Daik Lingga   2024/07/21 20:43 WIB

Muhammad Nizar Berhasil Bangkitkan Ekonomi di Lingga, 'Pantas Dipilih Kembali karena Punya Reputasi'

Muhammad Nizar Berhasil Bangkitkan Ekonomi di Lingga, 'Pantas Dipilih Kembali karena Punya Reputasi'
Muhammad Nizar, Bupati Lingga

MUHAMMAD NIZAR dinilai berhasil bangkitkan ekonomi di Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau [Kepri], lantas suara-suara dari berbagai tokoh masyarakat menilai dirinya pantas untuk dipilih dan memimpin kembali karena punya reputasi.

"Bangkitkan ekonomi, Bupati Lingga Muhammad Nizar gerakkan kembali pasar rakyat."

"Setelah hampir dua tahun terakhir ini, ekonomi mengalami kelesuan akibat pandemi Covid-19," kata Acon, Warga di Kota Lingga dalam pengakuannya melihat selama kepemimpinan putera daerah yang dijuluki sebagai Bunda Tanah Melayu itu.

"Tetapi pemulihan ekonomi dengan berbagai varian program terus digalakkan oleh Bupati Muhammad Nizar. Salah satunya dengan menggerakkan kembali pasar rakyat di berbagai wilayah," sambungnya. 

"Ini saatnya bagi kita untuk bangkit. Kita tata kembali ekonomi dengan berbagai usaha-usaha produktif," ungkap pemuda energik itu.

Pasar-pasar rakyat yang digelar secara temporal dan barang jualan yang tematik menjadi salah satu jurus yang dipilih.

Hal ini menjadi pengungkit ekonomi di level mikro. Dengan penjual yang berasal dari kampung sekitar.

"Ada laju perekonomian yang bergerak. Meski dalam skala mikro, tapi ini akan mampu memicu sektor-sektor lain ikut bergerak," terang Acon lagi.

Pasar rakyat tematik dagangan tertentu terbukti cukup berkembang di Lingga sebelum adanya Covid-19.

Begitu juga tumbuh berkembangnya kaffe dan tempat usaha kuliner khas Melayu, ini membuktikan ekonomi di daerah kabupaten termuda mulai menggeliat.

"Pembangunan juga merata. Banyak jalan baru dibuka hampir disetiap kecamatan dan sejumlah tempat lainnya. Setelah dua tahun berlalunya Covid-19, sejumlah pasar kembali digeliatkan," terangnya.

"Tentu saja dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Selain pasar-pasar lama, juga muncul sejumlah inisiasi baru," sebutnya.

"Ini adalah bagian dari gerakan Lingga Rebound, sebuah program multisektor untuk membawa daerah ini pulih dari pandemi," terang Acon.

Menurutnya, geliat pasar-pasar rakyat kelihatan terus didampingi oleh Pemkab Lingga. Tidak hanya dari sisi promosi, tapi juga dari sisi manajerial.

"Jadi semenjak kepemimpinan Bupati Muhammad Nizar. Itu sangat dirasakan masyarakat dan kita sebagai pemuda akan terus melakukan pendampingan. Baik melalui dinas terkait atau dari pemerintah kecamatan," pungkas Acon.

"Seperti halnya nanti diberikan pelatihan menejemen keuangan, pengemasan, dan lain sebagainya. Jadinya, akan lebih berdaya dan bisa naik kelas," sambungnya.

Sebelumnya, Kepala Desa Kualaraya Misran, mengaku inisiasi pasar rakyat di wilayahnya terus dikebangkan berangkat dari upaya untuk merintis pusat ekonomi baru. Ia berharap pasar tersebut akan menjadi permanen.

"Proyeksi saya, ini nantinya bisa menjadi pasar permanen. Kita awali dari yang sederhana dulu. Ini juga merupakan program dari Pemkab Lingga," ungkapnya.

Gagasan tersebut, ternyata disambut antusias oleh warga. Sebab warga setempat bisa berjualan dan membuka lapangan kerja.

Sebelumnya, atas kepemimpinan Muhammad Nizar ini pula, para tokoh masyarakat Lingga menaruh perhatian seiring Kabupaten Lingga juga akan menghadapi Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] Serentak 2024 yang akan dilaksanakan pada bulan November tahun 2024.

