Artikel   2023/07/07 12:23 WIB

Pakar Nilai Kriteria Mencari Kandidat Pekerja Tidak Lagi Dilihat Latar Belakang Pendidikan dan Keterampilan Teknis yang Spesifik

Pakar Nilai Kriteria Mencari Kandidat Pekerja Tidak Lagi Dilihat Latar Belakang Pendidikan dan Keterampilan Teknis yang Spesifik

SECARA tradisional, kandidat yang 'ideal' memiliki latar belakang pendidikan yang kuat dan keterampilan teknis yang spesifik. Namun pascapandemi, perekrut tampak semakin fleksibel dalam menilai persyaratan ketat ini, menurut sejumlah pakar.

Seiring dengan bagaimana pandemi telah mengubah banyak aspek dalam bekerja serta keterampilan di tempat kerja yang dihargai, cara perusahaan merekrut karyawan baru juga turut berkembang.

Sebelumnya, kandidat yang memiliki pengalaman bekerja di perusahaan terkenal dan memiliki bukti ‘hard skills’ atau keterampilan khusus yang relevan – kemampuan teknis yang nyata, akan menonjol sebagai kandidat yang dinilai cocok untuk suatu peran.

Namun, sekarang, para ahli mengatakan banyak perusahaan mengabaikan definisi lama tentang kandidat ideal, dan memperluas pencarian untuk mengikutsertakan kandidat non-tradisional dan keahlian yang berbeda.

Dan dalam beberapa kasus, mereka tampaknya membuang ide untuk mencari kandidat yang sempurna.

Meskipun keterampilan khusus secara tradisional mendominasi, beberapa perusahaan beralih dari memilih calon karyawan berdasarkan kemampuan teknis saja.

Itu tidak berarti bahwa pengetahuan praktis tidak lagi diperlukan – beberapa pekerjaan masih membutuhkan keahlian yang sangat spesifik, seperti pengetahuan lanjutan tentang spreadsheet, atau pemahaman akan perangkat lunak pengeditan video, misalnya.

Tapi sekarang, kata para ahli, beberapa deskripsi pekerjaan sering mengedepankan kriteria yang kurang nyata, meminta kandidat untuk menunjukkan soft skill, atau ketrampilan lunak, seperti kepemimpinan atau kerja tim.

Langkah untuk memprioritaskan keterampilan lunak “merupakan respons alami selama tiga tahun pandemi” kata Ed Han, perekrut senior di Cenlar FSB untuk peran teknologi informasi di sektor keuangan, yang berbasis di New Jersey, AS.

Bagi banyak perusahaan, turbulensi saat lockdown, beradaptasi dengan norma kerja baru, dan mengatasi ekonomi yang terganggu menunjukkan nilai mempertahankan karyawan dengan keterampilan yang memungkinkan mereka berkolaborasi dengan anggota tim, apa pun situasinya.

Untuk calon karyawan yang akan bekerja dengan atau mengelola karyawan jarak jauh atau hybrid, komunikasi menjadi prioritas utama, kata Jan Tegze, perekrut dalam bidang teknologi yang berbasis di Republik Ceko, dan penulis Job Search Guide: Be Your Own Career Coach.

Dia mengatakan kualitas seperti empati, daya tanggap, rasa hormat , dan keterampilan mendengarkan yang baik sangat penting.

Kandidat yang ideal juga memiliki kemampuan beradaptasi, tambah Tegze – kualitas yang bahkan ditunjukkan oleh penelitian McKinsey and Company membantu perusahaan mempertahankan karyawan lebih lama selama periode pergolakan.

Pandemi juga mengubah realitas kumpulan kandidat perekrutan, karena banyak pekerja telah mengalami berkurangnya kesempatan untuk pengembangan profesional.

Dengan cara ini, tidak menekankan keterampilan keras pada iklan pekerjaan “membuka pilihan bagi para pencari kerja yang mungkin tidak, misalnya, memiliki kesempatan untuk menghadiri atau menyelesaikan gelar empat tahun”, tambah Han.

Beberapa iklan pekerjaan bahkan menunjukkan bahwa persyaratan daftar pekerjaan itu sendiri adalah formalitas, dengan menambahkan catatan yang mendorong kandidat yang tidak memenuhi semua kriteria yang tertera untuk tetap melamar.

Hal ini dapat memberikan kesempatan bagi kandidat yang merasa tidak sempurna secara tradisional untuk mencalonkan diri.

Namun, di tengah perkembangan ini, Tegze menyarankan para kandidat untuk berhati-hati bahwa ini tidak membuka peluang seluas mungkin.

Dia percaya strategi ini juga bekerja untuk keuntungan perusahaan di pasar tenaga kerja yang ketat, karena catatan seperti itu menarik perhatian dan mendorong lamaran.

Dengan cara ini, katanya, "perusahaan bisa mendapatkan banyak pencari kerja ke dalam database mereka sementara, pada kenyataannya, mereka masih bisa mencari satu tipe orang tertentu dengan keahlian khusus".

Han mengatakan bahwa ketika banyak daftar pekerjaan saat ini mendorong pelamar dari latar belakang yang berbeda untuk melamar dan tidak menekankan keterampilan keras, banyak juga yang masih menghargai kemampuan teknis yang sangat spesifik.

Pada akhirnya, akan tetap ada kandidat yang lebih ideal dari yang lain. Dan Tegze mencatat bahwa banyak dari 'daftar periksa' baru ini akan mencakup keterampilan lunak dan keterampilan keras, karena banyak perusahaan tidak siap untuk melatih karyawan baru untuk mengembangkan ketrampilan teknis.

Namun pada akhirnya, lanjutnya, definisi kandidat 'ideal' memang lebih luas dari sebelumnya.

“Saya benar-benar tidak peduli dengan sekolah kandidat atau perusahaan sebelumnya. Saya peduli jika mereka memiliki keterampilan yang tepat yang dibutuhkan perusahaan, dan mentalitas yang tepat, yang berarti cocok dengan budaya perusahaan.”

Han juga menyambut pendekatan yang lebih seimbang, karena mendorong keragaman di tempat kerja dan, katanya, "mengarah ke tim yang berfungsi lebih tinggi".

“Jadi,” kata Han, “Saya merayakan evolusi ini”. (*)

Tags : kriteria mencari kandidat pekerja, mencari pekerja tidak dilihat latar belakang pendidikan dan keterampilan teknis spesifik, pekerjaan, tenaga kerja,