Olah Raga   2022/08/08 7:42 WIB

MotoGP Inggris: Tim Ducati Berjaya di Silverstone

MotoGP Inggris: Tim Ducati Berjaya di Silverstone

INGGRIS - Tim pabrikan Ducati berjaya dan mencatatkan sejarah setelah 2 rider-nya berhasil naik podium dalam balapan MotoGP Inggris 2022 yang berlangsung di Sirkuit Silverstone, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

Francesco Bagnaia menjadi jawara, sedangkan Jack Miller berada di posisi tiga besar tepat di belakang Maverick Vinales dari Aprilia Racing yang menempati peringkat kedua.

Sementara itu, pebalap Yamaha Fabio Quartararo harus puas finish di peringkat kedelapan.

Dilansir kompas.com, diawal race, Johann Zarco dari Pramac Racing yang meraih pole position setelah mencatatkan waktu lap tercepat pada sesi kualifikasi, Sabtu (6/8/2022) sempat memimpin jalannya balapan.

Johann Zarco dibayangi Maverick Vinales dan Jack Miller yang secara berurutan memulai balapan dari posisi kedua dan ketiga. Awal yang baik juga ditunjukkan Fabio Quartararo yang langsung naik ke peringkat kedua setelah memulai balapan dari posisi empat.

Fabio Quartararo pun terus membayangi Johann Zarco hingga merampungkan lap ketiga. Sayangnya, ketika memasuki lap keempat, Quartararo harus menjalani penalti long lap. Hukuman tersebut akibat Quartararo dianggap berkendara dengan ceroboh sehingga menyebabkan Aleix Espargaro terjatuh di MotoGP Belanda, Juni lalu.

Situasi tersebut membuat Quartararo tercecer ke peringkat kelima. Dia disalip Jack Miller, Alex Rins dan Francesco Bagnaia. Tak lama setelah itu, insiden terjadi di barisan terdepan. Johann Zarco terjatuh ketika memimpin balapan.

Insiden tersebut otomatis membuat Johann Zarco kehilangan posisi terdepan. Lalu, tiga posisi terdepan direbut Alex Rins, Francesco Bagnaia dan Jack Miller. Posisi tiga terdepan tak berubah hingga memasuki lap ke-11.

Memasuki lap ke-12, Bagnaia yang sebelumnya ada di peringkat kedua berhasil menyalip Alex Rins dan merebut posisi terdepan. Jack Miller masih berada di peringkat ketiga dan dibayangi Maverick Vinales yang naik ke peringkat keempat setelah menyalip Jorge Martin.

Cukup lama menempati peringkat ketiga, Jack Miller naik satu posisi pada lap ke-14 dengan menyalip Alex Rins yang otomatis turun ke peringkat ketiga. Ketika persaingan di baris depan semakin sengit, Fabio Quartararo selaku pemimpin klasemen masih berjuang di luar lima besar.

Posisi tersebut tak berubah hingga memasuki lap ke-18. Namun, susunan pebalap terdepan berubah saat memasuki lap terakhir. Hasilnya, Bagnaia berhasil memenangi balapan, disusul Maverick Vinales posisi kedua. Dan posisi ketiga menjadi milik rekan setim Francesco Bagnaia, Jack Miller.

Tags : MotoGP Inggris, Tim Ducati, Silverstone,