Traveling   2023/04/21 15:31 WIB

Menumpang Kereta Api di Jalur Settle-Carlisle 'Paling Molek' Sepanjang 117km, 'yang Dibuka untuk Umum Sejak 1876'

Menumpang Kereta Api di Jalur Settle-Carlisle 'Paling Molek' Sepanjang 117km, 'yang Dibuka untuk Umum Sejak 1876'
Stasiun Garsdale dan jalur Settle-Carlisle lolos dari penutupan karena aksi kampanye warga setempat.

TRAVELING - Jalur Settle-Carlisle adalah jalur kereta api paling molek di Inggris. Jalur sepanjang 117km ini melintasi dataran luas Yorkshire dan Cumbria. Mengapa jalur ini disebut melambangkan kerja keras dan ketekunan?

Blea Moor adalah area terpencil. Lanskap perbukitan nan luas itu merupakan bagian Taman Nasional Yorkshire Dales.

Di sekelilingnya terlihat tanaman hijau pakis yang bergoyang-goyang tersapu angin.

Berlokasi di Inggris utara, taman nasional itu memiliki banyak lokasi menarik, dan area nan luas berilalang itu bukanlah satu-satunya.

Ada jalur buat pejalan kaki tangguh, di mana hanya ada sedikit aktivitas di sana. Angin yang dinginnya menembus tulang itu berhembus kencang di kawasan itu.

Namun, 150 meter di bawah perbukitan itu ada kisah yang menarik untuk diceritakan.

Pada 1870-an, terowongan dibangun di bawah perbukitan itu.

Terowongan itu selurus anak panah, segelap ceruk tambang bawah tanah, dan membentang sepanjang hampir dua kilometer.

Para pekerja menggunakan linggis dan dinamit untuk membuat jalan di dalam tanah - suatu pekerjaan yang amat sulit, pengap, dan berlangsung selama empat tahun.

Pembangunan itu bahkan butuh tujuh tiang pancang untuk dibenamkan dari atas ke bebatuan di dalam tanah.

Dan langsung saja kita terbang ke masa kini ketika kereta saya - kereta tiga gerbong mini dengan petugas tiket yang ceria - melaju melalui terowongan yang sama.

Terowongan Blea Moor merupakan bagian penting jalur kereta api Settle-Carlisle sepanjang 117km, yang dibuka pertama kalinya untuk umum pada Mei 1876.

Jalur ini adalah salah satu bentangan jalan kereta api yang menakjubkan di Inggris, sebagian karena melewati lanskap pedesaan yang luar biasa cantik.

Sebagian lagi, karena jalur itu nyaris ditutup pada 1960an dan 1980an, dan sebagian lainnya, karena terowongan itu akhirnya benar-benar dibangun secara keseluruhan

Tetapi sekarang, saya menumpakinya. Naik kereta dengan atap mirip layar bioskop imersif, yang membuat pandangan Anda tertarik ke kiri dan ke kanan.

Jalur pedesaan membentang sepanjang 117km antara Yorkshire dan Cumbria.

Pegunungan menjulang di kedua sisi jalur, lalu menukik lagi, memperlihatkan lembah-lembah luas yang diselimuti sinar matahari dan dihiasi panorama pedesaan di kejauhan.

Jalur ini melintasi rawa-rawa dataran tinggi dan berkelok-kelok di sepanjang lereng, dengan sekitar 14 terowongan dan 21 viaduk yang menandai jalur melalui perbukitan liar.

Di dalam gerbong, ada troli di lorong-lorongnya yang menjual pembatas buku dan gantungan kunci bermerk Settle-Carlisle, bersama bir kaleng buatan lokal.

Ini bukanlah situasi yang normal dalam jaringan kereta api nasional - tetapi kemudian pembangunan jalur itu adalah prestasi luar biasa.

"Bayangan awal Anda adalah bahwa (lahan) itu tidak dapat ditembus, bahkan oleh insinyur yang paling terampil dan berani," tulis tajuk rencana di surat kabar Sheffield Daily Telegraph sepekan sebelum peluncuran jalur publik tersebut.

