Headline Riau   2023/10/23 11:41 WIB

Menteri LHK Siti Nurbaya Serahkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Terbaik 2023 untuk SD Global Andalan Estate Pelelawan

Menteri LHK Siti Nurbaya Serahkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Terbaik 2023 untuk SD Global Andalan Estate Pelelawan
Menteri LHK Siti Nurbaya Serahkan Penghargaan Adiwiyata Mandiri Terbaik 2023 untuk SD Global Andalan Estate Ukui, Pelelawan, Riau.

JAKARTA - SD Global Andalan Estate Ukui dari Provinsi Riau meraih penghargaan bergengsi. Sekolah tersebut mencatat rekor sebagai 20 Sekolah Adiwiyata Mandiri Terbaik 2023 dari 134 sekolah yang menerima penghargaan Adiwiyata Mandiri 2023 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Penghargaan bergengsi ini diserahkan langsung Menteri LHK, Siti Nurbaya di di Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Selasa (17/10/2023). Selain SD Global Andalan Estate Ukui Kabupaten Pelalawan, terdapat sembilan sekolah lainnya yang mewakili Provinsi Riau memperoleh penghargaan Adiwiyata Nasional 2023.

Salah satunya adalah SD Global Andalan Estate Cerenti Kabupaten Kuantan Singingi. Kedua sekolah Global Andalan penerima penghargaan Adiwiyata ini merupakan sekolah binaan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP).

Menteri LHK Siti Nurbaya Bakar memberi selamat kepada kepada 134 sekolah yang mendapatkan penghargaan Adiwiyata Mandiri 2023 dan kepada 417 sekolah yang mendapatkan Adiwiyata Nasional 2023.

"Atas nama pemerintah, saya mengucapkan selamat, dengan capaian ini diharapkan akan semakin cepat upaya Indonesia untuk mencapai SDGs 2030, mempersiapkan diri dalam Indonesia Emas 2045 dan mencapai net emission pada 2060 atau lebih awal," ujarnya.

Manajer Yayasan Kerinci Citra Kasih Jansen Yudianto didampingi Koordinator Sekolah Djuwita Ratna menghadiri langsung prosesi pemberian penghargaan di Jakarta. Jansen mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan buah dari kerja keras tim guru dan pengurus SD Glolal Andalan dalam membangun karakter berwawasan lingkungan pada anak didiknya. SD Global Andalan telah menjalankan sejumlah program lingkungan termasuk pengelolaan sampah, penghijauan sekolah, serta kampanye kesadaran lingkungan di kalangan siswa.

"Penghargaan ini mencerminkan komitmen Sekolah Global Andalan dalam melestarikan lingkungan dan mengintegrasikan pendidikan lingkungan dalam proses belajar. Kami menyadari pentingnya melibatkan siswa dalam proses pelestarian lingkungan, dengan begitu siswa akan memiliki wawasan mengenai gaya hidup berkelanjutan dan berkontribusi terhadap lingkungan sekitarnya,” ucap Jansen.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten (DLH) Pelalawan Eko Novitra mengatakan penghargaan Adiwiyata Mandiri yang diterima sekolah SD Global Andalan memotivasi banyak sekolah di Kabupaten Pelalawan untuk mewujudkan sekolah yang berwawasan lingkungan.

"Saya merasa bangga dengan pencapaian SD Global Andalan Estate Ukui yang telah meraih penghargaan Adiwiyata Mandiri Terbaik dan berhasil menjadi satu-satunya sekolah yang mewakili Provinsi Riau. Pemerintah Kabupaten Pelalawan melalui DLH sangat mendukung program hijau dan pelestarian lingkungan di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Pelalawan, " jelasnya.

Penghargaan Adiwiyata sendiri merupakan program pengembangan pendidikan lingkungan hidup pada jenjang pendidikan dasar hingga menengah yang digelar oleh KLHK setiap tahunnya. Tahun 2023 ini adalah tahun ke-17 pelaksanaan Gerakan PBLHS/Adiwiyata sebagai salah satu upaya dalam pengelolaan lingkungan di Indonesia. (rilis)

Tags : Menteri LHK Siti Nurbaya, Penghargaan Adiwiyata Mandiri Terbaik 2023, SD Global Andalan Estate Ukui Peroleh Penghargaan,