"Muhammad Nizar anak baik, berakhlakul karimah hormat dan santun terhadap orang tua dan ibadahnya kuat," kata Tokoh Masyarakat sekaligus Mantan Imam Besar Masjid Sultan Lingga, Haji Abdul Gani Ar menyikapi Pemimpin di Bumi Bunda Tanah Melayu itu, melalui rilis pada Jumat (19/7).

Abdul Gani merincikan sifat-sifat yang dimiliki oleh Muhammad Nizar yakni; Yang Tua di hormati dan yang muda di segani, yang kecil di sayangi, kerja tulus, kerja ikhlas, kerja tuntas dan amanah.

"Muhammad Nizar orang baik, mari kita jaga bersama. M Nizar ini berakhlakul karimah hormat dan santun terhadap orang tua dan ibadahnya kuat," ketus Abdul Gani.

Muhammad Nizar [Incumbent] juga disebut-sebut sebagai calon potensial untuk maju menjadi Calon Bupati Kabupaten Lingga dalam Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada di Kabupaten Lingga November 2024 mendatang untuk dua priodenya.

Seperti disebutkan Abdul Gani, M Nizar dikenal sebagai sosok yang ramah dan penuh kepedulian bahkan mempunyai jiwa sosial yang lebih tinggi.

"Ia memiliki pengalaman dan kemampuan komunikasi yang baik, yang dianggap penting dalam membangun Lingga ke depannya," kata dia.

Sehingga tidak diragukan lagi dalam menguasai turun naiknya ekonomi di Lingga khususnya. 

Jadi Abdul Gani kembali berpesan, masyarakat Lingga untuk bersama-sama jaga kedamaian, kekompakan.

"Anak kita ini Muhammad Nizar sebagai bupati Lingga sekarang ini dan insha allah Bupati Lingga priode berikutnya," kata Abdul Gani.

"Saya sudah tua dan saya tidak punya kepentingan dalam hal perpolitikan di negeri ini, tapi saya lebih sayang dengan negeri ini jika di pimpin oleh pemimpin yang benar," sambungnya.

Bupati Lingga Muhammad Nizar saat menerima kunjungan Staf Ahli Kementerian PPN

"Semoga Nizar selaku Bupati Lingga mengedepan hak hak masyarakat daripada hak hak pribadi kelompok dan golongan, pesan Abdul Gani menambahkan, semoga pak Nizar beserta keluarga selalu dalam lindungan Allah SWT, Amin," doa Abdul Gani.

M. Nizar, S.Sos. [lahir 3 Februari 1982] adalah Bupati Lingga periode 2021–2024. Sebelumnya ia menjabat Wakil Bupati Lingga periode 2016–2021.

Nizar pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Kabupaten Lingga periode 2014–2015.

Riwayat Pendidikan

  • SD N 025 Kelombok (1989–1994)
  • SLTPN I Lingga (1994–1997)
  • SMU 1 Lingga (1997–2000)
  • S1 USU Medan (2000–2004)

Riwayat Jabatan

  • Fasilitator LSM Coremaf Benaung Kab.Lingga (2005–2007)
  • Anggota Yayasan AIDS Kota Tanjungpinang (2007–2008)
  • Anggota DPRD Kab.Lingga (2009–2013)
  • Ketua DPRD Kab.Lingga (2014–2015)
  • Wakil Bupati Lingga (2016–2020)
  • Plt. Bupati Lingga (2020–2021)
  • Bupati Lingga (2021–)

Riwayat Organisasi

  • Anggota PMII Prov.Riau
  • Anggota HMI-MPO Prov.Riau
  • Anggota HNSI Kab.Lingga
  • Ketua KM AMPG Prov.Kepri
  • Anggota Partai Golkar Prov.Kepri
  • Wakil Ketua PKB Kab.Lingga
  • Ketua DPD Partai NasDem Kab.Lingga (2013–)

Dukungan untuk Muhammad Nizar dalam kepemimpinannya sebagai Bupati Kabupaten Lingga untuk dua priode terus mengalir.

