Linkungan   2022/10/02 20:42 WIB

Mengunjungi 'Hantu' Reruntuhan Dibalik Kejayaan 'Emas Hijau' yang Ditinggalkan Sejak 1950

Mengunjungi 'Hantu' Reruntuhan Dibalik Kejayaan 'Emas Hijau' yang Ditinggalkan Sejak 1950

LINGKUNGAN - Ratusan areal perkebunan pernah melambangkan kekayaan semenanjung Yucatan, di Meksiko, namun hal itu ditinggalkan pada 1950-an setelah penurunan kekayaan secara mendadak.

Setelah bertahun-tahun, hutan telah membawa mereka kembali, namun dalam keindahan yang berbeda.

Ketika berjalan melalui vegetasi hutan lebat, saya melihat secara sekilas dinding batu yang diselimuti perlahan oleh tanaman merambat dan pohon-pohon alamo.

Dinding yang sebagian runtuh tersebut mengelilingi tempat yang dulunya merupakan halaman nan elegan.

Tempat itu merupakan bagian dari hacienda, perkebunan besar dengan rumah tinggal di dalamnya.

Itu adalah satu dari banyak perkebunan besar dan megah yang telah dibangun dengan kekayaan industri tali dari serat tanaman henequen pada abad ke-19 di Yucatan, di mana sekarang semuanya telah menjadi hantu kenangan atas kejayaan sebelumnya.

Saya menemukan reruntuhan ini secara kebetulan saat dalam perjalanan dengan sepeda motor melintasi Semenanjung Yucatan.

Awalnya, saya melakukan ekspedisi untuk melihat klaim atas kejayaan yang lebih terkenal di daerah itu, yakni cenote dan situs Maya kuno, tetapi seorang pemandu lokal membawa saya keluar dari jalan utama.

Dia membawa saya masuk ke hutan rimbun untuk menunjukkan lapisan lain dari sejarah dan warisan Yucatan, yakni: henequen haciendas yang ditinggalkan.

Meskipun hanya sedikit pelancong yang mengetahuinya, terdapat ratusan hacienda di semenanjung ini, dan banyak di antaranya membentang seluas ribuan hektare.

Hacienda pernah menjadi lambang kekayaan dan kekuasaan semenanjung, namun hal itu ditinggalkan pada 1950-an setelah penurunan kekayaan secara mendadak.

Beberapa reruntuhan masih terlihat dari sisi jalan, sementara yang lain membutuhkan mata yang tajam dan pengetahuan lokal dari seorang pemandu.

Lalu, terdapat pula beberapa telah ditinggalkan dan diambil kembali oleh alam, dan yang lain telah direklamasi untuk menjalani kehidupan kedua.

Selama dua hari, saya memetakan jalan-jalan pedalaman sepanjang 165km di selatan Merida dan mengendarai sepeda motor saya ke empat hacienda yang berbeda.

Masing-masing tempat memiliki sejarah uniknya sendiri dan dalam keadaan yang bermacam-macam, mulai dari yang rusak dan membusuk hingga ke yang telah direnovasi dengan indah.

Saat melewati kota Homun, yang terletak sekitar 60km bagian tenggara Merida, jalan raya yang ramai berubah menjadi pemukiman sepi, dengan jalanan yang masih belum beraspal, dan hutan menyatu dengan jalan.

Panas dan kelembabannya sangatlah menyiksa, dan keheningan pedesaan terasa menakutkan saat saya mendekati hacienda bersejarah pertama di jalur darurat saya: Kampepén.

Abad ke-19 adalah era puncak kejayaan di Yucatan berkat henequen agave yang ditanam secara lokal, yang merupakan tanaman ideal untuk membuat tali.

Karena itulah, tanaman henequen agave merupakan komoditas penting untuk membangun kapal dan mesin pertanian biji-bijian.

Serat henequen memiliki kemampuan tahan lama sehingga Yucatan menarik banyak investasi AS daripada wilayah lain mana pun selama akhir abad ke-19 dan awal abad ke-20 - periode ketika produksi gandum dan pembuatan kapal berkembang di Amerika Utara, dan benang Yucatan sangat diminati.

