Bisnis   2024/09/27 10:2 WIB

OJK dan BEI Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu untuk Kenalkan Sumber Pembiayaan yang Potensial

OJK dan BEI Gelar Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu untuk Kenalkan Sumber Pembiayaan yang Potensial
Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2024 pada Kamis (26/9/2024).

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bursa Efek Indonesia (BEI) berkolaborasi menggelar Sosialisasi dan Edukasi Pasar Modal Terpadu (SEPMT) 2024.

"SEPMT untuk meningkatkan literasi pasar modal di Riau."

“Penawaran umum memberikan banyak keuntungan, dan OJK telah memastikan adanya regulasi yang memadai untuk memfasilitasi hal tersebut,” kata Kepala Departemen Pengawasan Pengelolaan Investasi dan Pasar Modal Regional OJKEdi, Broto Wuwarno, Kamis (26/9).

OJK dan BEI menggelar sosialisasi dan edukasi pasar modal terpadu ini menjadi bagian dari komitmen OJK untuk mendorong masyarakat agar lebih mengenal dan memanfaatkan pasar modal sebagai salah satu sumber pembiayaan yang potensial.

Edi Broto Wuwarno, menjelaskan pentingnya pemanfaatan pasar modal bagi masyarakat luas.

Menurutnya, OJK telah menerbitkan berbagai regulasi, termasuk POJK, yang memungkinkan masyarakat lebih mudah memanfaatkan pasar modal.

“Penawaran umum memberikan banyak keuntungan, dan OJK telah memastikan adanya regulasi yang memadai untuk memfasilitasi hal tersebut,” ungkap Edi.

Sementara itu, Kristian Manullang, Direktur Pengawasan Transaksi dan Kepatuhan Bursa Efek Indonesia (BEI), menyoroti bahwa pendanaan masih menjadi tantangan di tengah masyarakat.

Ia percaya bahwa pasar modal dapat menjadi solusi penting untuk mengatasi kendala ini.

Dalam rangka memperingati HUT ke-47 Pasar Modal Indonesia, Dharma Setiyadi sebagai Ketua Panitia juga menjelaskan bahwa literasi keuangan perlu terus ditingkatkan agar masyarakat bisa berpartisipasi aktif di pasar modal, yang pada akhirnya akan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah.

“Program SEPMT ini adalah hasil kerja sama OJK dengan SRO untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan, sekaligus melindungi masyarakat dari investasi bodong yang masih marak terjadi,” jelas Dharma.

Kegiatan ini juga melibatkan jurnalis lokal melalui acara Media Gathering dan Talkshow sebagai sarana untuk menyebarkan informasi secara lebih luas. (*)

Tags : Otoritas Jasa Keuangan, Bursa Efek Indonesia, OJK dan BEI Gelar Sosialisasi dan Edukasi, Pasar Modal Terpadu, OJK dan BEI Kenalkan Sumber Pembiayaan Potensial,