Seperti disebutkan Ketua Kesatuan Organisasi Serbaguna Gotong Royong [Kosgoro] 1957 Kabupaten Lingga, Arman Arsyad yang mendukung penuh Muhammad Nizar di Pilkada 2024.

Namun Arman menitip pesan kepada Muhammad Nizar agar bisa maju berdampingan dengan Saparudin Mantan Ketua KNPI Kabupaten Lingga.

Menurutnya, itu dipandang mumpuni dan punya pengalaman cukup untuk mendampingi Bupati Lingga saat ini.

"Muhammad Nizar perlu kembali diberikan kepercayaan untuk memimpin dan melanjutkan pembangunan di Kabupaten Lingga. Pria kelahiran Kelombok tersebut dinilai telah berjuang keras menekan disparitas pembangunan di daerah," kata Arman pula.

“Ya, Muhammad Nizar masih sangat pantas melanjutkan pembangunan di Kabupaten Lingga dan saya berharap sapar mengambil kesempatan itu untuk ikut maju mendampingi orang nomor satu di Kabupaten Lingga,” sambungnya.

Arman menambahkan, berbekal pengalaman di beberapa organisasi, Sapar dinilai ideal jika disandingkan dengan Muhammad Nizar.

“Saya rasa Muhammad Nizar - Saparudin merupakan kolaborasi yang ideal jika disandingkan. Saya optimis Lingga akan semakin bergerak kearah yang lebih baik jika mereka di pasangkan,” katanya.

Manurutnya, Nizar itu orang baik, dan diakui Kabupaten Lingga masih belum sampai di titik ideal.

Kendati demikian Nizar telah meletakkan pondasi pembangunan untuk kemajuan Lingga.

“Kita bisa lihat akses ke desa-desa sudah semakin membaik, walau masih ada beberapa pekerjaan rumah [PR] yang harus dikerjakan. Dan PR itu bukan hanya menjadi tugas Nizar semata, melainkan tugas bersama mewujudkan Lingga yang lebih baik,” imbuhnya.

"Kita dari Kosgoro Lingga siap mendukung Muhammad Nizar-Saparudin sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lingga kedepan," sebutnya.

Beberapa pihak telah mengajukan permintaan kepada Muhammad Nizar untuk tetap maju sebagai bupati Lingga, memungkinkannya untuk memperpanjang masa jabatan hingga dua periode.

Permintaan ini datang seiring dengan kesuksesannya dalam membawa Nasdem sebagai partai pemenang dalam pemilu legislatif 2024 dengan memenangkan 11 kursi.

Bupati Lingga Muhammad Nizar

Dorongan untuk menjadikan Nizar bupati Lingga selama dua periode didukung oleh warga dan simpatisan Partai Nasdem di Desa Merawang, Budus, Kabupaten Lingga.

Melalui akun TikTok milik @latestoflingga pada Minggu 5 Mei 2024, berbagai ungkapan dukungan dari warga diungkapkan melalui video slide foto.

Beberapa pihak telah mengajukan permintaan kepada Muhammad Nizar untuk tetap maju sebagai bupati Lingga, memungkinkannya untuk memperpanjang masa jabatan hingga dua periode.

Permintaan ini datang seiring dengan kesuksesannya dalam membawa Nasdem sebagai partai pemenang dalam pemilu legislatif 2024 dengan memenangkan 11 kursi.

Dalam unggahannya, dituliskan warga ‘siap menangkan Muhammad Nizar 2 periode sebagai Bupati Lingga 2024-2029.

"Kami memang bukan saudara sedarah tapi bukan masalah buat kami karena kami dipersatukan tujuan yang sama", kata unggahan itu.

Jadi ini membuktikan bahwa, hal itu telah mencerminkan dukungan yang kuat dan kesatuan tujuan di antara pendukung Muhammad Nizar untuk masa depan Lingga lebih baik. (*)
 

Tags : Bupati Lingga Muhammad Nizar, Bangkitkan Ekonomi di Lingga, Muhammad Nizar Pantas Dipilih Kembali, Muhammad Nizar Punya Reputasi bangkitkan Ekonomi dan Pembangunan, Ekonomi di Lingga, Kepri,