Headline Riau   2022/04/18 22:25 WIB

Partisipasi Vaksinasi Lansia Belum Capai Target, 'Tapi 66 Kelurahan Sudah Zona Hijau'

Partisipasi Vaksinasi Lansia Belum Capai Target, 'Tapi 66 Kelurahan Sudah Zona Hijau'

Walau saat ini ada 66 Kelurahan di Pekanbaru sudah masuk pada zona hijau, tetapi partisipasi vaksinasi lanjut usia (Lansia) belum mencapai target.

PEKANBARU - Partisipasi Vaksinasi Lanjut Usia (Lansia) untuk di Kota Pekanbaru belum mencapai target, tetapi saat ini ada 66 Kelurahan sudah berstatus zona hijau.

Penyebaran Covid-19 di Kota Pekanbaru sudah minim. Data dari Dinas Kesehatan (Dinkes), saat ini hanya 3 pasien yang isolasi mandiri, sedangkan pasien dirawat di rumah sakit sudah nihil.

"Kondisi saat ini kelurahan dan kecamatan sudah masuk ke zona hijau."

"Dari 83 kelurahan, 66 sudah zona hijau dan sisanya zona kuning. Zona merah dan orange tidak ada," kata Kepala Diskes Kota Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih, dirilis Media Center Riau, Senin (18/4/2022).

Sebanyak 66 kelurahan sudah berstatus zona hijau atau nihil kasus penularan Covid-19. Sementara 17 kelurahan yang tersisa berstatus zona kuning dengan kategori penularan rendah.

Kota Pekanbaru secara umum berstatus zona kuning. Sementara di tingkat kecamatan, terdapat empat kecamatan yang sudah zona hijau dan 11 kecamatan lainnya zona kuning. "Kecamatan zona hijau adalah Kulim, Rumbai Barat, Rumbai Timur dan Sail," kata dia.

Tetapi meskipun kasus penularan Covid-19 melandai, namun vaksinasi tetap berjalan. Untuk itu, warga yang belum vaksin diharapkan untuk segera mendapatkan vaksinasi. 

Partisipasi vaksinasi lansia rendah

Sementara Vaksinasi warga lanjut usia (lansia) di Kota Pekanbaru belum capai target 70 persen.

"Hingga kini capaian vaksinasi lansia masih berkisar 67 persen," kata dr Zaini Rizaldi lagi.

Menurutnya, masih rendahnya vaksinasi lansia pihaknya marasa kesulitan mencapai target vaksinasi lansia hingga 70 persen. Pihaknya juga telah melakukan berbagai upaya untuk mempercepat vaksinasi lansia tersebut. Akan tetapi partisipasi lansia untuk divaksin masih rendah.

"Kami sudah menggelar vaksinasi massal untuk lansia, ada juga petugas yang datang langsung ke rumah lansia. Bahkan bagi yang ikut juga diberi hadiah, tapi tetap partispasi lansia untuk divaksin masih rendah," sebutnya.

Sedangkan realisasi vaksinasi lansia baru 67 persen atau sebanyak 35.340 orang dari target 52.579 sasaran penerima vaksinasi. Sementara untuk yang sudah mendapatkan dosis dua atau lengkap sebanyak 31.006 orang. "Selain vaksinasi anak, vaksinasi lansia juga menjadi perioritas bagi dinas kesehatan untuk segera dituntaskan," katanya. (*)

Tags : Vaksinasi Lanjut Usia, Vaksinasi Lansia Belum Capai Target, Pekanbaru,