Wisata   2021/04/22 16:41 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Memberi 'Restu' Pariwisata Festival Gasing Siak 

Menparekraf Sandiaga Uno Memberi 'Restu' Pariwisata Festival Gasing Siak 

PEKANBARU - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Republik Indonesia, Sandiaga Uno telah memberi restu sektor pariwisata di daerah agar dibuka kembali.

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengatakan, sesuai arahan Menparekraf saat ini kunjungan pariwisata masih fokus pada wisatawan lokal. "Arahan Bapak Menteri ini mengarahkan kepada wisatawan domestik. Kita belum bisa berharap wisatawan mancanegara akan berkunjung ke daerah kita," kata Gubri saat peluncuran Calendar of Events (CoE) atau kalender pariwisata Riau 2021, Minggu (11/4).

Atas arahan Menparekraf tersebut, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau telah merancang kalender pariwisata sepanjang tahun 2021. "Terdapat 73 iven pariwisata yang telah diusulkan dari kabupaten kota untuk digelar pada tahun ini," kata Kepala Dispar Riau Roni Rakhmat.

Dari ke 73 agenda tersebut, di antaranya yaitu Festival Budaya Parahu Baganduang di Kuantan Singingi, Haul Marhum Pekan dan Parade Tari di Pekanbaru, Lomba Memancing di Dumai dan Festival Muara Takus di Kampar.

Selanjutnya ada Ritual Tolak Bala Atib Koambai di Kabupaten Rokan Hilir, Festival Gasing Internasional di Siak, Gema Muharram dan Jelajah Wisata Alam di Indragiri Hilir, Pacu Sampan di Indragiri Hulu, Festival Bono Surfing Bekudo Bono di Pelalawan, Festival Siak Bermadah, Festival Lampu Colok di Bengkalis dan Kepulauan Meranti, serta Subayang Festival di Kampar. "Penyelenggaraannya dengan penerapan standar protokol kesehatan sesuai panduan CHSE Kemenparekraf," jelas Roni. (rp.sul/*)

Tags : Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menparekraf Sandiaga Uno, Pariwisata Festival Gasing Siak, Riau ,