"Pegunungan Penin Chain, lereng berbatu di Ingleborough, Wild Boar, Whernside dan Shap Fells, tidak cocok untuk pembangunan rel kereta api."

Sekitar 6.000 orang dipekerjakan untuk membangun jalur tersebut, dan setidaknya 72 orang di antaranya meninggal karena kecelakaan atau akibat wabah cacar di lokasi penampungan para pekerja yang buruk sanitasinya.

Jalur ini membentang luas pada sumbu selatan-utara dan hampir seluruhnya merupakan kawasan pedesaan, meliuk-liuk dari pasar kota Yorkshire Settle ke kota Carlisle di Cumbrian, yang terletak tidak jauh dari perbatasan Skotlandia - dan di sanalah letak tujuan rel kereta api.

Kembali ke 1860an, Midland Railway Company ingin mengambil bagian dari jalur perdagangan kereta api lintas batas yang menguntungkan ke dan dari Skotlandia.

Jalur utara-selatan yang ada, melintasi kedua sisi pegunungan Pennine, dijalankan oleh perusahaan saingan yang menolak permohonan kemitraan Midland.

Harga diri Midland tentu saja jatuh terjengkang, dan hanya ada satu pilihan: membangun jalur melewati perbukitan.

Perusahaan itu kemudian mengajukan izin dari parlemen pada 1865 dan diberi hak untuk melanjutkan proyek tersebut.

Namun dalam putaran yang tak terduga, Midland juga berhasil membuat kesepakatan untuk berbagi salah satu jalur dengan pesaingnya.

Akan tetapi pemerintah, untuk alasan yang dapat kita syukuri sekarang, menolak membiarkan perusahaan itu mundur dari kesepakatan awal.

Hal ini memaksa Midland memulai proses yang berbiaya tinggi untuk memasang jalur rel kereta api lebih dari 117km melalui kontur miring dan penuh ngarai di wilayah itu.

Bahkan dengan teknologi modern, membangun jalan kereta api di kontur seperti itu merupakan pekerjaan masif.

"Jalur itu melewati pusat dari beberapa desa di perbukitan tertinggi di Inggris, melewati lereng dataran tinggi Cross Fell, titik tertinggi di seluruh pegunungan Pennine," jelas penulis Vivienne Crow, yang buku panduan jalan-jalannya, Eden Valley, menggunakan jalur tersebut untuk beberapa pendakiannya.

"Para penumpang tak hanya melihat pemandangan di kejauhan - mereka tenggelam di dalamnya, dengan jalur kereta api yang membentuk bagian dari lanskap. Bahkan dengan teknologi modern, membangun jalur kereta api seperti ini akan menjadi pekerjaan berskala masif, jadi sulit membayangkan keahlian, usaha dan kecerdasan yang harus dilakukan di abad ke-19."

Barangkali yang ganjil adalah tidak ada sudut yang terpotong.

Pekerjaan itu memakan waktu lebih lama dari rencana awal dan melampaui anggaran awal, tetapi hasilnya adalah jalur kereta api yang menantang, dan tahan lama melalui dataran tinggi Dales.

Terowongan Blea Moor panjangnya hampir 117km dan menghabiskan waktu lebih dari empat tahun untuk membangunnya.

Stasiun-stasiun kecil yang rapi dengan atap miring dan baru dicat tampak di sepanjang jalur, termasuk Dent, yang berada di ketinggian 350 meter di atas permukaan laut - dan masih merupakan pemberhentian tertinggi di Inggris.

Sementara itu, fitur-fitur seperti Ribblehead Viaduct yang megah - dengan 24 lengkungan raksasa yang angkuh secara arsitektural, menyaingi viaduk Glenfinnan yang menjadi daya tarik Skotlandia - mengubah semuanya menjadi tontonan sekaligus jalur yang dilewati.

