Pekanbaru   2022/09/25 15:3 WIB

Pameran dan Kontes Tanaman Bonsai Digandrungi Warga, 'Juga Dicintai Hingga Luar Kota'

Pameran dan Kontes Tanaman Bonsai Digandrungi Warga, 'Juga Dicintai Hingga Luar Kota'

PEKANBARU - Ratusan bonsai cantik dan unik ikut kontes di Pekanbaru. Pameran dan kontes tanaman bonsai terus dikunjungi warga.

"Pameran dan kontes tanaman bonsai digandrungi warga dan di cintai hingga luar kota."

“Bonsainya meski dari tanaman yang sama bisa berbeda-beda bentuknya. Ada yang unik dan hanya yang punya kreatifitas tinggi dan penyabar sepertinya yang bisa membuat tanaman bonsai jadi indah,” kata Asrul Ramadhan Kurniawan, seorang Panitia Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) Cabang Pekanbaru, Sabtu (24/9).

Terutama bagi memang pecinta tanaman hias, baik dari Pekanbaru hingga luar kota.

Kontes nasional ini diselenggarakan PPBI Cabang Pekanbaru sebanyak 551 koleksi tanaman bonsai ditampilkan di Lapangan UPT Pelatihan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Tanaman Pangan & Holtikultura (PTPH) Provinsi Riau sejak 19 September lalu.

Para pengunjung pameran terlihat tertarik dengan tanaman bonsai. Selain indah, juga unik sebab bentuknya berbeda dari tanaman bonsai yang lain.

Pameran dan kontes bonsai berskala nasional ini mendapat antusias yang tinggi ini terlihat para peserta yang ikut kontes juga berasa dari luar daerah seperti Sumatera Barat, Jakarta, Palembang, dan sebagainya.

Jenis tanaman bonsai yang dikonteskan yakni tanaman bonsai anting putri, asam jawa, dan jenis arabika. Juga ada pula beringin elegan, beringin cimol bougenville dan lainnya.

"Bonsai Anting Putri termasuk menjadi yang primadona, karena tanamannya berasal dari Riau dan banyak dijumpai di Pekanbaru dan Inhu (Indragiri Hulu). Untuk penawaran harga bonsai yang dipameran ini bervariasi mulai puluhan juta hingga ratusan juta rupiah," sebut Asrul Ramadhan Kurniawan. (rp.sul/*)

Tags : Tanaman Bonsai, Pameran dan Kontes Tanaman Bonsai, Pekanbaru, Kontes Tanaman Bonsai Digandrungi Warga,