Politik   2024/08/15 13:27 WIB

Nasdem dan PDIP Dukung Abdul Wahid-SF Hariyanto untuk Maju di Pilgub Riau

Nasdem dan PDIP Dukung Abdul Wahid-SF Hariyanto untuk Maju di Pilgub Riau
Abdul Wahid-SF Hariyanto

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Akhirnya Partai Nasional Demokrat [Nasdem] dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDIP] memberikan dukungan resmi pada Abdul Wahid-SF Hariyanto untuk maju di Pemilihan Gubernur Riau [Pilgubri] 2024.

"Nasdem dan PDIP dukung Abdul Wahid-SF Hariyanto."

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim kami serahkan SK ini kepada gubernur 1 dan gubernur 2 Riau," kata Wakil Ketua Bappilu Nasdem Dedi Harianto Lubis.

Partai Nasdem menyerahkan Surat Keputusan [SK] dukungan kepada pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau, Abdul Wahid-SF Hariyanto.

SK itu diserahkan langsung oleh Ketua DPP Partai Nasdem Willy Aditya kepada keduanya di Jakarta, Rabu 14 Agustus 2024.

Sementara itu Wakil Ketua Bappilu Nasdem Dedi Harianto Lubis mengutarakan track record atau latar belakang Abdul Wahid yang baik menjadi faktor pemberian dukungan itu.

"Kita butuh pemimpin muda yang mampu membawa perubahan yg lebih baik, dan selama ini track record Abdul Wahid cukup baik," sebutnya.

Sebelumnya PDIP juga resmi memberikan SK dukungan kepada Abdul Wahid-SF Hariyanto.

Maka ditambah dukungan dari Nasdem, pasangan ini sudah melampaui syarat minimal dukungan dan resmi berlayar di Pilgubri 2024.

Dengan penyerahan SK ini otomatis menyingkirkan dua kader Nasdem yang juga ingin maju di Pilgubri Riau yaitu Yopi Arianto dan Edy Natar Nasution.

Keduanya tak bisa lagi mencari kapal karena semua partai politik telah menentukan pilihan masing-masing.

Sementara sebelumnya SF Hariyanto juga telah menerima SK rekomendasi dari Ketum DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan [PDIP] Megawati.

PDIP mengumumkan nama-nama bakal calon kepala daerah dan wakil kepala daerah di 13 provinsi se-Indonesia, Rabu 14 Agustus 2024.

"Bahwa jumlah total pasangan calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah yang telah diputuskan oleh ibu Megawati Soekarnoputri dan diumumkan pada hari ini berasal dari 305 daerah, tingkat provinsi sebanyak 13 provinsi yakni provinsi Aceh calonnya adalah Muzakir Manaf, Sumatera Utara Letnan Jenderal Purnawirawan Edy Ramayedi, Riau Abdul Wahid dan SF Hariyanto," kata Sekretaris Jenderal [Sekjen] DPP PDIP Hasto Kristianto.

Diketahui, dari total 305 daerah, terdapat lima calon gubernur dan enam calon wakil gubernur yang berasal dari PDI Perjuangan. Kedua, dari 292 kabupaten/kota terdapat 141 calon kepala daerah dan 103 calon wakil kepala daerah dari PDI Perjuangan. (*)

Tags : cagubri-cawagubri 2024, Abdul Wahid-SF Hariyanto, Nasdem dan PDIP Dukung Abdul Wahid-SF Hariyanto, Pilgub Riau 2024,