekedar tempat ibadah, namun juga tempat pendidikan dan sosial ekonomi masyarakat," harap Syamsuar.

Sebelumnya, perwakilan keluarga Datok Syamsul, Rudi Al Hasan menyampaikan salam dari donatur asal Malaysia tersebut. Menurutnya, yang bersangkutan sudah berencana untuk hadir langsung dalam peresmian itu.

"Tapi karena beliau baru pulang dari Beijing sehingga belum bisa menyempatkan diri untuk hadir," sebutnya.

Lebih lanjut Rudi mengatakan, pembangunan Mesjid An-Nur tersebut berawal dari ayahnya yang berteman baik asal negeri Jiran tersebut. Sang ayah lalu meminta kerabatnya itu untuk membangun mesjid, mengingat kondisinya yang sudah tidak layak lagi karena lapuk.

Rudi yang merupakan anak watan tempat masjid itu dibangun, juga menyampaikan harapan bantuan dari Pemprov Riau ataupun Pemkab Meranti.

"Kedepan akan ditambah tempat pendidikan Al-qur'an. Untuk itu kiranya ada dukungan dari gubernur maupun bupati," ujar Rudi.

Pada kesempatan itu juga diserahkan paket sembako kepada masyarakat oleh Gubernur Syamsuar. Setelah itu, gubernur dan rombongan melanjutkan perjalanan untuk menghadiri peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Masjid Raya Baitun Na'im Teluk Belitung Kecamatan Merbau.

Ikut mendampingi Gubri Syamsuar, Asisten I Setdaprov Riau H. Masrul Kasmy beserta istri, dan perwakilan dinas terkait. (*)

Tags : masjid an-nur, masjid an-nur semukut di meranti, masjid an-nur dibangun donatur asal malaysia, masjid an-nur diresmikan gubri,