News Daerah   2024/06/15 19:37 WIB

Musda Ikatan Keluarga Batak Riau akan Digelar di Siak, Kata Ketua Panitia Oloan Debarataraja Simamora 

Musda Ikatan Keluarga Batak Riau akan Digelar di Siak, Kata Ketua Panitia Oloan Debarataraja Simamora 
Ketua IKBR Kabupaten Siak Rajiun Situmorang bersama Ketua Panitia Musda 2024 Oloan Debataraja.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Musyawarah Daerah [Musda] pemilihan Ketua Ikatan Keluarga Batak Riau [IKBR] Kabupaten Siak akan di gelar.

"PD IKBR Kabupaten Siak akan berakhir Juli mendatang." 

"Pembentukan panitia Musda IKBR ini berlangsung di Kecamatan Siak, dihadiri oleh Ketua [Rajiun Situmorang] dan Sekretaris [Nikkon Hasugian] IKBR Kabupaten Siak periode 2020-2024, dan pengurus PC dari 7 Kecamatan, yaitu Sungai Apit, Saba Auh, Pusako, Siak, Mempura, dan Dayun," kata Ketua Panitia Oloan Debarataraja Simamora melalui rilisnya, Jumat (15/6).

Sebelumnya, Musda menindaklanjuti rapat konsolidasi organisasi pengurus pusat bersama pengurus daerah Ikatan Keluarga Batak Riau Kabupaten Siak yang dihadiri Ir. Mangasa Panjaitan, MSi selaku Sekjen PP IKBR dan DR. Martin Purba selaku Ketua Bidang Organisasi dan Keanggotaan yang berlansung Jumat 7 Juni 2024 di Kantor FPK Kabupaten Siak, Pengurus Daerah [PD] Ikatan Keluarga Batak Riau [IKBR] Kabupaten Siak periode 2020-2024, bersama Pimpinan Cabang [PC] Sabtu 15 Juni 2024 digelar rapat pembentukan panitia Musyawarah Daerah [MUSDA].

Tetapi Ketua IKBR Kabupaten Siak Rajiun Situmorang menyebutkan, ada 7 kecamatan lainnya tidak dapat hadir namun menyatakan sepakat dengan hasil rapat hari ini.

Rajiun mengatakan, dari hasil rapat, Oloan Debarataraja Simamora terpilih menjadi ketua panitia Musda 2024, dan akan menyusun panitia pelaksana lengkap.

Pelaksanaan Musda rencananya akan berlangsung di Hotel Grand Royal, Jalan Tengku Buang Asmara 13 Juli mendatang.

Direncanakan ada sebanyak 150 undangan yang akan hadir dalam acara tersebut, terdiri dari seluruh pengurus kabupaten dan kecamatan, Upika, tokoh masyarakat dan lembaga yang ada di Siak.

Ketua IKBR Siak menambahkan, organisasi ini merupakan rumah bagi seluruh masyarakat batak yang ada di Kabupaten Siak, kehadiran untuk membantu masyarakat diperantauan, sedikitnya ada 5 Sub-etnis didalamnya yaitu Batak Karo, Toba, Mandailing-Angkola, Pakpak-Dairi, dan Simalungun.

“Untuk menjadi anggota IKBR tidak harus punya kartu anggota, selagi dia batak ya otomatis termasuk dalam organisasi ini,” terangnya.

Namun Oloan Debarataraja Simamora menambahkan, jumlah masyarakat batak di Kabupaten Siak diperkirakan sekitar 32 persen dari jumlah penduduk, tersebar di 14 kecamatan.

'Kita langsung mempersiapkan seluruh keperluan Musda, termasuk menyebarkan undangan dan mempersiapkan caloncalon pengurus termasuk calon ketua nantinya," ucapnya.

“Calon pengurus baru sudah ada beberapa nama, sudah kami catat, tinggal kesepakatan saja saat Musda nanti,” terang Oloan. (rilis)

Tags : ikatan keluarga batak riau, musda, musyawarah daerah, ikbr, ikbr siak, musda ikber, pemilihan ketua ikbr siak, News Daerah,