Headline Agama   2021/07/12 15:5 WIB

Banyak Ustadz dan Ulama Meninggal, Ustadz Fahmi Salim: Ternyata Covid-19 Itu Nyata

Banyak Ustadz dan Ulama Meninggal, Ustadz Fahmi Salim: Ternyata Covid-19 Itu Nyata

JAKARTA - Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia (MIUMI) Ustadz Fahmi Salim menyatakan duka yang mendalam atas banyaknya berita kematian dari para ulama dan kiai Indonesia. Ia pun meminta umat Muslim tidak mempercayai berita bohong atau hoaks yang beredar terkait Covid-19.

"Mohon kepada para ulama tidak percaya pada teori-teori konspirasi yang disebarkan kalangan tertentu. Virus Covid-19 ini nyata dan faktual serta tidak bisa dipungkri. Saya pikir di kalangan umat Islam perlu ditingkatkan literasi tentang bidang medis," katanya dirilis Republika.co.id, Senin (12/7).

Berita kematian para ulama dan kiai pesantren seolah tak berhenti berdatangan dalam beberapa waktu terakhir. Dalam berita resmi yang dikeluarkan PBNU, tercatat 595 ulama meninggal dunia akibat virus tersebut. Ia juga menyebut informasi meningkatnya kematian ulama juga datang dari Persis dan Muhammadiyah.

Kematian disebut sebagai suatu hal yang pasti dan hak prerogatif Allah SWT. Setiap manusia dipastikan akan mengalami kematian. Dalam QS al-Jumu'ah ayat ke-8 disebutkan kematian adalah hal yang pasti terjadi meski manusia berupaya berlindung di suatu bangunan yang kukuh.

Meski demikian, ia merasa melihat adanya kelemahan di kalangan para ulama dalam memaknai hal ini. "Saya bukannya su'udzon, tapi barangkali perlu kita tingkatkan edukasi di kalangan ulama dan pesantren, tentang pentingnya sunnatullah dalam bidang medis, tentang penyakit dan bagaimana kita menanganinya," katanya.

Imam Syafii mengatakan, "Jangan kamu tinggali satu negeri atau kampung jika di dalamnya tidak ada dua profesi, yaitu alim ulama atau ahli agama dan dokter atau medis. Ahli agama bertugas memberikan resep terkait penyakit batin, sementara ahli medis memberikan resep penyakit yang bersifat lahir atau fisik.

 Ustadz Fahmi Salim menilai umat Islam tidak boleh tertinggal dalam bidang medis. Pernyataan yang disampaikan dokter-dokter Muslim yang banyak jumlahnya ini harus didengarkan dan diikuti. Terlebih, mereka mengetahui dengan pasti dan bisa menjelaskan aspek masalah yang sedang dihadapi saat ini.

Ia mengingatkan jangan sampai pandemi ini dianggap remeh dan mengabaikan protokol kesehatan. Bahkan, saat ini masih ada yang mengatakan virus ini tidak ada atau menyebut ini bukan pandemi tapi plandemi.

 "Kalaupun ini benar, itu biarkanlah jadi urusan nanti. Sekarang bagaimana kita menyelamatkan umat, aktivis, mubaligh, kiai sebanyak mungkin," kata dia.

Hal-hal di atas bisa dijalankan dengan edukasi dan literasi. Ustadz Fahmi menyebut Ibnu Sina adalah ulama yang memperkenalkan metode bagaimana seorang umat harus menjaga diri dari berbagai macam penyakit menular.

Vaksinasi sendiri diperkenalkan pertama kali oleh peradaban Islam. Mereka adalah dokter-dokter dari zaman Turki Utsmani abad-17, yang kemudian dikembangkan dan dibawa ke Inggris dari inokulasi cacar, sampai abad ke18 dan 19.

 Ilmu vaksinologi adalah ilmu yang lahir dari rahim peradaban Islam. Tetapi, saat ini umat Islam cenderung tidak mempercayai bahkan menjauhi, serta mengatakan vaksin adalah konspirasi mengurangi populasi umat Islam.

"Kita terjebak dalam narasi-narasi yang cenderung membuat bodoh dan angkuh dalam menyikapi penyakit menular ini. Ini semoga menjadi introspeksi bagi semua," ujarnya.

Terakhir, Ustadz Fahmi mengingatkan agar mempersiapkan strategi ketahanan umat Islam dan strategi kaderisasi ulama. Hal ini dinilai perlu mengingat banyak ulama dan kiai yang gugur. Tanggung jawab umat Islam adalah menjaga generasi tafaqquh fiddin sesuai QS at-Taubah ayat 122. (*)

Tags : ustadz fahmi salim, covid 19 nyata, ulama wafat, ulama berguguran, hoaks, literasi medis, vaksin covid 19, vaksinasi covid 19,