Headline News Kota   2022/07/28 18:26 WIB

Memasuki Pengalihan WK CPP yang Dikelola Penuh BSP, 'Buat Ratusan Karyawan BOB akan Berubah Wujud'

Memasuki Pengalihan WK CPP yang Dikelola Penuh BSP, 'Buat Ratusan Karyawan BOB akan Berubah Wujud'

PEKANBARU - Wilayah kerja Coastel Plains and Pekanbaru CPP (CPP Block) akan alih operator dari Badan Operasi Bersama (BOB) PT Bumi Siak Pusako (BSP) - Pertamina Hulu kepada PT Bumi Siak Pusako pada Agustus 2022 mendatang.

Pemerintah melalui Kementerian Energi Sumber Daya Manusia secara resmi menetapkan dan menyerahkan pengelolaan wilayah kerja CPP 100 persen atau penuh ke PT BSP mulai 9 Agustus mendatang.

Penyerahan pengelolaan wilayah kerja CPP 100 persen ini akan menjadi momen penting bagi daerah.

Jika tahun lalu merupakan alih kelola dari operator asing ke BUMN, kali ini dari BOB PT BSP dan Pertamina Hulu yang telah mengelola bersama-sama akan melepaskan kegiatan operator dalam 20 tahun ke depan, 100 persen dikelola oleh PT BSP. 

Sebaliknya, perusahaan dalam persiapan alih kelola dihadapkan dengan pemutusan hubungan kerja (PHK) maupun pengalihan tenaga kerja.   

Sejauh ini Ir Iskandar, Direktur PT Bumi Siak Pusako (BSP) diminta penjelasan soal ini dihubungi melalui ponselnya tidak menjawab.

Tetapi H Darmawi Wardhana Bin Zalik Aris, Ketua Umum (Ketum) Lembaga Melayu Riau (LMR) Pusat Jakarta menjelaskan, PT BOB Bumi Siak Pusako-Pertamina Hulu yang beroperasi di Kecamatan Dayun, Kabupaten Siak ini sedang melakukan proses PHK.

"Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) milik Pemkab Siak itu akan mengalihkan sejumlah 400-500 karyawan BOB. Mungkin juga dialihkan ke anak perusahaan PT BSP (PT Zapin Sejahtera)," kata dia, Kamis (27/7).

Pemberhentian karyawan BOB tentu dibaringi dengan surat resmi referensi dari Pertamina Hulu Energi, "BOB akan mmemberhentikan ratusan karyawannya, tapi atas kebijakan pemkab setempat mungkin akan dilakukan pengalihan keperusahaan mitera," sebutnya.

"Atas hasil pembicaraan dengan Direktur PT BSP Ir Iskandar dalam transisi ini, mereka sedang menyusun program baik penempatan dan pesangonnya karyawan BOB Pertamina Hulu Energi," sebut Darmawi mengulang keterangan Dirut BSP Iskandar.

Jadi ratusan karyawan BOB yang berstatus sebagai chief engineering, foreman superintendent dan karyawan yang memiliki tenaga khusus di perminyakan nantinya akan berpindah status. (*)

Tags : Memasuki Pengalihan WK CPP, PT Bumi Siak Pusako, Ratusan Karyawan BOB akan di PHK, News,