Saat produksi henequen meledak, serat itu mendapat julukan sebagai "emas hijau", dan Yucatan menjadi negara bagian terkaya di Meksiko.

Pada 1915, lebih dari 70% wilayah di Yucatan digunakan untuk menanam dan memproses lebih dari 1,2 juta bal tanaman itu untuk diekspor.

Pada periode ini, hacienda tumbuh dalam ukuran dan kompleksitas yang sangat besar, dengan lahan luas mencakup perkebunan, pabrik pemrosesan henequen, gereja, toko, dan tempat tinggal para pekerja. 

Dalam banyak aspek, mereka menjadi negara-negara otonom di dalam negeri; beberapa bahkan memiliki mata uang dan hukum mereka sendiri.

Tidak mengejutkan bahwa hacienda-hacienda ini dijalankan oleh pemilik tanah kaya asal Spanyol yang memiliki kekuasaan besar atas masyarakat adat Maya dan sering memaksa mereka bekerja di luar kehendak.

"Para pekerja pribumi terikat pada hacienda oleh utang menumpuk yang tak terhindarkan," jelas Laura Machuca Gallegos, sejarawan dan peneliti dari Pusat Penelitian dan Studi Tinggi dalam Antropologi Sosial, Yucatan seperti dirilis BBC.

"Di beberapa perkebunan, pemilik tanah benar-benar memperhatikan pekerja mereka, tetapi di tempat lain, kondisinya sangat buruk sehingga para keturunan dari pekerja hacienda menyebut periode itu sebagai perbudakan."

Revolusi Meksiko pada 1920-an membawa perubahan signifikan: eksploitasi masyarakat adat menjadi tidak dapat diterima dan reformasi tanah rezim baru menghancurkan perkebunan besar yang dikendalikan oleh segelintir elit, menyita sebagian besar ladang henequen.

Selain itu, AS mulai mencari alternatif untuk membebaskan diri dari ketergantungan pada henequen Meksiko, dan kemudian masa Depresi Besar memperlambat perdagangan.

Pada 1938, Yucatan kehilangan dominasinya. Industri henequen dan era kekayaannya berakhir.

Hacienda jatuh ke jurang kemiskinan, dan pada 1950-an, sebagian besar tempat itu ditinggalkan dan dibiarkan terkikis.

"Ketika industri runtuh, sebagian besar pekerja tetap tinggal di sekitar hacienda, mendirikan pueblos kecil mereka sendiri," kata Gallegos.

"Untuk hacienda sendiri, mereka masih dimiliki oleh bisnis swasta atau individu: dan telah dijual berulang kali. 

"Namun, sampai hari ini, pemilik hacienda adalah [asal Spanyol], Meksiko atau asing - saya tidak mengetahui keberadaan hacienda milik Maya."

Hacienda Kampepén adalah salah satu situs paling menarik di sepanjang jalur yang saya kunjungi - semacam museum sejarah terbuka.

Dimiliki oleh Desarrollos Turisticos de Yucatan, sekelompok pengusaha lokal, Kampepén membuka pintunya bagi pengunjung pada September 2018 dan menawarkan tempat perkemahan kecil dan jalan-jalan berpemandu sepanjang 1,2km yang dipenuhi reruntuhan, cenote, dan gua.

Dibangun pada 1823, rumah utamanya menawarkan tampilan depan bergaya Prancis dengan kolom batu berukir dan lantai batu ubin, namun atapnya sudah lama runtuh, dan beberapa dinding yang tersisa perlahan-lahan hancur di bawah vegetasi.

Sembari menjelajahi sekitar pekarangan, saya melihat sisa-sisa mesin uap di ruang pemrosesan henequen, dan saya melihat sekilas pengaruh Maya seperti halnya pengaruh Spanyol kolonial.

Altar batu kecil untuk aluxe - roh hutan Maya - dibangun di sebelah sumur tua.

