News Kota   2024/07/14 13:51 WIB

Medsos PNS Pemko Pekanbaru Dipantau untuk Buktikan Netralitas ASN di Pilkada 2024

 Medsos PNS Pemko Pekanbaru Dipantau untuk Buktikan Netralitas ASN di Pilkada 2024

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM – Seluruh media sosial [Medsos] Pegawai Negeri Sipil [PNS] Pemko Pekanbaru dipantau sejalan tahapan Pilkada serentak 2024 di Kota Pekanbaru.

"Medsos PNS Pemko Pekanbaru dipantau jelang di Pilkada 2024."

"Kami mengingatkan kembali kepada seluruh ASN pemko agar tidak terlibat dalam politik praktis pada Pilkada serentak kali ini," tegas Asisten I Sekretariat Daerah Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi.

Dalam rangka memastikan netralitas, Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Pekanbaru berada di bawah pengawasan ketat selama tahapan Pilkada ini.

ASN dipantau baik melalui aktivitas di media sosial maupun di lapangan. Terutama jika terindikasi memberikan dukungan ke pasangan calon tertentu

Pengawasan ini bertujuan untuk mencegah keterlibatan ASN yang terdiri dari PNS dan PPPK dalam politik praktis.

Para ASN diharuskan tetap netral dan tidak menunjukkan dukungan secara terang-terangan kepada calon yang berpartisipasi dalam Pilkada.

Pemungutan suara dijadwalkan berlangsung pada 27 November 2024.

Menurut Masykur, Pemko Pekanbaru telah bekerja sama dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pekanbaru untuk mengawasi aktivitas para ASN selama Pilkada.

Pengawasan ini dilakukan untuk mencegah ASN terlibat dalam politik praktis, baik secara langsung maupun melalui media sosial.

"Kami telah mengeluarkan surat edaran terkait netralitas ASN dalam Pilkada serentak," ungkap Masykur.

Ia memastikan bahwa ASN di Pekanbaru akan bersikap netral selama tahapan awal Pilkada serentak. ASN yang melanggar aturan netralitas akan dikenakan sanksi tegas sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Mereka diawasi oleh BKPSDM dan inspektorat. Segala bentuk pelanggaran akan dikenakan sanksi sesuai regulasi yang ada," tegasnya dikutip dari tribunpekanbaru.

Dengan pengawasan ketat ini, diharapkan Pilkada serentak 2024 di Pekanbaru dapat berlangsung dengan adil dan transparan, tanpa adanya intervensi dari ASN yang seharusnya bersikap netral. (rp.ind/*)

Editor: Indra Kurniawan

Tags : pegawai negeri sipil, pekanbaru, pns netral, pilkada 2024, medsos pns dipantau, News Kota,