Rokan Hilir   2024/09/27 15:17 WIB

Meski Resmi Jalani Cuti, Rumah Dinas Bupati Afrizal Sintong Diduga Belum Diserahkan ke Pemkab Rohil

Meski Resmi Jalani Cuti, Rumah Dinas Bupati Afrizal Sintong Diduga Belum Diserahkan ke Pemkab Rohil

ROKAN HILIR - Meski sekarang Bupati Afrizal Sintong SIP M.Si resmi jalani cuti untuk mengikuti pemilihan kepala daerah (Pilkada) Serentak 2024, tetapi kunci rumah dinas diduga belum diserahkan ke Pemkab Rohil.

"Diduga kunci rumah dinas bupati Rohil atau Mess Pemda yang beralamat di Jalan Perwira, Bagan Siapiapi belum diserahkan." 

Kabag Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Rokan Hilir, Samsuri kepada awak media, mengakui meski sudah resmi menjalani cuti untuk kampanye karena mengikut Pilkada, Bupati Rokan Hilir Afrizal Sintong diduga belum menyerahkan fasilitas yang diperolehnya secara utuh.

"Memang benar kunci Mess Pemda masih dipegang Bapak Afrizal Sintong selaku Bupati Rokan Hilir definitif, namun saat ini beliau cuti akibat ikut kontestasi di Pilkada Rohil," kata jelas Samsuri, Kamis (26/9).

"Mengingat banyaknya barang barang pribadi beliau masih ada di mess kemungkinan menjadi sebab kunci masih dipegang beliau," tambahnya.

Dia menyebut kunci rumah dinas tidak diserahkan karena ada barang pribadi di Mess Pemda.

Samsuri menyatakan hal tersebut sudah disampaikan kepada Pelaksana Tugas Bupati Sulaiman. 

"Kami menunggu arahan pimpinan kami baik Pak Sekda maupun Pak Plt Bupati Rokan Hilir," imbuhnya.

Ketika dikonfirmasi apakah saat cuti di luar tanggungan bupati harus meninggalkan Mess Pemda dan fasilitas lainnya, Samsuri selaku Kabag Umum mengakui tidak tahu.

"Betul atau tidak saya tidak tahu, sebab saya belum dapat penyerahan baik surat maupun barang, bisa jadi penyerahan dilakukan ke Plt Bupati Rohil atau Pak Sekda. Sebaiknya konfirmasi ke pimpinan saja, terimakasih," sebut Samsuri.

Untuk diketahui, dalam ketentuan Pasal 2 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 74 Tahun 2016 tentang Cuti di Luar Tanggungan Negara bagi Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, para pejabat tersebut tidak boleh memanfaatkan fasilitas negara dan tidak dibiayai negara.

Sebagaimana diketahui, sebanyak delapan bupati dan wali kota di Riau menjalani cuti di luar tanggungan negara karena bertarung kembali di Pilkada 2024. Salah satunya yakni Bupati Rokan Hilir petahana Afrizal Sintong. 

Selama menjalani cuti selama hampir 2 bulan, jabatannya akan digantikan oleh Sulaiman. Sulaiman merupakan Wakil Bupati Rohil yang tidak mencalonkan diri di Pilkada serentak tahun ini. (*)

Tags : Cuti, Bupati Afrizal Sintong, Rumah Dinas, bupati afrizal Sintong Jalani Cuti, Rumah Dinas Bupati Afrizal Sintong, Kunci Rumdis Belum Diserahkan ke Pemkab Rohil ,