Politik   2024/09/15 9:34 WIB

Paslon Edy Natar Nasution-Dastrayani Bibra Maju di Pilkada Pekanbaru 2024, 'yang Sudah Mengejutkan dan Mencuri Perhatian Banyak Orang'

Paslon Edy Natar Nasution-Dastrayani Bibra Maju di Pilkada Pekanbaru 2024, 'yang Sudah Mengejutkan dan Mencuri Perhatian Banyak Orang'
Paslon Edy Natar Nasution-Dastrayani Bibra Maju pada Pilkada Pekanbaru 2024.

PEKANBARU, RIAUPAGI.COM - Purnawirawan Tentara Nasional Indonesia [TNI] Edy Natar Nasution bersama pasangannya Dastrayani Bibra pasangan calon [Paslon] Edy maju pada Pilkada Pekanbaru 2024 kali ini.

"Paslon Edy Natar Nasution-Dastrayani Bibra sudah mengejutkan setiap orang."

"Awalnya paslon mereka berdua [Paslon Edy Natar Nasution-Dastrayani Bibra] tak ada yang menyangka kalau begini ceritanya. sungguh ini sangat  mengejutkan publik dengan mendaftar ke Komisi Pemilihan Umum [KPU], sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Pekanbaru dalam detik terakhir," kata DR [HC] H. Mansur, tokoh masyarakat di Kelurahan Sidomulio Timur, Pekanbaru ini, Minggu (15/9) tadi menyebutkan.

Menurutnya, majunya pasangan tersebut dengan diusung Partai Nasdem dan Partai Persatuan Pembangunan [PPP] menjadikannya kambing hitam dalam pemilihan kepala daerah [Pilkada] 2024 yang memiliki potensi untuk menang.

"Edy Natar Nasution, mantan Pj Gubri, sementara Dastrayani Bibra mantan Kepala Humas Pemko Pekanbaru, memang pasangan serasi." 

Edy dan Dastrayani didukung oleh Partai Nasdem yang memperoleh 64.044 suara dan lima kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah [DPRD] Kota Pekanbaru untuk periode 2024-2029.

Namun, PPP tidak berhasil lolos ke kursi parlemen dan menjadikannya partai nonparlemen yang mendukung Edy dan Dastrayani.

Purnawirawan Brigadir Jenderal TNI, Edy Afrizal Natar Nasution lahir pada 29 Mei 1961 di Riau.

Edy merupakan lulusan Akademi Militer Magelang pada 1984, melanjutkan studi S-1 di Universitas Terbuka dan lulus pada 1996.

Jabatan pertamanya di TNI Angkatan Darat adalah sebagai komandan Peleton Ban B Yonif 406 di Purbalingga, Jawa Tengah pada 1985.

Jabatan terakhirnya adalah sebagai komandan resor militer 031/Wirabima di Riau pada 2017.

Dua tahun setelah karier militernya, Edy terpilih sebagai wakil gubernur Riau mendampingi Syamsuar untuk periode 2019-2024.

Namun, Syamsuar memutuskan mundur pada pertengahan 2023, karena pencalonannya sebagai anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Hal tersebut membuat Edy menjadi pelaksana tugas selama 3 hingga 27 November 2023. Edy kemudian dilantik menjadi gubernur Riau untuk masa jabatan 27 November 2023 hingga 20 Februari 2024.

Dastrayani Bibra atau yang akrab disapa Bang Ide merupakan tokoh adat yang terkenal di Riau khususnya Kota Pekanbaru.

Bang Ide merupakan ketua Lembaga Adat Melayu Riau yang menjadikannya dianggap mengenal Pekanbaru dan mengerti apa yang diinginkan masyarakatnya.

Bang Ide juga menjabat sebagai asisten bidang pemerintahan sekretariat daerah Kota Pekanbaru.

Ia juga pernah menjabat sebagai staf ahli pemerintahan Kota Pekanbaru.

Pada 2017, Bang Ide pernah mencalonkan diri sebagai calon wali kota Pekanbaru didampingi Said Usman sebagai wakilnya dan didukung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan PPP. Namun, keduanya tidak berhasil terpilih. (*)

Tags : Pilkada, Pilkada 2024, Pilkada Serentak 2024, Pilkada Pekanbaru 2024, Pilwalkot Pekanbaru 2024, Edy Natar Nasution, Profil Edy Natar Nasution, Dastrayani Bibra, Profil Dastrayani Bibra,