Agama   2023/06/29 5:39 WIB

MUI Nilai Ada Hikmah Terjadinya Perbedaan Waktu Iduladha 1444 Hijriyah

MUI Nilai Ada Hikmah Terjadinya Perbedaan Waktu Iduladha 1444 Hijriyah

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Majelis Ulama Indonesia (MUI) nilai ada hikmah terjadinya perbedaan waktu Idul Adha 1444 Hijriyah Tahun 2023 ini.

"Perbedaan waktu pelaksanaan hari raya Iduladha 1444 Hijriah/2023 M di Indonesia."

"Iduladha ini sudah sepatutnya kita maknai sebagai bagian dari momentum kesyukuran kita terhadap bangsa dan negara kita yang saat ini tengah menyelenggarakan atau melaksanaakan iduladha di dua waktu yang berbeda, yaitu tanggal 28 dan 29," kata Sekretaris MUI, Amirsyah Tambunan, Rabu (28/6).

Dimana warga Muhammadiyah melaksanakannya hari ini Rabu 28 Juni 2023, sedangkan pemerintah dan warga NU melaksanakan hari raya Iduladha 1444 H pada hari Kamis 29 Juni 2023.

Menyikapi perbedaan waktu itu, MUI menyatakan ada hikmah dibalik perbedaan waktu pelaksanaan hari raya Iduladha 1444 H di tanah air.

"Dan ini untuk saling menghargai menghormati perbedaan. Kalau enggak ada perbedaan, tidak muncul pertanyaan, bagaimana menyikapi? Justru dengan dua perbedaan hari raya ini muncul lah satu penegasan untuk saling menghargai dan menghormati perbedaan," tuturnya.

Menurutnya, perbedaan waktu pelaksanaan salat Iduladha ini memberikan hikmah bagi seluruh umat muslim di Indonesia.

"Satu di antaranya karena tidak bersamaan iduladha-nya maka masyarakat bisa melihat, ini loh pilihan iduladha tanggal 28 ini iduladha tanggal 29," sebutnya.

"Kedua. Masing-masing jamaah mengambil hikmah dari sisi penyembelihan kurban," ucapnya.

Sementara itu, Amirsyah mengatakan, penyembelihan hewan kurban bisa dilakukan, baik di hari Rabu atau Kamis tersebut.

ia mengungkapkan, hikmah penyembelihan hewan kurban, yakni menyembelih sifat kebinatangan manusia.

"Apa sifat kebinatangan hewan yang harus kita sembelih dalam diri kita? Itu sifat tamak, rakus, mau menang sendiri, ego kan gitu, banyak lagi sifat kebintangan yang harus kita buang jauh-jauh dari diri kita sendiri, tujuannya untuk kita hidup bersama-sama, aman, damai, tertib," tukasnya.

Diketahui, warga Muhammadiyah di Kota Pekanbaru juga sudah melaksanakan salat Iduladha hari ini, diantaranya di Masjid di Pasar Pusat, Jalan Hos Cokroaminoto Pekanbaru. (*)

Tags : idul adha, perbedaan waktu pelaksanaan idul adha, hikmah terjadinya perbedaan waktu idul adha 1444 hijriyah,