News Kota   2023/06/11 21:14 WIB

Momen Idul Adha, Hewan Kurban Wajib Punya Surat Keterangan Sehat

Momen Idul Adha, Hewan Kurban Wajib Punya Surat Keterangan Sehat

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Momen Hari Raya Iduladha 1444 Hijriyah Tahun 2023, masyarakat diminta hanya beli hewan kurban yang punya surat keterangan sehat.

"Masyarakat diminta untuk cermat dalam membeli hewan kurban."

"Bagi masyarakat Riau yang ingin melaksanakan ibadah kurban, mereka juga harus membeli sapi ataupun kerbau atau kambing yang jelas kesehatan hewannya. Itu bisa dibuktikan dengan surat keterangan sehat dari dokter kesehatan hewan," himbau Gubri Syamsuar Minggu, (11/6). 

Masyarakat untuk membeli sapi atau kambing untuk kurban yang sudah dilengkapi dengan bukti Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

Gubri menginstruksikan kepada seluruh tenaga kesehatan hewan atau dokter hewan yang ada di semua daerah se-Riau agar berperan aktif turun ke lapangan. Seperti ke mesjid atau musala untuk memberikan penyuluhan.

Termasuk para tenaga kesehatan hewan dan dokter hewan diminta untuk dapat mengecek sapi kurban di daerah masing-masing. Langkah ini guna memastikan sapi atau kambing kurban yang bakal dibeli masyarakat dalam keadaan sehat. Dibuktikan dengan surat keterangan sehat.

"Karena kalau hewan kurban sakit maka tidak bisa dilaksanakannya ibadah penyembelihan hewan kurban tersebut," tutup Gubri. (*)

Tags : hewan kurban, idul adha, beli hewan kurbansurat keterangan sehat hewan kurban, news kota,