Agama   2024/06/16 11:32 WIB

Menteri Tawfiq Al-Rabiah Umumkan Haji dan Umroh Berlangsung Sukses di Arab Saudi

Menteri Tawfiq Al-Rabiah Umumkan Haji dan Umroh Berlangsung Sukses di Arab Saudi

AGAMA - Menteri Haji dan Umroh Arab Saudi Tawfiq Al-Rabiah mengumumkan keberhasilan rencana fasilitasi pergerakan jamaah dari Makkah ke Mina dan Arafah.

Saat berbicara pada konferensi pers di Arafah, ia juga mengungkapkan keberhasilan rencana kesehatan di Arafah pada Sabtu. Dilansir di Saudi Gazette, Sabtu (16/6/2024), Al-Rabia mengatakan, total jamaah haji tahun ini mencapai lebih dari 1,8 juta orang.

Sementara itu, aparat keamanan haji meninjau kesiapannya dengan melakukan sejumlah latihan keamanan yang menunjukkan tingkat kemampuan dan keterampilan aparat. Tinjauan tersebut juga mencakup mekanisme yang paling menonjol, kendaraan lapis baja, kendaraan khusus, dan penerbangan keamanan.

Direktur Keamanan Umum dan Ketua Panitia Keamanan Haji Letjen Muhammad Al-Bassami mengatakan aparat keamanan mulai melaksanakan tugas yang diberikan untuk musim haji tahun ini sesuai dengan rencana keamanan dan preventif. Hal itu berdasarkan serangkaian pilar yang menjadikan kesiapan awal, dan mencerminkan keterampilan perencanaan dan ketepatan melaksanakan tugasnya.

Sambil melantunkan “Labbaik Allahumma Labbaik (Ya Allah, inilah aku menjawab panggilan-Mu)...,” jamaah haji pada Sabtu pagi berbondong-bondong ke Masjid Namira di Arafah, sekitar 20 km tenggara Masjidil Haram di Makkah.

Sebelumnya, jamaah menghabiskan malam di Kota Tenda Mina. Jamaah haji laki-laki dengan pakaian putih menyerupai lautan putih umat manusia dan jamaah perempuan dalam balutan abaya menghabiskan jam-jam paling penting dalam perjalanan spiritual seumur hidup mereka.

Imam dan khatib Masjidil Haram di Makkah Syekh Maher Al-Muaiqly menyampaikan khutbah Arafah di Masjid Agung Namira. Khutbah ini mirip dengan khutbah perpisahan Nabi Muhammad SAW yang terkenal ketika beliau menunaikan ibadah haji satu-satunya.

Dalam khutbahnya, Syekh Al-Muaiqly mengimbau seluruh umat Islam untuk menaati apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi larangan-Nya demi meraih kemenangan, keselamatan, dan kebahagiaan baik dunia maupun akhirat.

“Haji merupakan wujud keikhlasan beribadah kepada Tuhan dan bukan wadah slogan-slogan politik,” ujarnya.

Menurut laporan yang diterbitkan oleh Badan Umum Statistik Arab Saudi pada Sabtu, sebanyak 1.833.164 jamaah menunaikan ibadah haji tahun ini. Mereka meliputi 1.611.310 jamaah asing dan 221.854 jamaah haji dalam negeri. (*) 

Tags : arab saudi, haji 2024, penyelenggaraan haji 2024, khutbah haji, khutbah di arafah, menteri haji saudi, puncak haji, puncak haji 2024,