Headline News Kota   2021/12/27 15:5 WIB

Pedagang Jalan Agus Salim yang Enggan Menempati Lokasi Baru Ditertibkan, Lantaran 'Lokasi Sudah Sempit'

Pedagang Jalan Agus Salim yang Enggan Menempati Lokasi Baru Ditertibkan, Lantaran 'Lokasi Sudah Sempit'

PEKANBARU - Pedagang di Jalan Agus Salim Pekanbaru yang enggan menempati lokasi baru ditertibkan oleh ratusan personel Satuan Polisi Pamong Praja [Satpol PP] dan gabungan TNI, Polri, Dinas Perhubungan, dan Damkar, Senin (27/12/2021).

Sepanjang jalan Agus Salim dinilai sudah sempit, maka tim gabungan diturunkan untuk melakukan penertiban terhadap pedagang.

"Itu zona untuk pedagang sayur, dari jam 05.00 sampai 08.00 Wib. Kita juga sudah mentolerir sebenarnya beberapa setelah itu untuk pembersihan tempat," kata Juru Bicara Tim Penataan Agus Salim, Ingot Ahmad Hutasuhut.

Dalam penertiban itu, lapak pedagang sayur dan daging yang masih menduduki trotoar Jalan Agus Salim lewat dari jam 08.00 Wib dibongkar paksa.

"Pedagang diminta pindah ke lokasi baru jika ingin melanjutkan aktivitas ekonominya."

Ingot mengatakan pedagang sayur maupun daging sudah diberi kesempatan untuk berjualan hingga pukul 08.00 Wib. Dikatakannya, wilayah Agus Salim itu sudah dibagi dalam tiga zona.

"Jika mereka ingin melanjutkan berdagang silahkan masuk ke lokasi baru, karena tempat yang disediakan bisa buka sampai 24 jam."

Sementara zona dua, sebutnya mulai dari 11.00 Wib hingga sore difungsikan sebagai pedestrian. Nantinya akan dikembalikan fungsinya sebagai jalan umum bagi kendaraan dan pejalan kaki. Kemudian pada zona tiga pada 17.00 Wib akan dilanjutkan oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) sebagai tempat wisata kuliner malam.

Menurutnya, penertiban yang dilakukan saat ini untuk mendorong pedagang sayur yang tidak mematuhi zona yang sudah ditetapkan, agar masuk ke dalam relokasi atau menutup dagangannya sesuai zona.

"Sebelum penertiban ini kita sudah lakukan langkah persuasif kepada pedagang. Kita sudah memberikan surat edaran, namun tidak dipatuhi," ungkapnya.

Sejauh ini kata Ingot, belum ada satupun pedagang yang menempati lokasi baru tersebut.

"Mereka mengeluhkan masih adanya pedagang yang berjualan di pedestrian, makanya pedagang kita berikan waktu sesuai regulasi yang sudah ditetapkan," ucapnya.

"Kalau dari subuh sampai jam 8 pagi bisa lah, tapi kalau sudah sampai jam 8 silahkan bersiap-siap untuk pembersihan. Karena jam 11 sudah difungsikan untuk pedestrian," terangnya.Jadi, hingga kini Jalan Agus Salim masih diawasi Satpol PP Pekanbaru. Selain itu petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran juga melakukan pembersihan terhadap trotoar Jalan Agus Salim yang digunakan Pedagang untuk berjualan. 

Laporan: Jonnuar
Editor: Syamsul Bachri

Tags : Pedagang di Jalan Agus Salim, Pekanbaru, News Kota, Pedagang yang Enggan Menempati Lokasi Baru Ditertibkan,