Otomotif   2023/03/27 16:2 WIB

Mitsubishi Perkenalkan Mobil Baru Compact SUV yang akan Diluncurkan

Mitsubishi Perkenalkan Mobil Baru Compact SUV yang akan Diluncurkan

JAKARTA -- Kabar kalau Mitsubishi akan memperkenalkan mobil baru dalam waktu dekat ini sudah beredar luas. Bahkan, pihak pabrikan pun sudah memastikan kalau produk baru itu akan mengadopsi XFC Concept yang telah diperkenalkan belum lama ini.

Terkait dengan hal itu, bos Mitsubishi bahkan menegaskan bahwa telah melihat dan mencoba produk baru hasil adopsi dari mobil konsep XFC. Menurutnya, produk massal yang nanti akan dilepas ke pasaran Tanah Air tidak akan jauh berbeda dengan XFC Concept.

"Saya sudah test drive. Jadi saya tahu kalau model yang diproduksi massal nanti itu memang mendekati dengan XFC Concept. Kira-kira 80-90 persen itu sama," kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Testuhiro Tsuchida dalam paparannya di Bandung, belum lama ini. 

Dia menjelaskan, produk baru yang akan dipasarkan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) nantinya mengusung konsep SUV kompak. Hal ini serupa dengan XFC Concept yang diperkenalkan pertama kali di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di Jakarta pada Februari 2023. 

Meskipun begitu, Tsuchida masih enggan memberi tahu kapan pastinya produk massal dari XFC Concept akan diluncurkan di Indonesia. Akan tetapi, kemungkinan mobil kompetitor Honda HRV dan Hyundai Creta itu akan diperkenalkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) yang bakal digelar pada Agustus 2023.

Biasanya, ajang ini memang selalu digunakan pabrikan untuk memperkenalkan produk-produk baru. Untuk saat ini, MMKSI masih dalam proses memperkenalkan mobil konsep XFC kepada masyarakat. Terakhir, mobil itu mengunjungi Kota Bandung, kota keempat penyelenggaraan aktivitas roadshow setelah Pekanbaru, Medan, dan Palembang.

"Acara ini tujuannya memang untuk mmperkenalkan mobil konsep XFC. Jadi tidak ke penjualan. Tapi pelanggan kasih respons positif dan mereka tertarik," papar dia.

Dia menambahkan, meskipun telah dipamerkan di beberapa daerah, MMKSI juga masih belum buka inden untuk produk baru ini. Kalau pun ada pelanggan yang tertarik, maka akan ditampung dulu dan kalau ada informasi lanjutan baru akan ditindaklanjuti.

Tsuchida menjelaskan bahwa produk ini akan memiliki konsep yang berbeda dengan line up yang telah ada saat ini. Dia pun memastikan bahwa produk massal dari XFC Concept tidak akan memakan segmen pelanggan Mitsubishi yang telah ada.

"Setiap mobil pasti ada kemiripan. Tapi saya lihat kalau Xpander Cross itu mobil keluarga, sementara XFC itu dua baris. Fiturnya juga untuk Xpander Cross lebih ke keluarga. Sementara XFC lebih ke SUV," kata dia.

Pihak Mitsubishi juga masih enggan memberikan harga penjualan produk ini. Tsuchida hanya mengatakan bahwa harga produk massal dari XFC Concept kira-kira tidak akan jauh dengan produk SUV kompak merek lainnya.

Hanya saja, untuk memastikan harganya bisa bersaing dengan merek lain, Tsuchida mengatakan bahwa XFC kemungkinan akan diproduksi di pabrik di Cikarang, Bekasi.

Tags : mitsubishi, mobil konsep, xfc concept, mobil konsep mitsubishi, kompak suv, suv compact, mobil baru, mobil baru mitsubishi ,