Headline Agama   2022/04/17 22:31 WIB

Negara Terpanjang dan Terpendek dalam Hadapi Ramadhan, 'Puasa Terasa Lebih Berat di Inggris'

Negara Terpanjang dan Terpendek dalam Hadapi Ramadhan, 'Puasa Terasa Lebih Berat di Inggris'

AGAMA -  Setiap umat Islam diwajibkan berpuasa dengan tidak makan, minum, dan berbagai hal yang dapat membatalkan puasa mulai waktu Shubuh sampai dengan Maghrib.

Di Indonesia, waktu dari Shubuh sampai dengan Maghrib berdurasi sekitar 12-13 jam. Secara umum, Indonesia masuk dalam durasi rata-rata waktu berpuasa umat Islam di penjuru dunia.

Diambil dari nu.or.id, di antara negara yang memiliki durasi sama dengan Indonesia seperti Malaysia, Brazil, Afrika Selatan, Singapura, Argentina.

Namun ternyata durasi waktu berpuasa di berbagai penjuru dunia berbeda-beda tergantung posisi matahari. Ada sebagian negara yang memiliki durasi singkat dalam berpuasa seperti Chili dan Selandia baru yakni hanya 11 jam.

Namun sebaliknya ada umat Islam di negara tertentu yang harus menahan lapar dan haus selama 19-20 jam!. Contohnya adalah negara yang berada di daerah kutub utara seperti Islandia dan Norwegia yang memiliki durasi berpuasa lebih dari 18 jam dalam satu hari.

Apakah durasi waktu ini tetap setiap waktu Ramadhan tiba?. Berdasarkan pengamatan berbagai media di dunia, durasi waktu berpuasa di belahan bumi utara terus mengalami pengurangan tiap tahunnya. Sementara di bagian selatan terus mengalami penambahan, seperti yang dilansir dari bisnis.

Media Aljazeera melansir bahwa pengurangan ini akan terus berlangsung hingga mencapai titik balik matahari musim dingin pada 2032. Lima negara dengan durasi waktu berpuasa terlama adalah, Greenland: 19-20 jam, Islandia: 19-20 jam, Finlandia: 18-19 jam, Swedia : 17-18 jam, Inggris: 17-18 jam.

Sementara tercepat adalah Paraguay: 11-12 jam, Uruguay: 11-12 jam, Australia: 11-12 jam, Chili: 11-12 jam, dan Selandia Baru: 11-12 jam.

Umat Muslim Inggris berpuasa 18 jam

Sejumlah otorita umat Muslim Inggris bersama otorita medis dan pemerintah setempat mengeluarkan peringatan menjelang dimulainya ibadah Ramadhan. Tahun ini umat Muslim Inggris harus berpuasa selama 17-18 jam sepanjang Ramadhan.

Dewan Muslim Britania (MCB) mengatakan bulan Ramadhan tahun ini, akan lebih berat, sehingga layanan ambulans dan medis siap siaga untuk membantu mereka yang paling berisiko seperti orang tua dan mereka yang memiliki masalah kesehatan.

"Pada 2014, umat Islam akan berpuasa selama 18 jam dengan hanya lima jam yang tersedia untuk makan, minum, tidur dan menjalankan shalat. Ramadhan tahun ini di Inggris akan sangat berat," demikian pernyataan MCB.

"Jam puasa yang panjang membuat Anda lebih berisiko mengalami level gula darah rendah dan dehidrasi. Jika udara panas maka Anda bisa mengalami dehidrasi yang bisa membuat Anda sakit. Level gula darah yang tinggi akan muncul jika Anda terkena dehidrasi atau makan berlebihan saat sahur dan buka," demikian peringatan MCB.

Meski terbilang panjang, namun 19 jam bukanlah waktu berpuasa yang paling panjang. Di beberapa negara lain di belahan bumi utara, mereka bahkan harus berpuasa selama 21 jam. Di seluruh Inggris terdapat 2,7 juta umat Muslim dan 325.000 orang di antaranya menderita diabetes yang tentu saja akan menghambat ibadah mereka di bulan Ramadhan ini. Demikian data yang disampaikan harian The Guardian. (*)

Tags : Ramadhan, Ramadhan 1443 Hijriyah, Negara Terpanjang dan Terpendek dalam hadapi Puasa, Agamaa,