News Kota   2023/09/25 16:31 WIB

Banyak Papan Indeks Standar Pencemaran Udara di Pekanbaru Tak Berfungsi

Banyak Papan Indeks Standar Pencemaran Udara di Pekanbaru Tak Berfungsi

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) yang ada di Kota Pekanbaru tak berfungsi jadi tidak bisa memantau langsung kualitas udara di Kota Pekanbaru.

"Papan Indeks Standar Pencemaran Udara (ISPU) di Jalan Sudirman Pekanbaru tak berfungsi."

"Alat pemantau ini memang kita butuhkan. Tapi kan itu sudah sangat tua dan banyak yang gak operasional," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pekanbaru Indra Pomi Nasution, Jumat (22/9).

Tetapi ada tiga Papan ISPU di Pekanbaru yang kini tak berfungsi, yakni di Jalan HR Soebrantas, Jenderal Sudirman dan Simpang Tuanku Tambusai - Soekarno-Hatta tepatnya samping pos polisi.

Papan ISPU di Jalan Sudirman depan Komplek Mal Pelayanan Publik Pekanbaru tampak sudah tidak aktif alias tidak berfungsi lagi. Papan ISPU tersebut tampak sudah berdebu tebal dan buram.

Sementara keberadaan dan berfungsinya papan ISPU tersebut sangat dibutuhkan masyarakat. Apalagi saat ini Kota Pekanbaru sering diselimuti kabur tebal, namun tidak tahu apakah itu kabut asap atau kabut embun.

Menangapi ini Indra Pomi Nasution mengatakan, bahwa memang banyak papan ISPU di Kota Pekanbaru yang tidak berfungsi selama bertahun-tahun lamanya.

Dikatakannya, di Pekanbaru terdapat sejumlah alat pendeteksi kualitas udara seperti di Jalan Jenderal Sudirman depan Mal Pelayanan Publik (MPP),di perempatan lampu merah Jalan Tuanku Tambusai-Soekarno Hatta, serta di Jalan HR Soebrantas.

Ketiga ISPU tersebut kerap tidak berfungsi sehingga kualitas udara tidak dapat terpantau dan diinformasikan kepada masyarakat.

Selain itu, Ia juga menyebut bahwa hampir semua  papan ISPU yang berada di Kota Pekanbaru sudah berusia tua sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

Ia mengatakan pihaknya telah menyampaikan kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) untuk melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat agar bisa memiliki alat tersebut yang keluaran terbaru.

"Kami sudah sampaikan ke LHK supaya koordinasi dengan pemerintah pusat agar kita juga punya kembali yang keluaran terbaru. Supaya bisa terbaca dengan baik kualitas udara kita itu," katanya.

Ia berharap, dengan adanya ISPU terbaru, kedepan kualitas udara di Kota Pekanbaru ini bisa terdeteksi dengan baik. (rp.sul/*)

Editor: Elfi Yandera

Tags : indeks standar pencemaran udara, papan ISPU tak berfungsi, pekanbaru, banyak papan ISPU tak berfungsi, News Kota,