Kesehatan   2024/01/27 23:13 WIB

Para Pemimpin Industri Kesehatan Bahas Penyakit X di Forum Ekonomi Dunia Swiss

Para Pemimpin Industri Kesehatan Bahas Penyakit X di Forum Ekonomi Dunia Swiss
Vaksin Covid-19 pertama diberikan pada Desember 2020, hampir satu tahun setelah pandemi Covid-19 bermula.

KESEHATAN - Para pemimpin industri kesehatan di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, telah membahas pentingnya perencanaan menghadapi apa yang mereka sebut sebagai “Penyakit X”, yang mereka gambarkan sebagai wabah pandemi global berikutnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sebelumnya memperingatkan bahwa persiapan tersebut sangat penting untuk mengantisipasi kerugian yang terjadi selama pandemic Covid-19 – seperti sistem kesehatan yang kewalahan dan kerugian ekonomi yang besar.

Apa itu Penyakit X?
Ini bukanlah penyakit yang sebenarnya.

Ini adalah istilah hipotetis yang diadopsi oleh WHO untuk merujuk pada beberapa penyakit menular misterius yang terjadi saat ini dan berpotensi menyebabkan epidemi – jika menyebar ke beberapa negara atau benua – menjadi pandemi.

Istilah “Penyakit X” sendiri sudah ada sebelum adanya pandemi Covid-19. Penyakit ini masuk dalam daftar penyakit prioritas yang dikeluarkan WHO pada Februari 2018.

WHO merilis Cetak Biru Penelitian dan Pengembangan, strategi global yang dirancang oleh koalisi para ahli, mencakup rencana kesiapsiagaan yang memungkinkan aktivasi cepat kegiatan penelitian dan pengembangan selama epidemi.

Tujuannya adalah untuk mempercepat ketersediaan tes, vaksin, dan obat-obatan yang efektif yang dapat digunakan untuk menyelamatkan nyawa dan menghindari krisis skala besar.

Kita telah melihat sejumlah wabah penyakit global dalam beberapa tahun terakhir: sindrom pernapasan akut (SARS), flu babi, sindrom pernapasan Timur Tengah (MERS), Ebola dan Covid-19.

Pakar kesehatan khawatir pandemi besar berikutnya akan segera terjadi dan bisa menjadi lebih serius dibandingkan pandemi virus corona yang menyebabkan pandemic Covid-19.

Akankah Penyakit X menyebabkan pandemi?

Meskipun Penyakit X belum diketahui keberadaannya saat ini, para peneliti, ilmuwan, dan pakar berharap dapat secara proaktif membuat rencana tindakan untuk memerangi virus tersebut dan mempersiapkan sistem kesehatan mereka jika menghadapi pandemi.

Pada Forum Ekonomi Dunia pekan lalu, sesi panel bertajuk "Mempersiapkan Penyakit X", dipimpin oleh Ketua WHO Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, membicarakan tentang "upaya baru yang diperlukan untuk mempersiapkan sistem layanan kesehatan menghadapi berbagai tantangan di masa depan" jika pandemi yang jauh lebih mematikan terjadi.

“Tentu saja ada sebagian orang yang mengatakan hal ini dapat menimbulkan kepanikan,” katanya.

“Lebih baik mengantisipasi sesuatu yang mungkin terjadi karena sudah sering terjadi dalam sejarah kita, dan bersiap menghadapinya.”

Pandemi Covid-19 mengejutkan sebagian besar dunia, seperti yang ditulis BBC Future pada tahun 2021: "Tetapi selama bertahun-tahun, ahli epidemiologi dan pakar lainnya telah memperingatkan bahwa kita sedang mempersiapkan diri untuk menghadapi pandemi global."

Kebanyakan dari para ahli khawatir tentang asal muasal pandemi yang berasal dari hewan.

Faktanya, 75% penyakit yang baru muncul dikatakan bersifat zoonosis – sebuah istilah yang menggambarkan penyakit yang dapat menyebar dari hewan ke manusia.

Covid-19 – yang diperkirakan berasal dari trenggiling yang dijual di pasar basah di Tiongkok – juga demikian. Namun seperti halnya Covid-19, penyakit zoonosis dianggap menjadi lebih berisiko karena ulah manusia.

Dampak manusia terhadap iklim, perambahan terhadap habitat satwa liar, dan perjalanan global telah membantu peredaran penyakit yang ditularkan melalui hewan.

Dikombinasikan dengan urbanisasi, kelebihan populasi dan perdagangan global, hal-hal tersebut telah menciptakan skenario ideal untuk terjadinya lebih banyak pandemi di masa depan, menurut beberapa ahli.

Bagaimana dunia bersiap menghadapi pandemi berikutnya?
Dr Tedros mengatakan pada sesi panel Forum Ekonomi Dunia bahwa WHO telah mulai menerapkan langkah-langkah untuk bersiap menghadapi wabah lainnya.

Hal ini mencakup dana pandemi dan “pusat transfer teknologi” di Afrika Selatan yang memungkinkan produksi vaksin secara lokal dan akan membantu mengatasi masalah kesenjangan vaksin di negara-negara berpenghasilan tinggi dan rendah.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Eropa dalam laporan tahun 2022 merekomendasikan untuk memperkuat sistem yang sudah ada dibandingkan mengembangkan sistem baru untuk menghadapi pandemi.

Hal ini juga mendorong pengujian sistem baru sebelum terjadinya pandemi baru.

Pada bulan Juni 2022, WHO menerbitkan 10 proposal untuk memperkuat pengumpulan, analisis, dan interpretasi data terkait kesehatan yang berkelanjutan dan sistematis.

“Sistem pengawasan penyakit yang efektif sangat penting untuk mendeteksi wabah penyakit dengan cepat sebelum menyebar, memakan korban jiwa dan menjadi sulit dikendalikan,” tulis proposal tersebut.

WHO juga mengakui bahwa wabah tidak selalu berasal dari sumber yang teridentifikasi, namun “dapat disebabkan oleh patogen yang saat ini tidak diketahui menyebabkan penyakit pada manusia”.

Dan kebanyakan orang mengantisipasi kemajuan lebih lanjut dalam teknologi vaksin.

Berbagai vaksin Covid-19 tersedia di seluruh dunia dalam waktu satu tahun sejak wabah terjadi – sebuah momen penting dalam pengembangan vaksin karena kecepatan pembuatannya.

Di masa depan, para ilmuwan harus dapat dengan cepat menyesuaikan “resep vaksin” yang ada untuk membuat resep baru guna membantu melindungi manusia.

Tags : Penyakit X, Pemimpin Industri Kesehatan, Bahas Penyakit X, Forum Ekonomi Dunia Swiss,