Riau   2024/03/25 21:56 WIB

Payung Elektrik Diduga Rusak Lagi, DPRD Riau: Dinas PUPR Proaktif Cari Solusi

Payung Elektrik Diduga Rusak Lagi, DPRD Riau: Dinas PUPR Proaktif Cari Solusi

PEKANBARU - Payung elektrik raksasa di halaman Masjid Agung An-Nur Pekanbaru diduga kembali rusak hingga diminta Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat [PUPR] dapat mencari solusi.

"DPRD Riau minta Dinas PUPR proaktif cari solusi soal payung elektrik rusak."

"Beberapa waktu lalu awal ramadhan saya juga salat tarawih di sana, memang ada payung yang tidak kompak dengan kawan-kawannya. Yang saya lihat waktu itu semuanya menguncup, satu mekar sendiri," kata Sugeng Pranoto, Sekretaris Komisi IV DPRD Riau yang membidangi pembangunan dan pekerjaan umum ini, Senin (25/3).

Dua pekan terakhir rangka besi payung nomor lima terlihat terbuka dengan kondisi sling dan material terpal menguncup ke bawah.

Tahun lalu, payung nomor satu dan tiga juga rusak usai hujan deras.

Kondisi payung tersebut menjadi perhatian masyarakat sebab diketahui telah menelan dana sebesar Rp42.915.600.000.

Sugeng Pranoto mengungkapkan bahwa ia juga melihat secara langsung kondisi payung elektrik masjid Annur.

Ia meminta PUPR Riau untuk bertindak cepat dan proaktif menyelesaikan persoalan payung elektrik yang terus menjadi sorotan masyarakat itu.

"Tolong PUPR agak sedikit proaktif apalagi nanti sebentar lagi Idul Fitri, mudah-mudahan di masjid Annur itu bisa berfungsi dengan baik sehingga masyarakat khususnya jamaah masjid Annur bisa merasa lebih nyaman dan lebih khusyuk karena fasilitas di masjid Annur khususnya payung elektrik itu bisa berfungsi dengan sempurna," pintanya.

Mengenai permasalahan dengan kontraktor, Sugeng meminta hal tersebut jangan menjadi alasan kondisi payung elektrik dibiarkan berlarut-larut.

"Dari PUPR itu kan kewenangannya full, mutlak PUPR. Harus mencari solusi lah ya 'kan. Kalaupun (kontrak) memang diputus dan kontraktor merasa tidak ada kewajiban, harusnya PUPR punya inisiatif lain," ujarnya.

Sugeng menyarankan agar Dinas PUPR Riau mencari teknisi dari daerah lain yang telah terlebih dahulu menjalankan proyek payung elektrik.

"Teknisi-teknisi 'kan banyak, dan masjid-masjid yang punya pengalaman untuk pasang payung elektrik kan tidak hanya Riau," katanya.

Salah satu yang usianya mungkin diatas 5 tahun ya masjid di Jawa Tengah, itu juga punya payung elektrik. Barangkali bisalah komunikasi dengan PUPR Jawa Tengah. Kita gak kekurangan biaya, yang penting ada kemauan," sebutnya.

Sebelumnya, Pengurus Masjid Raya Annur Riau, Tatang Yudiansyah menanggapi payung elektrik yang rusak dan tidak berfungsi di Masjid Raya Annur Riau, menyebutkan, kondisi ini sudah terjadi sebelum bazar dimulai.

"Sebelum kita masuk udah begitu (rusak)," kata Ketua Bazar Ramadan, Tatang Yudiansyah pada media, Senin (25/3).

"Kalau pemeliharaan atau sejenisnya, itu ranahnya PUPR," ungkapnya.

Meski begitu, Tatang menyebutkan hal ini tidak mempengaruhi rencana salat Idulfitri 1445 Hijriah.

"Insya Allah akan ada salat ied tahun ini. Tak mempengaruhi itu (payung elektrik rusak), kecuali kalau hujan, baru terganggu," ucapnya. (*)

Tags : payung elektrik, masjid an nur, pekanbaru, payung elektrik diduga rusak, dinas minta pupr cari solusi perbaiki payung elektrik rusak ,