Nusantara   2023/09/26 17:53 WIB

Mendag Zulkifli Hasan Klaim Harga Beras Mulai Turun, 'yang Terus Intens Berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog'

Mendag Zulkifli Hasan Klaim Harga Beras Mulai Turun, 'yang Terus Intens Berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog'
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan

SEMARANG -- Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan mengatakan, pemerintah terus berupaya menstabilkan harga beras yang mengalami lonjakan di beberapa daerah.

“Upaya-upaya tersebut ditempuh melalui berbagai program seperti bantuan pangan pemerintah dan pasar murah yang bekerja sama dengan berbagai pihak,” kata Zulkifli saat mengecek harga beberapa komoditas di Pasar Johar, Kota Semarang, Selasa (26/9).

 Mendag menegaskan, pemerintah berkomitmen memastikan ketersediaan beras bagi masyarakat dengan harga yang terjangkau.

“Saat ini cadangan beras Bulog berada di taraf cukup sebanyak 1,6 juta ton. Tidak usah khawatir, stoknya banyak dan akan masuk lagi 400 ribu ton. Jadi berasnya banyak,” ujarnya didampingi Sekretaris Jenderal Kementerian Perdagangan Suhanto dan Penjabat Gubernur Jawa Tengah Nana Sudjana.

 Zulkifli mengaku intens berkoordinasi dengan Badan Pangan Nasional dan Bulog untuk memastikan masalah beras terkendali.

Selain itu, stabilisasi harga beras di daerah pun disinergikan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

Pemerintah memiliki program bantuan pangan yaitu 10 kilogram beras per keluarga untuk 21,3 juta keluarga penerima manfaat yang dijalankan pada September sampai November 2023.

“Pemerintah juga bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menggelar pasar murah. Mudah-mudahan, harga beras dapat berangsur-angsur turun,” katanya.

Pada pantauan harga barang kebutuhan pokok di Pasar Johar, Zulkifli mendapati sejumlah harga komoditas tergolong stabil dibandingkan seminggu sebelumnya.

Harga beras medium stabil di Rp 13.000 per kg, kemudian beras premium stabil di Rp 14.000 per kg, gula pasir Rp 14.000 per kg, minyak goreng curah Rp 13.050 per liter, minyak goreng kemasan Rp 18.000 per liter, Minyakita Rp 14.000 per liter, tepung terigu Rp 13.000 per kg, daging sapi Rp 130.000 per kg, daging ayam ras Rp 38.000 per kg, telur ayam ras Rp 25.000 per kg, dan bawang putih kating Rp 32.000 per kg.

Tags : Zulkifli Hasan, Menteri Perdagangan, harga beras, pasokan beras, cadangan beras, Perum Bulog, Badan Pangan ,