Headline Pekanbaru   2022/06/14 11:5 WIB

Pada 16 Juni ASN dan THL Berbusana Melayu, 'untuk Memperingati HUT Pekanbaru Ke-238'

Pada 16 Juni ASN dan THL Berbusana Melayu, 'untuk Memperingati HUT Pekanbaru Ke-238'

PEKANBARU - Pada 16 Juni mendatang, Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Tenaga Harian Lepas (THL) wajib mengenakkan pakaian busana Melayu dan pihak swasta diminta untuk memasang umbul-umbul.

"ASN dan THL diminta untuk berbusanaMelayu seiring peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru Ke-238."

"Hal ini sesuai dengan isi Surat Edaran (SE) Pj Walikota, HUT Pekanbaru ke-238 tahun akan dilaksanakan," kata Sekretaris Panitia HUT Pekanbaru ke-238 Nopendrike Prakarsa pada media, Senin (13/6).

Pemko Pekanbaru mewajibkan mengenakan baju Melayu lengkap. Hal itu dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Pekanbaru yang ke-238.

Nopendrike mengatakan, aturan mengenakan baju Melayu lengkap tertuang dalam Surat Edaran Pj Walikota Pekanbaru Muflihun.

Ia menyebut, SE tersebut sudah diteruskan ke seluruh OPD yang ada di lingkungan Pemko Pekanbaru.

"Untuk ASN perempuan berpakaian Melayu, sedangkan yang laki-laki berpakaian Melayu lengkap dengan tanjak," sebutnya.

Seluruh perkantoran baik pemerintahan dan juga swasta diingatkan untuk memasang umbul-umbul guna memeriahkan HUT Pekanbaru.

"Kalau butuh materinya tinggal didownload karena sudah tersedia foto Sekda, Pj Walikota juga dan logo HUT Pekanbaru ke-238. Diskominfotiksan juga telah membuat tema ulang tahun. Pihak swasta dapat mengunduh tema agar dipasang di spanduk," katanya.

Untuk umbul-umbul HUT Pekanbaru juga akan dipasang hingga ke pelosok, agar kemeriahan HUT Pekanbaru ini dirasakan masyarakat.

Disampaikan Dike, sejumlah rangkaian kegiatan HUT Pekanbaru telah disusun Pemko. Sebagian kegiatan juga tengah berlangsung.

"Rangkaian kegiatan sudah dimulai sejak tanggal 5 Juni lalu dan akan berlangsung hingga 20 Juni," jelasnya.

Dalam HUT Pekanbaru ini juga ada berbagai macam lomba, di antaranya, lomba pustaka tingkat SMP digelar pada 14-31 Juni, lomba LPM pada 23-25 Juni, lomba penilaian e-Camat pada 1-10 Juni. Lomba Twibbon dan video pada 6-11 Juni, gotong royong massal dan serentak di Masjid Raya Senapelan pada 11 Juni.

Kemudian lomba kelurahan pada 13-17 Juni, Danau Buatan Run Trail pada 12 Juni, pertandingan voli, futsal, bulu tangkis, dan tenis meja antar Organisasi Perangkat Daerah (OPD) pada 11-19 Juni, re-Opening Car Free Day pada 12 Juni. Selanjutnya pameran di Pekanbaru Raya pada 15-19 Juni, final Bujang Dara Pekanbaru pada 18 Juni, Pekanbaru Donor Darah pada 19 Juni dan Pekanbaru Motorcycle City Tour 19 Juni.

Bus City Tour anak TK Sadar Lalu Lintas Usia Dini (SALUD) pada 20-21 Juni. Lomba memasak serba ikan pada 21 Juni. Bazar UMKM pada 22-26 Juni. Ziarah kubur ke makam Marhum Pekan pada 22 Juni. Bus Trans Metro Pekanbaru gratis pada 22-24 Juni.

Upacara Hari Jadi Pekanbaru di Kompleks Perkantoran Tenayan Raya pada 23 Juni. Paripurna HUT Pekanbaru di Gedung DPRD pada 23 Juni.

"Untuk acara puncak hiburan rakyat akan digelar di Ruang Terbuka Hijau Tunjuk Ajar, tepatnya di depan rumah dinas wali kota pada tanggal 24 Juni," ungkapnya.

Tak sampai di situ saja, akan ada Festival Sungai Jantan pada 24-25 Juni, turnamen Pencak Silat pada 27-30 Juni, festival Permainan Rakyat pada 29 Juni, pengobatan gratis dan pembuatan KTP-el bagi penyandang disabilitas sepanjang bulan Juni.

"Selanjutnya ada juga Festival Coffee Pekanbaru, Parade Drumband, dan Pekanbaru Fun Bike City Tour (Gowes) pada 3 Juli," katanya.

Laporan: Jonnuar
Editor: Elfi Yandera
 

Tags : HUT Kota Pekanbaru, ASN dan THL Berbusana Melayu, HUT Pekanbaru ke-238,