Headline Riau   2020/12/27 12:59 WIB

Pasien Sembuh Meningkat, Karena 'OTG Isolasi Mandiri'

Pasien Sembuh Meningkat, Karena 'OTG Isolasi Mandiri'

Pihak Dinas Kesehatan menyebutkan persentase kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau sudah di atas 90 persen, angka kesembuhan karena banyaknya pasien positif berstatus orang tanpa gejala (OTG) jika melakukan isolasi mandiri selama 14 hari dinyatakan sembuh.

PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan [Diskes] Riau Mimi Yuliani Nazir mengatakan, angka penambahan pasien positif Covid-19 masih terus terjadi di Riau, namun saat bersamaan, angka penambahan pasien positif yang sembuh juga terus meningkat per hari Sabtu 26 Desember 2020 terdapat penambahan 94 pasien positif. Dengan demikian, total pasien positif di Riau saat ini sebanyak 24.367 orang.

“Namun di hari yang sama, juga terdapat penambahan 194 pasien yang sembuh sehingga total yang sudah sembuh sebanyak 22.214 orang. Dengan demikian, persentase kesembuhan pasien positif Covid-19 saat ini sudah di atas 90 persen,” katanya.

Dengan jumlah penambahan pasien positif yang tidak sebanyak pasien yang sembuh, maka hingga saat ini tren kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau terus meningkat dan masih berlanjut. Di mana dalam tiga hari terakhir, jumlah pasien sembuh lebih banyak dengan pasien positif. “Untuk tingkat kesembuhan pasien positif di Riau saat ini masih terus meningkat. Dari total pasien positif sebanyak 24.367. Yang masih dirawat di rumah sakit tinggal 489 dan isolasi mandiri sebanyak 1.097 orang,” sebutnya.

Mimi mengatakan tingginya angka kesembuhan di Riau tersebut karena banyaknya pasien positif yang berstatus orang tanpa gejala (OTG). Di mana untuk OTG ini, bisa melakukan isolasi mandiri yang jika sudah 14 hari maka dinyatakan sembuh. “Sedangkan pasien yang meninggal dunia total sebanyak 567 orang,” ujarnya.

Angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau terus mengalami peningkatan yang cukup siginifikan. Persentase angka kesembuhan pasien positif Covid-19 di Riau malah sudah mencapai 90,7 persen. Dengan tingkat kesembuhan pasien yang sudah mencapai 90,7 persen tersebut, pasien positif Covid-19 yang masih menjalani perawatan tinggal 7 persen. "Pasien yang masih menjalani perawatan tinggal 7 persen, terdiri dari isolasi mandiri sebanyak 1.200 orang atau 4,9 persen. Yang dirawat di rumah sakit 493 orang atau 2,1 persen," katanyaseperti dirilis mediacenter.

Jumlah kematian, provinsi Riau total berjumlah 559 orang. Untuk persentasenya yakni 2,3 persen. Sedangkan total pasien positif di Riau sebanyak 24.273 orang. "Dengan masih adanya pasien positif yang meninggal dunia tersebut, kami mengimbau kepada masyarakat untuk dapat terus menerapkan protokol kesehatan. Agar jumlah pasien positif Covid-19 tidak terus bertambah, dan angka kesembuhan bisa terus meningkat," imbaunya. 

Namun hingga Minggu 27 Desember 2020 ada 24.367 orang di Riau terpapar Covid-19, hal tersebut setelah terdapat sebanyak 94 kasus positif baru pada Sabtu kemarin. Kabar baiknya adalah tingkat kesembuhan pasien Corona di Riau juga tinggi. Pada Sabtu kemarin ada sebanyak 194 pasien yang sembuh dan dipulangkan. "Kabar dukanya terdapat penambahan 8 pasien yang dinyatakan meninggal dunia karena Covid-19," kata Mimi.

"Dengan begitu, total kasus terkonfirmasi Covid-19 di Riau menjadi 24.367 kasus. Dengan rincian isolasi mandiri 1.097 orang, dirawat di rumah sakit 489 orang, sembuh 22.214 orang dan 567 meninggal dunia," terangnya sambil mengajak masyarakat untuk tetap menjalankan protokol kesehatan utamanya yakni menggunakan masker, menjaga jarak, menghindari kerumunan dan mencuci tangan serta tetap waspada terhadap penularan virus Covid-19 ini. (*)

Editor: Surya Dharma Panjaitan

Tags : Covid-19 Riau, Pasien Sembuh Meningkat, Isolasi Mandiri,