Galeri   2024/08/28 10:10 WIB

Pasangan Syamsuar-Mawardi yang Pertama Datang Mendaftar ke KPU, 'Dikawal Masa Pendukung Melebihi Batas Undangan'

Pasangan Syamsuar-Mawardi yang Pertama Datang Mendaftar ke KPU, 'Dikawal Masa Pendukung Melebihi Batas Undangan'

PASANGAN bakal calon gubernur dan wakil gubernur Riau, Syamsuar-Mawardi [SUWAI] datang mendaftar di kantor Komisi Pemilihan Umum [KPU] Riau, Selasa 27 Agustus 2024.

Pendaftaran bakal calon gubernur dan wakil gubernur SUWAI pada hari pertama pendaftaran ini dengan rombongan ke KPU Riau.

Keduanya tiba di kantor KPU pada pukul 13.30 WIB, diiringi sorak-sorai dari para pendukung yang berasal dari berbagai kalangan, termasuk partai politik, organisasi masyarakat, mahasiswa, serta organisasi kepemudaan.

Tampak keduanya mengenakan pakaian putih dengan sentuhan songket.

Mereka [Syamsuar-Mawardi] diiringi oleh tabuhan musik tradisional, disambut dengan pertunjukan silat, serta kesenian barongsai dan reog ponorogo. Pertunjukan itu, menampilkan beberapa budaya Nusantara.

Proses pendaftaran berlangsung di tengah pengawalan ketat dan pengawasan oleh Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provinsi Riau yang turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Syamsuar dan Mawardi Saleh saat di dalam gedung KPU menyerahkan berkas persyaratan pencalonan.

Paslon Gubernur Riau dan Wakil Gubernur Riau Syamsuar-Mawardi [Suwai] merupakan pendaftar pertama dari tiga pasangan calon yang akan mengikuti Pemilihan Kepala Daerah [Pilkada] tingkat Provinsi Riau. Pasangan Suwai tiba di KPU pukul 14.00 WIB.

Terlihat para pendukung Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Suwai, mengiringi kedatangan pasangan tersebut ke Kantor Komisi Pemilihan Umum [KPU] Riau di Jalan Gajah Mada Pekanbaru pada hari Selasa (27/8/28).

Kedatangan Syamsuar ke KPU diramaikan oleh berbagai pertunjukan seni budaya, mulai dari penyambutan dengan tepak melayu Jawa hingga atraksi barongsai.

Syamsuar dan Mawardi diarak menggunakan reog Jawa, disambut dengan sorakan dan dukungan meriah dari para pendukung mereka.

"Suwai menang, Suwai Gubernur," seru para pendukung.

Dari ribuan pendukung yang hadir, terlihat berasal dari berbagai lapisan masyarakat, termasuk petinggi dari dua partai pengusung.

Di antaranya adalah Sekretaris DPD Golkar Riau, Indra Gunawan Eet, serta para Ketua DPD Golkar se-Riau.

Selain itu, Ketua DPW PKS Riau, Tarmizi Ahmad, anggota DPR RI sekaligus ketua tim pemenangan, Syahrul Aidi Maazat, dan Ayat Cahyadi juga turut hadir.

Setelah diarak oleh para pendukungnya, pasangan Suwai disambut oleh Ketua KPU Riau, Rusdi Rusdan, beserta komisioner lainnya.

Tetapi satu sisinya diluar ruangan, masa pendukung pasangan Syamsuar-Mawardi saling dorong dengan petugas.

Hari pertama pasangan Syamsuar-Mawardi mendaftar di KPU Riau, tetapi sempat diwarnai ricuh.

Kejadian ini terjadi lantaran pendukung Syamsuar-Mawardi ingin masuk ke dalam ruang pendaftaran yang sudah disiapkan oleh KPU.

Kericuhan sempat mewarnai pendaftaran Aksi saling dorong terjadi antara massa pendukung dengan petugas keamanan KPU Riau. Namun, petugas langsung menghadang massa lantaran adanya kebijakan pembatasan undangan.

Pihak keamanan KPU Riau menegaskan, undangan yang diizinkan masuk hanya bagi mereka yang telah mendapatkan kartu Identitas [ID Card] KPU.

Sementara, tidak semua massa pendukung punya ID Card tersebut. 

Langkah tegas pengamanan KPU Riau ini sempat ditolak oleh massa pendukung Syamsuar-Mawardi yang populer dengan akronim SUWAI tersebut.

Mereka tetap meminta agar diizinkan masuk, namun petugas keamanan tidak membolehkannya dengan pertimbangan kenyamanan acara.

Hingga akhirnya, pendukung SUWAI putar kanan menjauh dari pintu masuk kantor KPU Riau. 

Pembatasan yang sama ternyata juga berlaku untuk awak media yang ingin meliput jalannya prosesi pendaftaran.

Sebagian wartawan juga tidak bisa masuk ke dalam ruangan. 

Syamsuar-Mawardi merupakan pasangan pertama yang mendaftar di hari pertama jadwal pendaftaran Paslon Gubernur-Wakil Gubernur Riau 2024.

Ribuan pendukung dan simpatisan mengantar pasangan SUWAI mengawali langkah politiknya berlaga di Pilkada Riau 2024.

Sejumlah tokoh masyarakat tampak hadir, antara lain Wan Abubakar, Ahmad Syahrofi, dan Said Hasyim.

Kedatangan SUWAI disambut oleh Ketua KPU Riau, Rusidi Rusdan. 

Paslon SUWAI diusung oleh duo koalisi Partai Golkar dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS).

Kedua partai ini memiliki kekuatan 20 kursi di DPRD Provinsi Riau.

Golkar dan PKS masing-masing punya 10 kursi DPRD Riau hasil Pemilu 2024.

Sementara, Pilkada Riau tahun ini akan diikuti sebanyak 3 Paslon lain. Yakni duet Nasir-Wardan yang diusung oleh Demokrat, Gerindra, PAN dan PPP dengan kekuatan total 22 kursi di DPRD Riau. 

Pasangan lainnya yakni Abdul Wahid-SF Hariyanto yang didukung PDI Perjuangan, PKB dan NasDem dengan kepemilikan sebanyak 23 kursi di DPRD Riau. (*)

Tags : Pasangan Syamsuar-Mawardi, Syamsuar-Mawardi, SUWAI, KPU Riau SUWAI Mendaftar di KPU Riau,