Pekanbaru   2022/03/14 14:25 WIB

Memasuki Ibadah Ramadhan Sejumlah Kegiatan Dilonggarkan di Pandemi, Wawako: Tetap Perketat Prokes

Memasuki Ibadah Ramadhan Sejumlah Kegiatan Dilonggarkan di Pandemi, Wawako: Tetap Perketat Prokes

PEKANBARU - Wakil Walikota (Wawako) Pekanbaru Ayat Cahyadi minta penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat meski sejumlah kegiatan dilonggarkan di masa pandemi Covid-19.

"Memasuk bulan suci Ramadhan bagi umat muslim."

"Dengan begitu, kita bisa maksimal beribadah dan bersilaturahmi. Mari kita bersama-sama berusaha dan berdoa agar pandemi ini berakhir," kata Ayat Cahyadi, berharap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, maka umat muslim bisa maksimal beribadah pada bulan Ramadhan nantinya, Minggu (13/3/2022).

Menurutnya, pemerintah pusat juga telah melonggarkan aturan terkait perjalanan ke luar kota. Masyarakat yang melakukan perjalanan keluar kota tidak ada lagi syarat tes PCR. Warga hanya menunjukkan kartu vaksin melalui aplikasi PeduliLindungi.

Kota Pekanbaru saat ini juga masih menerapkan PPKM level 3. Pemerintah kota bakal menggelar rapat evaluasi pelaksanaan PPKM level 3 yang hampir berlangsung dua pekan. Pemerintah kota juga akan membahas terkait kegiatan masyarakat saat bulan Ramadhan yang tinggal beberapa hari lagi.

"Pemerintah kota melalui satgas berupaya menekan kenaikan kasus positif. Satgas juga melakukan pengawasan kegiatan masyarakat agar disiplin menjalankan prokes," terangnya.

Pemerintah kota juga mempercepat akselerasi capaian vaksinasi Covid-19. Walaupun saat ini capaian vaksinasi umum sudah diatas 100 persen, kelompok warga lanjut usia (lansia) dan anak-anak masih dibawah target.

"Kemudian, percepatan untuk vaksin kedua, karena belum di atas 70 persen. Selain upaya yang dilakukan pemerintah, kami juga imbau masyarakat untuk mendukung program pemerintah dalam penanganan Covid-19," pungkasnya. (rp.sul/*)

Tags : Ibadah Ramadhan, Kegiatan Dilonggarkan di Pandemi, Wawako Pekanbaru, Perketat Prokes,