News Kota   2022/01/03 16:15 WIB

Organisasi Mahasiswa dan Masyarakat Kembali Unjuk Rasa Pertahankan SDN 01 Pekanbaru

Organisasi Mahasiswa dan Masyarakat Kembali Unjuk Rasa Pertahankan SDN 01 Pekanbaru
Organisasi Mahasiswa dan Masyarakat unjuk rasa pertahankan SDN 01 Pekanbaru, Seniin (3/1/2022).

PEKANBARU - Sejumlah organisasi mahasiswa dan masyarakat kembali melakukan aksi unjuk rasa untuk pertahankan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 01 Pekanbaru, Senin (3/1/2021).

Mereka kembali menuntut pemerintah kota untuk tidak mengalihfungsikan gedung SDN 01 Jalan Ahmad Yani Pekanbaru yang akan dijadikan area pasar.

Koordinator Lapangan Aksi, Muhammad Ikrom mengatakan aksi ini merupakan lanjutan aksi yang telah dilakukan pada Senin 27 Desember 2021 lalu.

"Tuntutan yang disampaikan pada aksi minggu lalu tidak ada tanggapan baik dari Pemerintah Kota Pekanbaru."

"Dinas pendidikan beralasan bahwa sekolah ini tidak nyaman untuk belajar, karena adanya bau dari pasar. Padahal sekolah ini jauh dari pasar, dan kita tidak ada merasakan bau sama sekali dari pasar itu," kata Muhammad Ikrom dalam orasinya diikuti Ikatan Pelajar Mahasiswa Pekanbaru (Ipemaru), Komite SDN 01 Pekanbaru, wali murid, dan Ormas setempat, Senin (3/1).

Ia menilai, alasan untuk pengalihfungsian sekolah tersebut tidak masuk akal. "Kalau tidak nyaman dan adanya bau dari pasar hanyalah alasan dari pemerintah. Sementara aroma pasar tersebut sama sekali tidak menggangu kenyamanan proses belajar mengajar siswa," katanya.

Ketua Komite SDN 01 Pekanbaru, Syafrial Alidin menambahkan, ada sekitar 500 siswa yang belajar di sekolah ini, dari kelas 1 sampai kelas 6. Ia berharap SD pertama di Pekanbaru ini tetap dipertahankan dan tidak dipindah atau dialihfungsikan.

Massa aksi di SDN 01 Pekanbaru ini akan berlanjut aksi ke DPRD Kota Pekanbaru, Jalan Sudirman. Mereka akan melakukan aksi damai di depan Gedung DPRD Pekanbaru. (*)

Editor: Syamsul Bachri
 

Tags : Organisasi Mahasiswa, Masyarakat Unjuk Rasa, News Kota, Pertahankan SDN 01 Pekanbaru,