"Nama Kampepén sendiri berasal dari Maya: artinya "kupu-kupu kuning" dalam bahasa Maya," kata Veronica Ondina Torres Rivas, administrator Kampepén kepada saya.

"Sekitar 40 orang tinggal di wilayah ini, sebagian besar masih berbicara bahasa asli.

Para pemandu Maya saya menawarkan wisata dengan berjalan kaki, dan selain sejarah hacienda pada waktu itu.

Mereka juga menceritakan kisah, legenda, dan pengalaman Maya, seperti yang terjadi di aluxe dan huay-pek, seorang penyihir yang berubah menjadi anjing, antara lain."

Ia mengatakan bahwa pemilik hacienda berasal dari Spanyol, "namun kehadiran Maya juga selalu ada di sini."

Dan hal itu terus berlanjut. "Sebagian besar hacienda terbuka untuk turis yang memiliki karyawan asal Maya."

"Bisa dibilang ada dua visi sejarah Maya, dan berbagai nuansa di antaranya: di satu sisi, beberapa sejarawan fokus menggambarkan kemiskinan, penindasan hacienda, dan fatalisme; dan pada sisi lain, ada sejarawan yang menggambarkan Maya sebagai agen yang cakap.

"Secara pribadi, saya percaya bahwa Maya adalah orang-orang dengan agensi, dan mereka pantas mendapatkan cerita yang menunjukkan bagaimana mereka memobilisasi dan bersatu sepanjang perkembangan sejarah mereka dan sekarang. Hacienda membantu menceritakan kisah ini. "

Beberapa hacienda yang saya kunjungi memang memberi informasi mengenai masa lalu yang kompleks itu, tetapi tidak semua perkebunan tua Yucatan diberi kehidupan kedua seperti Kampepén: Hacienda Uayalceh, hanya sekitar 50km ke arah barat, telah ditinggalkan sepenuhnya.

Ketika saya menjelajahi sekitar properti, saya melihat kelelawar dan burung bersarang di menara kapel, semak-semak bunga liar menutupi galeri yang dulunya tinggi, dan tidak ada gerbang yang terkunci ataupun loket untuk membeli tiket.

Sebaliknya, hanya dengan berkendara singkat ke barat laut, Hacienda Yaxcopoil - peternakan sapi yang berubah menjadi perkebunan henequen yang pernah terbentang sebesar 22.000 hektare - telah diubah menjadi hotel dan tempat pernikahan yang menawarkan masa inap pedesaan.

Tempat ini juga menyediakan tur dengan berjalan kaki, dan dosis sejarah melalui rumah mesinnya dengan peralatan henequen dan galeri peninggalan Maya yang ditemukan di dekatnya.

Ada juga perkebunan lain yang dijadikan tempat pariwisata, seperti Sotuta de Peón Hacienda Viva, yang menggabungkan hotel mewah dengan pengalaman napak tilas sejarah: sebuah museum lengkap dengan tur pemrosesan henequen secara nyata "dari daun hingga benang".

"Tidak ada upaya dari pemerintah untuk membangun kembali atau merenovasi hacienda. Semua upaya, baik renovasi atau transformasi menjadi museum, berasal dari pribadi atau asosiasi," jelas Gallegos.

Beberapa hacienda lainnya tersebar di daerah semenanjung Yucatan ini, dan para petualang dapat menemukan jalan mereka dengan meminta petunjuk kepada penduduk setempat.

Beberapa dapat dicapai menggunakan bus atau taksi sewaan, dan yang lain memerlukan kendaraan 4x4 atau sepeda motor, tetapi kehadiran mereka terlihat di mana-mana - mulai dari reruntuhan yang ditumbuhi semak belukar hingga bangunan tua yang runtuh di luar desa dan kota kecil.

Sebuah cerita tentang kekuasaan, kekayaan, penindasan dan kehancuran perlahan - lahan digantikan oleh salah satu pembangunan kembali - dan kenangan. (*)

Tags : Reruntuhan Bangunan, Kejayaan Hutan Meksiko, Hutan Ditinggalkan Sejak 1950,