"Ini adalah jalur kereta api utama terakhir di Inggris yang hampir seluruhnya dibangun dengan tangan," jelas Drew Haley, mantan manajer umum Settle-Carlisle Railway Development Company, sebuah kemitraan komunitas yang didedikasikan untuk jalur tersebut, "dan mereka membangun sesuatu yang indah."

Deskripsi ini tetap berlaku sepanjang tahun, baik jalur maupun lanskapnya.

Sebelumnya saya naik kereta api pada musim dingin yang diselimuti salju, ketika puncak-puncak tampak pucat dan stasiun-stasiun yang dilewati tampak seperti pemandangan di kartu Natal.

Namun, pada musim panas di sore hari, pemandangannya cerah di lereng-lerengnya serta kehijauan di kedalaman lembah-lembahnya.

Selama 100 menit perjalanan dari awal sampai akhir, panorama elok itu tak pernah sirna.

Namun, satu abad setelah dibangun, jalur itu berada pada masa-masa sulit.

Pemotongan 'Beeching' yang terkenal pada 1960an - suatu upaya dari pimpinan British Rail yang sekarang sudah tidak berfungsi, Richard Beeching, untuk merampingkan jaringan rel dengan menutup ribuan stasiun - menyebabkan nyaris semua stasiun di sepanjang jalur itu ditutup.

Pada 1980an, dengan jalur yang hanya digunakan segelintir kereta barang dan penumpang, serta beberapa infrastruktur yang rusak, British Rail mengusulkan agar jalur Settle-Carlisle ditutup selamanya. Usulan itu ditolak warga setempat.

"Tumbuh besar di Yorkshire, kenangan awal saya tentang jalur itu adalah perdebatan tentang penutupan jalur itu pada 1980an," kata Haley.

"Dulu mereka berkampanye di televisi untuk menyelamatkan jalur bersejarah yang terkenal ini, yang dibangun melalui North Pennines yang berbatu-batu dan sudah menelan begitu banyak nyawa. Hal tersebut menjadi kampanye besar-besaran karena orang-orang amat peduli."

Sebuah petisi kemudian diajukan ke Parlemen, ditandatangani puluhan ribu orang (serta cap kaki anjing lokal bernama Ruswarp, yang sekarang diabadikan sebagai patung perunggu di peron di Stasiun Garsdale).

Dengan bobot dukungan sedemikian besar, pada 1989, jalur Settle-Carlisle akhirnya ditangguhkan penutupannya oleh pemerintah.

Lalu, fasilitas ditingkatkan; stasiun dirapikan dan dikembalikan seperti pada era kejayaannya di masa lalu; jumlah penumpang meningkat. Semenjak saat itulah jalur itu tak lagi tersedot ke masa lalunya.

Untuk melakukan perjalanan saat ini lebih dari sekadar kesempatan untuk memandangi gelondongan kayu yang bergelundungan.

Layanan penumpang terjadwal masih ramai tujuh kali sehari sekali jalan, melintasi setiap jembatan, viaduk, dan terowongan sesuai rute aslinya.

Bahkan suasana gelap saat melewati Terowongan Blea Moor memberi kesempatan kepada penumpang untuk merenungkan kerja keras lebih dari satu setengah abad sebelumnya.

Dan ketika Anda mencapai Stasiun Carlisle? Taruhan terbaiknya adalah menenggak segelas bir di pub platform - yang bernama 301 Miles From London - berjalan-jalan, lalu melakukan satu-satunya hal yang masuk akal yang tersisa: naik kembali ke gerbong untuk perjalanan pulang.

"Jalur ini menggambarkan kerja keras dan ketekunan," Haley menyimpulkan.

"Orang-orang mengorbankan hidup mereka demi jalur ini. Apakah jalur ini harus dibangun?

"Mungkin tidak. Tetapi sudah dibangun, jadi kami harus berjuang untuk mempertahankannya. Hal itu melambangkan sesuatu tentang semangat manusia". (*)T

Tags : Transportasi kereta, Perjalanan, Inggris raya,